Monday, 26 September 2016

Iniah Cara Ampuh Mengatasi Jerawat Saat Menstruasi

Hormon adalah salah satu penyebab munculnya masalah jerawat. Hormon akan meningkat ketika kaum wanita sedang menjalankan masa haid. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Penting sekali bagi kita untuk memiliki kulit wajah yang bersih. halus tanpa jerawat, terutama pada saat mentruasi. Berikut hal yang harus ada ketahui mengenai jerawat saat mentruasi.




Hormon Estrogen dan Hormon Testoteron


Penyebab saat jerawat dan menstruasi adalah hormon estrogen dan testoteron yang akan berkembang selama masa haid tersebut. Saat menstruasi mulai dialami oleh seorang remaja putri yang sudah menginjak usia dewasa , maka didalam tubuh anda para remaja putri, akan mulai terjadi perubahan hormon yang dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat secara mendadak diwajah anda.

Munculnya jerawat ini tak hanya terjadi karena perubahan hormon secara internal, yaitu karena adanya keseimbangan antara hormon estrogen dan testoteron. Beberapa akibat yang sering terlihat secara nyata akibat adanya perubahan hormon dalam tubuh para remaja putri atau wanita dewasa adalah  adanya kecenderungan untuk menjadi lebih sensitif bahkan cenderung mudah marah hingga stres walaupun dalam tahap ringan.


BACA JUGA :


Penyebab Faktor Eksternal


Tapi faktor eksternal juga menjadei sebuah penyebab yang tak kalah sering diabaikan oleh remaja putri. Inilah beberapa faktor eksternal yang sering diabaikan para remaja putri sehingga berpotensi munculnya jerawat saat haid :

  • Kurang menjaga kebersihan tangan sehingga saat tangan menyentuh wajah atau saat mengusap wajah atau saat memencet jerawat, maka kuman akan berpindah ke pori jerawat sehingga berpotensi untuk tumbuhnya jerawat.
  • Kebersihan wajah kurang dijaga terutama saat menjelang tidur dimana riasan wajah lupa dibersihkan dengan pembersih wajah sehingga pori-pori wajah berpotensi tertutup dengan debu dan bekas make up sehingga kemungkinan jerawat tumbuh akan semakin besar.
  • Kurang nya asupan cairan yang dikonsumsi padahal saat menstruasi terdapat banyak cairan tubuh yang ikut keluar bersaamaan dengan keluarnya darah haid anda.

Cara Mencegah Jerawat Saat Mentruasi


Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah jerawat datang kembali terutama pada saat menstruasi, berikut cara mencegahnya :

1. Perhatikan Kebersihan Wajah Anda

Faktor utama timbulnya jerawat adalah kurangnya menjaga kebersihan, Bersihkan wajah anda minimal dua kali sehari penting saat sedang menstruasi.

2. Kendalikan Stres yang Berlebih

Tak dapat dipungkiri bahwa salah satu penyebab jerawat timbul saat haid adalah stres. Kendalian diri anda dengan cara mengubah pola berpikir anda dengan selalu berpikir positf. Luang kan waktu anda menenangkan diri anda dengan berbagai cara seperti, jalan-jalan, bercanda dengan sahabat atau bermain game dll.

3. Tingkatkan Asupan Cairan

Tubuh sangat membutuhkan cairan, kekurangan cairan sangat berdampak ketika wajah anda terlihat kusam dan kering. Jika kondisi ini terjadi, maka akan beresiko timbulnya jerawat akan semakin besar. Keadaan ini dapat dibantu dengan banyak mengkonsumsi air mineral 8 gelas setiap hari, dan mengkonsumsi minuman yang mengandung vitamin C, terutama jus buah agar tubuh anda semakin fit dan penyakit tidak mudah menyerang.

4. Gunakan Masker Apel

Penggunaan masker apel dapat membantu proses perbaikan kulit wajah sekaligus pengankatan sel kulit yang telah mati dari wajah anda. Masker apel diperoleh dengan cara menghaluskan apel yang dicampur dengan sedikit madu, selanjutnya digunakan sebagai masker wajah.



Inilah penyebab dan cara mengatasi jerawat pada wajah anda agar wajah anda tetap bersih walaupun sedang menstruasi. Selamat mencoba,,,




KOMENTAR

0 comments