Saturday, 3 September 2016

Manfaat Mastin Ekstrak Kulit Manggis untuk Jerawat

Pernahkah Kamu meminum Mastin? Mastin merupakan suplemen yang terbuat dari ekstrak kulit manggis. Manggis memiliki nama latin Garcinia mangostana L. yang terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan mengobati berbagai penyakit seperti diabetes, disentri, penyakit jantung, kolesterol, dan lainnya. Nah, tahukah Kamu bahwa ternyata Mastin dapat mencegah dan menghilangkan jerawat? Berikut adalah ulasan manfaat mastin ekstrak kulit manggis untuk jerawat.

Manfaat Mastin Ekstrak Kulit Manggis untuk Jerawat

Mastin memiliki banyak manfaat bagi tubuh akibat kandungan alami yang ada di dalamnya. Berikut ini ialah beberapa Manfaat Mastin Ekstrak Kulit Manggis untuk Jerawat:

  1. Kulit manggis berperan dalam menangkal serangan radikal bebas
    Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dalam tubuh. Kandungan senyawa xanthone pada kulit manggis berperan sebagai senyawa antioksidan, anti proliferasi, apoptosis, anti inflamasi, serta anti mikrob. Sebagai antioksidan, xanthone memiliki aktivitas yang lebih tinggi daripada vitamin E dan vitamin C. Sifat anti proliferasi dan apoptosis, kulit manggis dapat mengobati dan mencegah kanker.
  2. Kulit manggis memiliki manfaat untuk kulit wajah
    Seperti meremajakan kulit, mencegah penuaan dini, menghilangkan jerawat hingga bekas jerawat. Kandungan senyawa antioksidan pada kulit manggis membantu perbaikan dan regenerasi sel kulit mati sehingga kulit lebih cerah, tidak kusam, dan tidak kering.Kulit buah manggis  memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi, yaitu vitamin A, vitamin B1, vitamin B6, vitamin E, dan vitamin C, katekin, potasium, kalsium, fosfor, dan besi. Kandungan vitamin dan mineral ini membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan stamina.
  3. Kulit manggis terbukti mampu mencegah diare
    Senyawa pada kulit manggis mampu membantu metabolisme dan fungsi pencernaan tubuh, yakni terutama dalam melawan bakteri jahat di usus penyebab diare.
Mastin yang mengandung ekstrak kulit manggis tergolong dalam obat-obatan herbal untuk mencegah timbulnya jerawat. Mengapa kulit manggis? Pada kulit manggis terkandung senyawa tambahan alkaloid, yakni alfa-mangostin, gamma-mangostin, dan B-mangostin yang berperan sebagai senyawa polifenol untuk antioksidan dalam tubuh.

PERINGATAN! Walaupun ekstrak kulit manggis sangat berkhasiat, tetapi tidak disarankan untuk membuatnya sendiri di rumah.

Gimana Cara Kerja Mastin Dalam Mengatasi Jerawat?

Berdasarkan penelitian tentang manfaat mastin ekstrak kulit manggis untuk jerawat, diperoleh hasil bahwa kulit manggis bersifat anti bakteri. Setelah melakukan pengujian berulang kali, diketahui bahwa bakteri yang mampu dihambat oleh kulit manggis ialah Propionibacterium acnes dan Staphylococcus epidermidis yang merupakan bakteri penyebab jerawat.


Sifat anti mikrob pada kulit manggis diperoleh dari senyawa xanthone serta turunannya, yaitu alfa-mangostin, gamma-mangostin, 3-isomangoestein, Garcinone A, Garcinone B, Garcinone C, Garcinone D, Garcinone E, serta mangostenol. Seluruh senyawa xanthone dan turunannya ini merupakan senyawa polifenol yang memiliki sifat antioksidan, anti inflamasi, dan anti mikrob.

Maka dari itu, mastin dapat mengatasi segala permasalahan tentang jerawat, termasuk jerawat batu, jerawat bernanah, dan jerawat meradang.

Konsumsi Mastin Secara Rutin Agar Jerawat Hilang Total


Berdasarkan penelitian tentang manfaat mastin ekstrak kulit manggis untuk jerawat, konsumsi Mastin selama dua minggu secara rutin terbukti dapat mengurangi jerawat sebanyak 75% dari responden yang diuji. Mastin merupakan obat yang berasal dari tanaman, sehingga aman dikonsumsi dan layak untuk anda coba sebagai salah satu cara mengurangi pembengkakan jerawat.

Efek Samping Mastin Ekstrak Kulit Manggis

Setiap obat, baik herbal maupun buatan pasti memiliki indikasi khusus dan efek samping pada kondisi tertentu. Berikut ini ialah beberapa efek samping dari konsumsi kulit manggis:
  • Reaksi alergi yang dapat menyebabkan gangguan pada tubuh seperti nyeri sendi dan otot, sakit kepala, perut mual dan kembung, dan gangguan insomnia.
  • Reaksi alergi ringan seperti timbul merah dan bengkak di kulit, serta rasa gatal pada tubuh.
  • Konsumsi kulit manggis yang terlalu banyak dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Hal ini disebabkan kandungan resin, serat kasar, dan tanin yang tinggi pada kulit manggis.
  • Pada penderita maag, konsumsi kulit manggis dapat mengakibatkan rasa kembung akibat kandungan asam pada kulit manggis.
  • Konsumsi kulit manggis dalam bentuk serbuk harus disertai dengan air putih dalam jumlah cukup agar tidak menimbulkan gangguan pada ginjal. Jika serbuk tidak larut, dikhawatirkan dapat mengendap dalam ginjal.
Pada dasarnya, setiap cara untuk menghilangkan jerawat tentu membutuhkan waktu dan kedisplinan yang kuat. Semua kembali lagi kepada masing-masing individu. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu guna menyebuhkan wajah jerawat ya.
KOMENTAR

0 comments