Jumat, 30 September 2016

Inilah Daftar Makanan Penyebab Timbulnya Jerawat di Wajah

Salah satu penyebab timbulnya jerawat adalah tidak telitinya kita memilah makanan, ada beberapa makanan apabila dikonsumsi secara berlebihan akan muculnya jerawat diwajah kita secara tiba-tiba. Pasti anda tidak mau kan hal itu terjadi? Apalagi jerawat tiba-tiba tumbuh disaat-saat penting atau acara yang membutuhkan penampilan yang maksimal.

Walaupun bentuknya kecil tapi sangat menyebalkan, itulah jerawat. Munculnya jerawat sangat menggangu penampilan, belum lagi rasa sakit yang dirasakan ketika jerawat mulai matang. Mungkin sekali-kali anda menutupinya dengan make up bila keadaan sangat mendesak.


Namun, cara terbaik dan tepat yang bisa anda lakukan adalah dengan menghindari makanan berikut dibawah ini, agar pertumbuhan jerawat dijawah bisa terkendali. Apalagi sekarang sudah banyak jerawat yang tumbuh diwajahmu. Tidak mau kan jerawat yang sudah ada menjadi lebih parah? Yuk lihat makanan apa saja sih yang harus kita hindari.

Daftar Makanan Penyebab Timbulnya Jerawat di Wajah

1. Mie Instan

Mie instan merupakan salah satu makanan penyebab jerawat, meskipun begitu sampai saat ini masih sangat banyak penggemar mie instan, tanpa memikirkan akibat yang akan memimpa pada wajahnya. Banyaknya pengawet pada mie instan selain dapat menyebabkan masalah kesehatan hal ini juga dapat menyebabkan jerawat.

Oleh karena itu mulai sekarang anda sebaiknya mengurangi bahkan mengindari makanan cepat saji ini, agar tubuh anda sehat dan wajah anda bebas dari jerawat-jerawat yang membandel.

2. Kacang-kacangan

Walaupun kacang-kacangan bukan penyebab utama timbulnya jerawat, tetapi anda juga harus mempehatikan bahwa kalau anda terlalu sering mengkonsumsi kacang-kacangan juga dapat menyebabkan jerawat pada wajah anda.

Kandungan lemak yang terdapat pada kacang juga dapat membuat kulit berminyak secara berlebihan yang pada akhirnya akan menyebabkan jerawat. Namun memakan kacang sesuai asupan yang dibutuhkan memiliki dampak baik untuk kesehatan tubuh.

Makanan penyebab jerawat selanjutnya yang wajib kita waspadai adalah daging babi, walaupun menurut sebagian orang daging babi memiliki rasa yang lezat. Meskipun begitu, sebaiknya anda menghindari makanan satu ini.

Karena daging babi memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi yang dapat memudahkan jerawat untuk tumbuh, dan wajah juga dapat cepat berminyak. Namun tidak hanya itu saja, daging babi juga dapat menyebabkan manusia terserang cacing pita yang sangat berbahaya.

4. Ice Cream

Siapa sih yang tidak suka es krim? Dari sekian banyak orang pasti bisa kehitung yang tidak suka es krim. Tapi apakah anda tahu kalau es krim ini juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat diwajah anda? Sama halnya dengan minuman bersoda, es krim juga memiliki kandungan gula yang sangat tinggi.

Kandungan gula inilah yang memicu timbulnya jerawat. Sebaiknya mulai sekarang dikurangi untuk mengkonsumsi es krim agar jerawat yang terdapat pada wajah anda tidak menjadi makin paah.

5. Ayam Goreng

Pasti anda sangat menyukai ayam goreng kan? Mulai sekarang sebaiknya membatasi mengkonsumsi makanan yang satu ini. Ayam goreng mengandung banyak lemak jahat yang dapat memasok minyak dan lemak kedalam tubuh.

Berlebihnya pasokan minyak seta minyak yang sulit dicerna oleh tubuh memaksa kulit membentuk sel kulit baru. Hal inilah yang menyebabkan jerawat, namun tidak hanya itu saja kandungan lemak serta kolestrol jahat dalam makanan ini juga membuat ayam goreng menjadi makanan penyebab penyakit jantung.

6. Beras Putih

Beras putih memiliki kadar kabohidrat dan gula yang sangat tinggi dibanding dengan beras merah. Kandungan kaboidrat dan gula yang berlebihan mampu menimbulkan jerawat pada wajah. Sebaiknya, anda beralih mengkonsumsi beras putih ke beras merah.

Selain kabohidrat dan kandungan gula pada beras putih mampu menimbulkan jerawat, juga dapat megakibatkan penyakit diabetes.

7. Makanan yang Mengandung Susu

Susu memang sudah menjadi minuman yang bisa dicampur dengan berbagai makanan olahan seperti kue, buskuit. Mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar susu yang tinggi juga dapat mengakibatkan timbulnya jerawat pada wajah.

Makanan yang mengandung susu menjadi salah satu penyebab jerawat diwajah, karena susu mampu mengacaukan kerja hormon dalam tubuh.

8. Donat

Siapa yang sangka ternyata makanan manis, lezat ini termasuk dalam daftar makanan penyebab timbulnya jerawat diwajah. Donat mampu menyebabkan jerawat karena donat melewati proses penggorengan dan banyak menyerap minyak.

Nah, minyak yang teresap dalam daging donatlah yang menyebabkan penggemar donat terserang oleh jerawat jerawat bandel. Jika anda ingin terhindar dari jerawat bandel ini sebaiknya kurangi untuk mengkonsumsi donat.

9. Pasta

Pasta juga hampir sama dengan mie instan, yaitu mengandung lemak dan pengawet. Nah, lemak dan pengawet itulah yang menyebabkan timbulnya jerawat muncul pada wajah anda. Mulai sekarang berhenti mengkonsumsi pasta, jika anda tidak mau jerawat pada wajah anda menjadi lebih parah.

10. Makanan Pedas

Banyak orang mengatakan apabila makanan tidak pedas hambar rasanya dan tidak sedap. Namun mengkonsumsi makanan pedas berlebihan bisa menyebabkan kerusakan pada sistem pencernaan anda.

Makanan pedas juga akan meningkatkan surkulasi darah ke wajah yang bisa membuat wajah menjadi kemerahan dan menimbulkan jerawat. Oleh karena itu bagi anda yang berjerawat hindari makanan pedas atau menguranginya.

11. Aneka Jenis Kerang

Makanan seafood ini sangat memiliki banyak nutrisi dan vitamin, tapi siapa sangka makanan jenis ini berdampak negatif untuk kulit. Kerang jika dikonsumsi setiap hari pada jangka panjang, akan membuat kulit rusak secara perlahan.

Inilah kenapa kerang masuk ke daftar penyebab timbulnya jerawat diwajah bila dikonsumsi berlebihan. Sebagai solusinya jangan jadikan kerang sebagai menu keseharian anda. Pilihlah sayur dan buah yang menjadi penggantinya.

12. Cokelat


Coklat ternyata juga penyebab timbulnya jerawat pada wajah, kandungan gula yang sangat tinggi mampu membuat daya tahan tubuh menjadi menurun sehingga bakteri dari luar mudah menginfeksi dan menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah.

Nah, itulah daftar makanan penyebab timbulnya jerawat di wajah anda, jika anda ingin terhindar dari timbulnya jerawat sebaiknya anda menghindari bahkan berhenti mengkonsumsi daftar makanan tersebut. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA :


EmoticonEmoticon