Wednesday, 21 September 2016

Inilah Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah Berjerawat

Bagi pembaca yang suka merawat tubuh atau kulit dengan bahan herbal, pasti anda mengetahui jeruk nipis adalah salah satu treatment yang baik untuk kulit dan ampuh menghilangkan masalah pada tubuh dan kulit anda. Jeruk nipis mempunyai banyak manfaat salah satunya adalah untuk menyembuhkan penyakit hal ini sudah tidak asing didengar sejak ribuan tahun lalu. Tidak hanya untuk menyembuhkan penyakit jeruk nipis juga ampuh menghilangkan masalah kulit wajah terutama masalah jerawat.

Inilah Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah Berjerawat

Kandungan Jeruk Nipis

  1. Minyak atsiri dikenal dengan sebutan minyak essensial bermanfaat sebagai anti bakteri dan anti jamur.
  2. Linalool, merupakan alkohol terpene alami yang mengeluarkan aroma khas.
  3. Vitamin A disebut juga dengan Retinol, secara umum orang melihatnya untuk kesehatan mata. Namun vitamin A juga bermanfaat untuk mengenyalkan kulit karna dapat melembabkan dan mencegah penuaan dini.
  4. Vitamin B, mampu membantu proses metabolisme tubuh.
  5. Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat merangkal radikal bebas. Disebut juga asam askorbat. Selain itu juga membentuk kolagen.
  6. Sinefrin, dapat menstimulasi lipolisis untuk menghancurkan lemak, namun belum ada bukti ilmiah yang dapat menguatkan jeruk nipis dapat menurunkan berat badan secara signifikan. Namun dapat meningkatkan tekanan darah jika terlalu banyak.
  7. Flavonoid sebagai anti oksidan.
  8. Herperidine, zat ini merupakan antiinflasi dan juga anti oksidan.
  9. Rhoifolin dan Naringin termasuk Flavonoid.

Jeruk Nipis Mengandung Asam Alfa Hidroksi

Salah satu komposisi dalam jeruk nipis adalah AAH yaitu Asam Alfa Hidroksi, dalam dunia medis AAH merupakan suatu senyawa yang mampu meluruhkan dinding luar pada kulit dimana dinding luar tersebut merupakan sel-sel yang telah mati. Tentunya sel-sel ini bila tidak dibersihkan akan dapat menyumbat pori-pori kulit. Saat pori-pori tersumbat maka kulit akan memproduksi jumlah minyak yang sangat banyak. Dengan jeruk nipis ini akan mengurangi jumlah keluaran minyak pada pori-pori kulit.

Antimikroba yang Terkandung Dalam Daunnya

Dalam sebuah jurnal tak hanya buah jeruk nipis yang bermanfaat namun juga daunnya. Asian Joernal of Biochemical and Pharmaceutical Research tahun 2012 menemukan pada jeruk nipis merupakan sumber antioksidan yang alami juga mengandung antimikroba yang dapat disertakan dalam formulasi racikan obat. Pada sebuah uji pada sempel yang diuji berisi, essensial ekstrak jeruk nipis ditambah dengan bakteri patogen ditemukan pengaruh yang signifikan. Pada aktivitas bakteri dalam uji tersebut. Dalam hal ini mirip dengan kinerja antibiotik mampu menghambat pertumbuhan bakteri.

Menggunakan Jeruk Nipis Lebih Efektif  Dibandingkan Sulfur

Minyak atsiri yang terkandung didalam ekstrak jeruk nipis lebih baik terhadap bakteri kulit penyebab jerawat. Dibandingkan sulfur, sulfur sendiri sering dimanfaatkan sebagai obat kulit hal. Minyak atsiri  yang terkandung didalamnya efektif membunuh bakteri sebab mengandung antibakteri lebih efektif dibandingkan sulfur.



Perawatan Wajah Berjerawat dengan Jeruk Nipis

Berikut merupakan persiapan dan tahap yang harus dilakukan untuk mendaapatkan hasil yang maksimal :

Tahap Persiapan 

  1. Bahan yang harus dipersiapkan adalah 2-3 buah jeruk nipis, handuk dan air bersih untuk untuk membilas didalam baskom atau wadah.
  2. Cucilah tangan hingga bersih, karna akan sia-sia jika kuman ditangan anda tersebar ketika anda mengolesi jeruk nipis pada wajah anda.

Tahap Perawatan

  1. Bersihkan wajah dari kotoran atau sisa make-up hingga betul-betul bersih. Anda dapat memberihkannya dengan menggunakan facial foam atau pembersih wajah, apapun yang biasa anda lakukan untuk membersihkan wajah anda dari make-up.
  2. Gunakan 2-3 jeruk nipis yang sudah dipersiapkan tekan-tekan sebelum dibelah. Belah jeruk tersebut menjadi 2 lalu oleskan kewajah secara merataa diamkan hingga 15 menit.
  3. anda juga dapat mendiamkan masker jeruk nipis tersebut hingga semalaman agar lebih efektif dan terserap kedalam p;ori-pori.

Tahap Penyempurnaan

  1. Setelah anda diamkan, bilas wajah anda dengan air hangat.
  2. Masker jeruk nipis ini dilarang untuk memijat bagi yang memiliki kulit berjerawat karena akan menyebabkan infeksi terutama untuk yang mengalami penyakit kulit karna dapat menjalar kebagian kulit lainnya.
  3. Lakukan 2 kali dalam seminggu secara teratur.

Manfaat Perawatan Wajah dengan Jeruk Nipis

  1. Mengurangi hingga menghilangkan peradangan jerawat karena mengandung inflamasi atau anti radang.
  2. Mengurangi hingga menghilangkan komedo.
  3. Mencerahkan kulit karna mengandung vitamin C yang tinggi.
  4. Mengurangi flek-flek hitam pada wajah.
  5. Mengurangi produksi minyak pada wajah.
  6. Mengandung vitamin A yang berguna untuk mengencangkan kulit dan mencegah keriput.
  7. Mengandung vitamin A dan C yang berguna untuk menghaluskan kulit.
  8. Dapat mengangkat sel-sel kulit yang sudah mati.
  9. Mengeringkan luka yang diakibatkan jerawat.
  10. Meratakan warna wajah yang tidak merata.
  11. Mengurangi bintik hitam akibat sengatan matahari.
  12. Dapat mengangkat sisa kosmetik yang bekum terangkat.
  13. Mengurangi kulit wajah yang tampak kusam akibat jerawat.
  14. Menghalangi jerawat muncul lagi karna mengandung antibakteri yang dapat membunuh bakteri jerawat yang membandel.
  15. Dapat mengenyalkan wajah.
  16. Melarutkan sisa-sisa lemak yang ada diwajah.
  17. Mampu menangkal radikal bebas sehingga terasa awet muda.

Demikian telah kita bahas tentang manfaat jeruk nipis, dan ulasan ini sangat cocok bagi anda yang sangat suka melakukan peraatan alami. Semoga bermanfaat...
KOMENTAR

0 comments