Monday, 26 September 2016

8 Penyebab Timbulnya Jerawat Pasir di Wajah

Apakah pernah kamu mempunyai bintik-bintik kecil diwajah? Bintik-bintik kecil ini seklias seperti komedo dengan ujung atau puncak berwarna putih dan menumpuk diwajah terutama dibagian pipi. Nah, jika kamu mempunyai masalah diwajah seperti itu, maka itu dinamakan jerawat pasir.

Penyebab jerawat pasir dikarenakan terjadinya penumpukan lemak yang bercampur dengan kotoran dikulit wajah disertai infeksi bakteri penyebab jerawat. Dibandingan dengan jerawat biasa yang lebih besar, sekilas mungkin setiap orang mengganggap remeh hal ini dikarenakan ukurannya yang kecil. Namun jika dibiarkan jerawat pasir ini akan menimbulkan flek-flek hitam.

Kamu tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini saya akan share penyebab jerawat pasir diwajah.


Penyebab Jerawat Pasir Di Wajah



1. Terlalu Sering Mencuci Muka



Mungkin kamu pernah dengar dengan kamu mencuci muka sesering mungkin maka wajah kamu akan bersih dan bebas dari jerawat? itu salah! dengan mencuci muka terlalu sering apalagi menggunakan sabun pembersih wajah maka menyebabkan wajah menjadi kehilangan kelembaban alaminya.

2. Pola Makan Dan Gaya Hidup Yang Tidak Sehat



Kalian harus sangat menghindari makanan yang bersifat junkfood dan yang mengandung gula tinggi, dan anda harus menggantinya dengan sering makan buah-buahan, sayur-sayuran dan jangan lupa anda juga harus meningkatkan konsumsi air putih.

Karena air putih sangat berperan penting untuk melembabkan kulit sekaligus mengeluarkan racun dan kotoran memlalui air seni.


3. Stress Fikiran Salah Satu Penyebab Timbulnya Jerawat Pasir



Salah satu penyebab timbulnya jerawat adalah stress, karna stress mengakibatnya hormon kita tidak stabil. Salah satu terjadi pada kelenjar sebasea, kelenjar ini cenderung over terhadap minyak, hingga akhirnya tidak mampu dikeluarkan oleh tubuh.

Hingga ankhirnya, tidak mampu dikeluarkan oleh tubuh yang menyumbat pori-pori yang menjadi cikal bakal timbulnya jerawat. 

4. Memencet Komedo



Ketika kamu memencet komedo dengan tangan, artinya kamu memaksakan kotororan itu untuk keluar sehingga dapat merobek kulit. Saat kamu menekan area yang ada komedonya artinya kamu memindahkan kotoran dan bakteri yang ada dijari kamu ke wajah.

Jika kamu sering memencet komedo dengan paksa menggunakan tangan, nanti akan mengakibatkan kulit kamu infeksi. Jika seperti ini justru akan menjadi jerawat pasir yang menyebar lebih banyak.

5. Jarang Membersihkan Wajah Dengan Scrub



Rajinlah menggunakan scrub, karna scrub sendiri memiliki banyak manfaat diantaranya untuk mengelupas sel-sel kulit mati, menghaluskan kulit, mencerahkan kulit, mengencangkan kulit dan untuk membantu pengeluaran lemak dan kotoran didalam jerawat pasir.

6. Terlalu Sering Bergadang



Saat orang terlalu sering bergadang maka akan mengalami yang namanya kurang tidur, dan ini salah satu penyebab timbulnya stress. Nah, seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa stress adalah faktor timbulnya jerawat pasir.

Selain itu tidur terlalu larut malam atau bahkan sampai pagi dapat memperparah jerawat yang sudah ada sebelumnya. Karna pada saat kurang istirahat akan memaksa tubuh memproduksi hormon insulin lebih banyak, sehingga jerawat dapat terbentuk lebih mudah.


7. Malas Keramas Menimbulkan Jerawat



Malas keramas bisa menyebablan jerawat lho! Terlebih lagi jika kepala kita memiliki minyak yang berlebih. Minyak tersebut akan mengalir ke wajah lalu bercampur dengan debu, kotoran atau bakteri yang akhrnya menyebabkan penyumbatan pada pori-pori kulit anda sehingga munculah jerawat pasir ini.

8. Malas Membersihkan Keringat



Janganlah anda malas untuk membersihkan keringat, karna keringat juga faktor timbulnya jerawat pasir ini. Karna anda malas membersihkan dan sampai membiarkannya dalam waktu yang cukup lama bahkan sampai terbawa tidur. 

Sedangkan dalam keringat terkandung bakteri yang dapat menyebabkan iritasi kulit. Jadi saya sarankan anda jangan malas untuk membersihkan keringat, bersihkan segera agar anda terhindar dari si jerawat pasir. 


Itulah penyebab jerawat pasir yang kalian patut ketahui, semoga artikel ini berguna bagi kalian semua...


KOMENTAR

0 comments