Friday, 30 September 2016

5 Cara Mengatasi Jerawat Berlebih pada Wanita Berhijab

Hijab atau jilbab adalah makhota bagi wanita muslim. Selain dapat melindungi dari segala fitnah dan menjaga kehormatan seorang wanita. Hijab juga berfungsi sebagai pelindung bagian tubuh penting wanita sepertihalnya kulit dan wajah dari pengaruh buruk lingkungan baik di siang maupun malam hari.
Bagi anda yang berhijab mungkin anda pernah mengalami yang namanya jerawat. Ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian pada saat anda memakai hijab agar masalah jerawat tersebut tidak muncul dan menggangu.

Jerawat Muncul Karena Jilbab?

Jerawat disebabkan oleh kurangnya mematuhi hal-hal dasar dalam berhijab muncul pada bagian kulit yang tertutup atau bersentuhan dengan hijab, juga pada batas terular antara kulit dan rambut, termasuk dahi, pelipis dan area dibawah telinga. Selain dari yang disebutkan, mari anda simak penyebab umum jerawat pada wajah.

1. Penggunaan Kosmetik

Pemakaian kosmetik yang tidak cocok juga menyebabkan wajah anda dapat berjerawat, apalagi kalau anda memakai hijab seharian dan mengunakan make up yang tebal. Jika kulit wajah anda mengalami iritasi pada wajah karena pemakaian kosmetik, maka sebaiknya segera hentikan.

Untuk mengatasinya sebaiknya anda memilih produk kecantikan yang cocok untuk kulit wajah anda, agar tidak infeksi dan tidak juga menimbulkan jerawat pada wajah anda. Jangan pernah memaksakan menggunakan satu produk yang menyebabkan iritasi.

2. Pemakaian Inner Jilbab

Anda juga harus sering mengganti inner jilbab secara teratur ini menjadi hal yang sangat penting. Karena sisi pinggir inner jilbab yang bersentuhan langsung dengan kulit anda bisa menjadi media yang sangat baik bagi kuman untuk menginfeksi kulit wajahmu.

Keringat pada kepala yang mengalir, sisa air wudhu yang terserap oleh kain inner jilbab dapat meningkatkan kelembapan pada area yang tertutup hijab sehingga menjadi tempat baik untuk bakteri berkembang biak.

3. Siklus Bulanan

Penyebab jerawat yang anda bisa alami dengan datangnya siklus bulanan. Tentu saja semua wanita mengalami PMS walaupun tidak berhijab. Dengan mengkonsumsi makanan yang tepat seperti sayur dan buah dapat mencegah timbulnya jerawat.

4. Memilih Jenis Bahan Hijab yang Salah

Beberapa orang memiliki reaksi penolakan terhadap beberapa jenis bahan atau pewarna yang terkandung dalam jenis bahan tertentu. Pengetahuan tersebut dapat anda temukan melalui dokter kulit, ataupun melalui pengamatan terhadap kebiasaan yang anda alami sejak kecil.

5. Kondisi Rambut yang Kotor

Rambut yang jarang dibersihkan dapat juga menjadi sumber kuman dan bakteri. Apalagi ketika kamu berhijab kondisi rambut dan kulit kepala menjadi semakin lembab. Sangat mungkin rambut yang penuh dengan kuman ini bersentuhan dengan kulit wajah, membuat kulit menjadi iritasi dan berujung pada jerawat yang meradang.

Cara Mengatasi Jerawat pada Wanita Berhijab

  • Selalu membersihkan wajah dari make up setiap malam hari sebelum tidur, terutama pada area yang tertutup oleh hijab. Karena sejumlah bakteri mungkin sudah aktif mengiritasi pori wajahmu setelah seharan bersentuhan dengan jilbab dalam kondisi lembab terguyur keringat
  • Pilih dan pakailah bahan inner hijab yang cocok untuk kulit anda, agar tidak adanya iritasi pada kulit wajah anda yang akan menimbulkan hadirnya jerawat. 
  • Sering-seringlah anda mengganti inner hijab, jangan memakai nya berhari-hari. Gantilah inner hijab minimal sehari sekali atau jika inner hijab dalam keadaan yang sangat lembab karena keringat dan minyak saat kamu memakainya dalam cuaca yang sangat terik.
  • Jaga selalu kebersihakn kepala anda, termasuk rambut dan kulit wajah dengan cara teratur mencuci dan membersihkannya. Gunakan shampo untuk rambut dan gunakan pemebersih wajah untuk kulit wajah anda.
  • Dengan sering mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran adalah cara yang paling ampuh untuk mencegah datang timbulnya jerawat pada wajah anda. Daripada anda memakan makanan cepat saji yang mengundang jerawat datang pada wajah anda.
Itulah beberapa hal penting yang harus anda tahu dan anda perlu praktikan dalam mengguakan hijab untul meminimalisir resiko munculnya jerawat pada wajah anda. Sehingga niatan terus untuk memkai hijab tidak terhenti karena jerawat. Semoga bermanfaat..

BACA JUGA :
KOMENTAR

0 comments