Saturday, 3 September 2016

25 Penyebab Utama Timbulnya Jerawat Pada Wajah

Banyak sekali yang bertanya mengenai penyebab utama timbulnya jerawat. Ya memang, Jerawat adalah sebuah momok yang paling ditakuti oleh semua orang, terutama bagi kalangan remaja, di mana masalah jerawat sudah pasti menghampiri seluruh remaja, mulai dari usia belasan tahun hingga puluhan tahun.

Banyak sekali cara menghilangkan jerawat yang ditawarkan oleh berbagai macam produk hingga kosmetik. Hanya saja, banyak dari orang yang berjerawat tidak mengetahui apa jenis dan penyebab jerawat mereka, sehingga tidak dapat mengambil langkah yang tepat untuk menyebuhkan masalah jerawat tersebut.


Penyebab jerawat terbagi menjadi 2, yakni Faktor Internal dan Eksternal. Orang yang bermasalah dengan jerawat WAJIB mengenali jerawat mereka masuk kedalam faktor Internal atau Eksternal sebelum memutuskan langkah selanjutnya.

Penyebab Utama Timbulnya Jerawat: Faktor Internal


1. Memiliki Jenis Kulit Berminyak


Kulit berminyak adalah tempat yang paling disukai oleh jerawat. Hampir semua orang yang memiliki kulit berminyak akan dengan mudah merasakan jerawat tumbuh di wajahnya, bahkan bisa juga di tempat lain, seperti di punggung atau di leher. Kadar minyak yang berlebih di wajah dapat mengikat pori-pori yang tersumbat oleh kotoran, sehingga jerawat dapat lebih mudah tumbuh.

2. Masuk Masa Pubertas


Masa pubertas adalah masa yang paling mudah bagi wajah ditumbuhi oleh jerawat. Biasanya jerawat akan mampir pada usia 13 - 25 tahun, tergantung pada gaya hidup setiap individu, jerawat bisa hilang lebih cepat atau parahnya bisa berlangsung lebih lama.

3. Keturunan


Meskipun keturunan adalah salah satu penyebab jerawat, tapi jangan pernah salahkan kedua orang tuamu akan hal ini. Dapat dipastikan 70% anak yang memiliki orang tua (yang dulunya) berjerawat, sang anak juga akan menurunkan masalah jerawat tersebut.

4. Sedang Stress atau Banyak Pikiran


Sebuah Universitas di Kanada pernah melakukan studi tentang faktor penyebab jerawat, salah satunya adalah Kondisi stress seseorang ternyata dapat menjadi masalah timbulnya jerawat.

Penyebab Utama Timbulnya Jerawat: Faktor Eksternal


1. Pola Makan dan Minum Tidak Sehat (Junk Food)


Tidak hanya masalah jerawat, pola hidup yang tidak sehat dapat mengundang berbagai masalah di tubuh. Dalam kasus ini salah satunya adalah jerawat. Buat kamu yang memiliki masalah kulit berminyak, SANGAT DIHARAMKAN untuk memakan makanan Junk Food (seperti Ayam Goreng, Burger, Kentang Goreng).

2. Kurang Minum Air Putih


Asupan air putih manusia pada umumnya adalah minimal 1.5 liter / hari. Lebih boleh, kurang jangan. Kira-kira seperti itulah analogi yang tepat. Banyak minum air putih juga dapat mengurangi minyak berlebih di wajah, yang tentunya juga dapat mengurangi jerawat di wajah.

3. Jarang Cuci Muka / Membersihkan Wajah


Selain wajib mandi 2 kali sehari, ternyata mencuci muka adalah hal yang wajib dilakukan jika tidak ingin berjerawat. Banyak anak muda yang suka lupa atau lalai mencuci muka sebelum beranjak tidur. Membersihkan wajah sangat diwajibkan bagi remaja yang tidak ingin mengalami masalah jerawat, setidaknya minimal cuci muka 2 kali sehari, pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. Ini di luar mandi loh ya!

