Saturday, 3 September 2016

6 Cara Menghilangkan Jerawat Bernanah Paling Ampuh

Banyak sekali tipe jerawat yang dialami oleh kaum muda, mulai dari jerawat batu hingga jerawat bernanah. Oleh karena itulah kali ini saya ingin membahas cara menghilangkan jerawat bernanah. Sebelumnya, kita kesampingkan dulu untuk jerawat batu, karena sepertinya lebih banyak orang yang mengalami jerawat bernanah. Perlu kamu ketahui bahwa jerawat bernanah adalah salah satu jenis jerawat yang harus segera ditangani dengan tepat dan cepat. Karena di dalam jerawat tersebut mengandung nanah, maka penanganannya-pun haruslah hati-hati dan tidak boleh sembarangan.

Apa sih penyebab jerawat bernanah?



Banyak sekali faktor penyebab timbulnya jerawat bernanah, entah itu karena kotoran, polusi udara, sering menyentuk wajah dengan tangan hingga hormon tubuh yang sedang tidak stabil. Banyak orang lebih suka memencet jerawat bernanah ini. Ya memang, cara ini adalah solusi cepat, tapi kamu tidak dianjurkannya untuk melakukannya sendirian, apalagi tanpa pengawasan dokter, karena jika salah bisa berakibat fatal pada wajah kamu.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan jerawat bernanah?


Mudah saja, yang perlu kamu lakukan adalah hidup sehat, seperti berolahraga dan mengkonsumsi makan dan minum yang sehat, hindari junk food dan minuman bersoda. Jika jerawat bernanah muncul, janganlah panik, coba ikuti 13 cara menghilangkan jerawat bernanah ini.

1. Jangan memencet atau menyentuh jerawat bernanah



Jerawat adalah masalah yang sensitif, jangan pernah memencet atau menyentuh jerawat dengan tangan. Kenapa? karena itu malah dapat memperburuk keadaan, apalagi jika sampai memencet jerawat hingga pecah. Nanah yang keluar dari jerawat tersebut dapat menyebar ke kulit lain dan malah akan memperburuk wajah kamu karena infeksi bakteri yang menyebar. Jika sudah terlanjur, segeralah gunakan alkohol untuk membersihkan jerawat yang bernanah tadi.

2. Gunakan sabun muka yang tepat



PENTING! Jangan suka gonta-ganti sabun muka. Ini adalah hal paling umum yang biasanya dilakukan oleh anak muda. Cobalah untuk mencari sabun muka yang sesuai dengan karakter wajah kamu. Sebagai contoh, misal wajah kamu berminyak, carilah sabun muka khusus kulit wajah berminyak, untuk menghilangkan jerawat bernanah, disarankan untuk mencari sabun muka yang mengandung salicylic acid, karena kandungan tersebut dapat mengurangi timbulnya jerawat.

3. Waktu tidur yang cukup, 8 jam sehari



Kurang tidur dapat menyebabkan stress, dan stress dapat menyebabkan jerawat. Kira-kira seperti itulah sambungan yang tepat untuk mengatasi masalah jerawat. Dengan mengatur waktu tidur kita, setidaknya tidur 8 jam sehari, akan bisa membantu menghilangkan jerawat bernanah di wajah.

4. Jangan menggunakan kosmetik yang berlebihan



Pemakaian kosmetik yang berlebihan adalah hal paling umum yang dapat menyebabkan terjadinya jerawat bernanah. Karena sering kali pemakaian kosmetik yang berlebihan atau terlalu tebal dapat menyumbat pori-pori, yang pada akhirnya dapat menjadi kotoran dan menyebabkan jerawat.

5. Madu adalah obat paling mujarab



Cara menghilangkan jerawat bernanah yang paling ampuh hingga kini adalah dengan menggunakan madu. Hanya saja, perlu dipastikan bahwa madu yang digunakan adalah madu murni, yang belum tercampur dengan bahan apapun.