4. Sabun Muka yang Tidak Cocok


Sesuai pembahasan pada poin 3 mengenai jarangnya membersihkan wajah, tidaklah cukup. Banyak kasus dimana remaja saat ini suka bergonta-ganti sabun muka, entah karena harganya murah atau 'termakan' dengan iklannya. Yang pasti, sebelum memilih sabun muka, kamu harus mengetahui jenis kulit kamu, apakah kulit kering, berminyak atau lainnya. Karena hal ini dapat meminimalisir efek yang terjadi pada wajah kamu. Jika salah, hasilnya akan fatal, dan jerawat bukannya menghilang malah akan bertambah banyak.

5. Pemakaian Kosmetik yang Berlebihan


Hal ini biasanya dialami oleh kaum wanita. Banyak dari mereka yang langsung didatangi jerawat setelah seharian penuh wajahnya dipenuhi dengan make up. Kok bisa? Tentu saja, pemakaian kosmetik yang berlebihan dapat menyumbat pori-pori wajah, apalagi jika tidak dibersihkan secara sempurna setelah pemakaian, yang tentunya dapat memicu timbulnya jerawat baru.

6. Wajah Sering Disentuh Tangan


Ini adalah hal fatal. Tangan kita selalu bergerak memegang dan menyentuh benda yang tidak kita ketahui kebersihannya. Alangkah baiknya untuk JANGAN PERNAH menyentuh wajah jika tangan kamu telah dibawa beraktifitas seharian penuh.

7. Kurang Tidur / Jam Tidur Tidak Teratur


Tidak hanya dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat, kurang tidur juga tidak baik bagi seluruh organ di tubuh kamu. Hakikatnya, tubuh membutuhkan waktu tidur setidaknya 6-8 jam. Jika waktu tidur kurang, dan ditambah lagi dengan pola tidur yang tidak teratur, tentunya hal ini dapat menjadi gerbang utama timbulnya jerawat.

8. Sering Mengkonsumsi Gorengan


Hapir sama seperti poin pertama, Gorengan adalah salah satu jenis makanan yang PALING DILARANG untuk orang yang memiliki masalah jerawat. So, hindari makanan 'berbahaya' satu ini ya.

9. Terlalu Sering Mengkonsumsi Makanan atau Minuman Manis


Enak memang! Tapi, ternyata makanan atau minuman yang terlalu manis dapat menyebabkan jerawat. Contohnya? Mudah saja, seperti Coklat, Soda atau minuman manis lainnya yang biasa dijual di Mall besar di Indonesia.

10. Merokok


Tidak bisa dipungkiri lagi, Merokok adalah hal paling 'bodoh' yang sampai saat ini manusia masih lakukan. Entah apa alasannya, yang jelas, merokok dapat merusak semua sistem di dalam tubuh, mulai dari sistem kekebalan tubuh hingga sistem pembentukan sel kulit baru. Tidak hanya itu, Gas CO2 yang dihasilkan dari asap rokok, tentunya akan langsung terkena wajah dan akan jadi penyebab utama timbulnya jerawat.

11. Mengkonsumsi Alkohol


Hampir sama dengan rokok, semua minuman atau makanan yang mengandung alkohol tidaklah baik bagi tubuh dan dapat menghancurkan sistem yang ada di tubuh kita. Tidak hanya itu, mengkonsumsi alkohol juga jadi penyebab utama timbulnya jerawat. So, leave it as soon as possible ya!

12. Tidak Mandi Setelah Seharian Beraktifitas


Jika kamu adalah karyawan yang pulang kerja malam hari, sebisa mungkin untuk tetap mandi, tapi pakai air hangat ya. Kenapa? karena kalau tidak mandi, kuman / bakteri yang menempel di tubuh kamu akan menyebabkan timbulnya jerawat di pagi hari ketika kamu bangun.

13. Ganti Sprei Secara Berkala


Percaya atau tidak, Sprei kasur kamu adalah media yang paling krusial dalam timbulnya jerawat di wajah. Kok bisa? karena sprei yang tidak diganti dalam waktu lama akan menyimpan kotoran, entah itu dari debu atau jejak pemakaian. Jadi, sebisa mungkin ganti sprei secara berkala ya, 1 minggu sekali cukup kok.

14. Rambut Kotor / Jarang Keramas


Masih berhubungan dengan poin nomor 13 di atas, Rambut yang kotor jika dibawa tidur akan 'mewarisi' kotorannya di bantal, yang dimana bantal tersebut kamu gunakan untuk tidur sambil 'guling-guling'. Ya kamu tau sendiri lah ya akibatnya!

15. Terkena Sinar Matahari Dalam Waktu Lama


Catat! Wajah yang terkena sinar ultraviolet berlama-lama dapat merusak sel-sel kulit pada wajah kamu, akibatnya, tidak ada lagi yang dapat melindungi kulit wajah kamu, sehingga bakteri penyebab jerawat akan dengan mudah masuk ke kulit.

16.  Udara Kotor, Polusi Kendaraan, Asap Bus


Sangat dianjurkan untuk kamu yang memiliki kulit sensitif dan mudah berjerawat, untuk menggunakan masker wajah jika sedang beraktfitas di luar ruangan, terutama di tempat yang cenderung memiliki banyak polusi udara.

17. Tidak Makan Sayuran, Terutama Vitamin A


Sayuran adalah makanan terbaik yang cocok dimakan siapa saja dan tidak memiliki efek samping. Untuk kamu yang memiliki wajah jerawat, dengan banyak makan sayuran akan sangat mengurangi timbulnya jerawat di wajah.

18. Terlalu Sering Mencuci Muka


Nah, bingung kan? Kembali lagi, segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik. Hal ini ternyata juga berlaku pada kasus mencuci muka. Karena jika terlalu sering mencuci muka, wajah akan menjadi sangat kering, dan hal tersebut dapat membuat kelenjar minyak jadi tidak stabil, sehingga hal ini bisa jadi penyebab utama timbulnya masalah jerawat.

19. Jarang Ganti Pakaian


Pakaian adalah hal yang wajib diganti setiap hari. Jangan pernah menggunakan satu pakaian untuk berhari-hari meskipun tidak keluar rumah. Cobalah untuk jadi pribadi yang steril agar terhindar dari segala macam penyakit, termasuk jerawat.

20. Merasa Bersih Jika Berada di Ruangan AC


Beraktifitas seharian akan membuat tubuh kita berkeringat. Hanya saja, ketika masuk ke ruangan ber-AC akan membuat keringan kita hilang dan kita merasa segar, bahkan seketika merasa bersih dari kotoran. Padahal hal itu tidaklah tepat, keringat tetap harus dibersihkan, jangan biarkan keringan mengering dengan sendirinya, karena dalam setiap keringan tersimpan berbagai kotoran yang harus disingkirkan dari tubuh kita.

21. Menggunakan Obat Jerawat Sembarangan


Dari semua poin yang ada di atas, poin terakhir ini adalah yang paling penting. Jangan pernah menggunakan obat jerawat yang tidak diketahui asal-usulnya. Karena hal ini dapat jadi penyebab utama timbulnya jerawat di wajah kamu. Alangkah baiknya konsultasikan dulu dengan dokter kulit sebelum mengambil langkah pengobatan.

Uniknya, tumbuhnya jerawat juga bisa menandakan bahwa kulit kamu sedang dalam kondisi normal. Karena jika kulit sama sekali tidak pernah dihampiri oleh jerawat, bisa jadi kulit kamu bermasalah, dimana hal ini bisa jadi cikal-bakal terjadinya kanker kulit. Jika kamu punya tambahan mengenai penyebab jerawat lainnya, jangan sungkan untuk tulis di kolom komentar ya!
KOMENTAR

0 comments