Kenapa harus madu?
  • Madu adalah antibiotik alami paling ampuh. Khasiat yang ada di dalam madu dapat membunuh semua kuman dan bakteri yang ada di jerawat bernanah.
  • Madu memiliki efek osmosis yang berguna untuk menyerap nanah yang ada di dalam jerawat dan secara bersamaan juga bisa menjadi pelepas hidrogen peroksida, sebuah zat yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat.
  • Madu tidak memiliki efek samping apapun terhadap wajah jerawat.
  • Madu dapat menghilangkan minyak berlebih pada wajah, sehingga dapat meminimalisir timbulnya jerawat bernanah baru di wajah kamu.

Lalu, gimana cara menghilangkan jerawat bernanah dengan madu?
  • Siapkan madu murni yang bisa kamu beli di toko-toko obat, pastikan madu-nya adalah madu murni, yang belum tercampur dengan zat tambahan apapun, entah itu tambahan gula atau semacamnya.
  • Selanjutnya, bersihkan dan cuci wajah kamu menggunakan sabun muka yang cocok dengan tipe kulit kamu, Hal ini sudah saya bahas di poin kedua.
  • Usahakan untuk tidak mengeringkan wajah menggunakan handuk bekas pakai. Kalau bisa, gunakan tissue kering bersih, cobalah ambil beberapa lembar tissue dan keringkan wajah kamu menggunakan tissue tersebut.
  • Oleskan madu sedikit demi sedikit ke bagian wajah yang ada jerawat bernanah-nya, kamu bisa gunakan cotton but sebagai alat oles madu ke wajah kamu.
  • Diamkan kurang lebih 20 - 40 menit, selagi menggunakan madu ini, kamu dapat beraktifitas seperti biasa kok, asal jangan di luar ruangan ya, apalagi sampai terkena sinar matahari.
  • Jika sudah merasa cukup, lalu bilas menggunakan air dingin, sehingga pori-pori akan kembali tertutup.
  • Perawatan jerawat bernanah dengan madu ini bisa kamu lakukan setiap hari, selain aman, perawatan jerawat bernanah dengan madu ini juga murah meriah.

6. Tidak ada madu, Lemon pun jadi



Selain madu, Lemon juga menjadi primadona dalam hal menyembuhkan jerawat bernanah. Cara mengatasi jerawat bernanah dengan lemon cukuplah mudah, ya meskipun harga lemon terbilang cukup mahal, tapi cara ini bisa terbilang ampuh dan tidak memiliki efek samping.
  • Antibakteri yang ada di dalam lemon dapat membunuh bakteri yang ada di jerawat bernanah kamu, dan kerennya, Lemon juga dapat menambah kekebalan pada kulit wajah kamu, sehingga jerawat bernanah akan lebih sulit muncul di wajah kamu setelah memakai lemon.
  • Antioksidan dan Vitamin C di buah Lemon sangatlah tinggi.
  • Buat kamu yang memiliki kulit berminyak, ada sebuah kandungan yang memiliki sifat anstringent yang dapat mengatasi minyak berlebih pada wajah kamu.

Penasaran bagaimana cara menghilangkan jerawat bernanah dengan lemon?
  • Sebelum memulai, kamu harus perhatikan bahwa Lemon adalah buah yang memiliki tingkat keasaman yang tinggi, sehingga (mungkin) tidak cocok pada beberapa wajah yang sensitif.
  • Belah lemon menjadi beberapa bagian, lalu peras air-nya ke dalam wadah kecil, kamu juga bisa menambahkan parutan timun agar tingkat keasamannya berkurang.
  • Selanjutnya, kamu bisa gunakan cotton but untuk mengoleskan cairan lemon tersebut ke jerawat bernanah kamu.
  • Diamkan hingga semalam penuh.
  • Bilas di pagi hari dan dilanjutkan dengan cuci muka.

Gimana? Mudah, bukan? Cara menghilangkan jerawat bernanah tidaklah sulit jika kamu tau caranya dan disiplin dalam melakukannya. Gaya hidup dan pola makan yang sehat adalah kunci utama memiliki wajah yang bersih dari jerawat. So, tetap berolahraga ya meskipun sedang melakukan perawatan.
KOMENTAR

0 comments