Tuesday, 2 May 2017

11 Penyebab Munculnya Komedo Hitam di Hidung

Komedo adalah salah satu masalah yang paling menyebalkan yang sering dihadapi oleh wanita maupun pria. Selain itu komedo pasti menggangu penampilan, komedo juga sering kali muncul di area hidung dan sekitar wajah.

Komedo disebabkan oleh kelenjar minyak yang tersumbat pada pori-pori, awalnya komedo ini berwarna putih namun saat teroksidasi dengan debu akhirnya berubah warna menjadi hitam. Komedo warna hitam menjelaskan pori-pori padat akan sel-sel kulit mati yang menghitam saat berinteraksi dengan oksigen dari lingkungan.
Penyebab komedo terjadi ketika sebum (minyak alami yang dihasilkan oleh kulit) menumpuk di folikel rambut dan bercampur dengan sel-sel mati dari partikel kulit dan debu sehingga membentuk semacam plak yang membentuk pori-pori.

Penyebab  Munculnya Komedo Hitam di Hidung 

1. Faktor Lingkungan Sekitar

Lingkungan sekitar juga dapat mempengaruhi penyebab timbulnya komedo diwajah dan hidung ada, lingkungan yang tidak bersih dengan banyaknya asap kendaraan yang kotor dan menjadi faktor timbulnya komedo hitam pada wajah dan hidung anda.

Jika anda sering melakukan aktifitas diluar rumah, sebaiknya anda menggunakan masker untuk menutupi wajah dari debu yang berterbangan diudara. 

BACA JUGA : 25 Penyebab Utama Timbulnya Jerawat Pada Wajah


2. Akibat Merokok

Banyak orang hanya mengetahui bahwa merokok hanya berpengaruh pada kesehatan paru-paru, padahal kebiasaan merokok juga berpengaruh terhadap kesehatan kulit kita. Asap rokok banyak mengandung partikel-partikel halus yang sangat berbahaya untuk wajah.

Selain menyebabkan komedo hitam dihidung dan jerawat, merokok juga dapat menyebabkan kulit akan lebih mudah dan lebih cepat keriput.


3. Kurang Mengkonsumsi Air Putih

Standar kesehatan mengatakan bahwa manusia minimal minum air putih sehari sebanyak 8 gelas. Banyak meminum air putih selain berimbas positif terhadap kesehatan ginjal, selain itu manfaat air putih juga mampu meluruhkan minyak yang ada didalam tubuh dan mudah mencegah timbulnya komedo dihidung.

4. Sering Mengkonsumsi Makanan yang Berminyak

Jika anda pencinta makanan yang berminyak, sebaiknya mulai sekarang dikurangi atau bahkan dihindari. Karna makanan yang berminyak seperti gorengan, makanan yang memiliki cita rasa manis, serta makanan yang terkandung kabohidrat tinggi yang tidak bisa dipungkiri dapat merusak kulit.

Coba anda amati apa yang terjadi setelah anda mengkonsumsi gorengan atau makanan yang berminyak dengan rutin maka akan bermunculan komedo dihidung dan jerawat diwajah. Jika anda ingin terhindar dari komedo atau jerawat mulai sekarang hindari makanan berminyak, banyaklah mengkonsumsi bauh-buahan dan sayur-sayuran.

Karna buah-buahan dan sayur-sayuran memiliki banyak sekali nutrisi yang sangat baik untuk kulit yang mampu membantu kulit anda tetap sehat dan memperlambat penuaan dini.


5. Malas Membersihkan Wajah yang Kotor

Kita sering dihadapkan pada kondisi lelah saat pulang kerja, pulang kuliah atau sehabis anda berpergian yang akhirnya ketika sesampainya dirumah anda lebih memilih untuk langsung tidur tanpa membersihkan wajah terlebih dahulu. Padahal, jika anda langsung tidur tanpa membersihkan wajah terlebih dahulu menyebabkan komedo semakin banyak.

Apalagi bagi wanita yang memakai make up, sangat dianjurkan setelah melakukan aktifitas untuk membersihkan make up nya. Karena dengan make up masih menempel diwajah saat tidur akan membuat pori-pori kulit wajah anda tersumbat oleh bahan kimia yang ada pada produk perias wajah. Dan dipastikan komedo akan mucul di hidung dan disekitar wajah anda.


6. Memakai Make Up Berlebihan 

Untuk para wanita sebaiknya memakai make up jangan berlebihan karna memakai make up yang berlebihan mengakibatkan mudahnya jerawat dan komedo muncul diwajah. Dan jangan lupa anda memilih alat make up atau perias wajah yang tidak memiliki kandungan minyak karena jika anda memilih perias wajah yang mengandung banyak minyak akan membuat kondisi kulit semakin parah.

7. Sering Menyentuh Wajah

Bagi kalian yang suka menyentuh wajah apalagi dengan tangan telanjang tidak menggunakan tissue, sebaiknya mulai sekarang jangnlah terlalu sering menyentuh wajah anda. Karena sangat berdampak buruk terhadap kondisi kulit wajah anda.

Kenapa kok seperti itu sih? Karena saat anda menyentuh wajah anda dengan tangan telanjang tidak ada yang menjamin pasti kondisi tangan anda bersih dan bebas dari kuman. Nah, sebaiknya anda harus terlebih dahulu lihat kondisi tangan saat ingin menyentuh wajah bersih atau tidak.

Karena wajah yang disentuh dengan tangan kotor penuh kuman tentu sangat mudah mengakibatkan jerawat dan komedo hitam.


8. Sering Mengkonsumsi Kafein dan Alkohol

Sering mengkonsumsi kafein dan alkohol secara intens selain dapat memberikan efek yang tidak baik bagi tubuh juga terhadap kondisi kulit. Kafein sendiri biasanya terkandung pada kopi yang dapat merusak kulit karena meerangsang kelenjar minyak untuk berproduksi berkali-kali lipat daripada biasanya pada kulit.

Nah, sedangkan alkohol sendiri yang anda minum dapat membuat pola tidur anda berantakan dan tentu saja berimbas pada kondisi kulit yang akan cepat dan sangat mudah menimbulkan komedo.

BACA JUGA :  10 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Secara Alami 


9. Malas Keramas

Anda malas keramas? Bisa dipastikan anda akan dihinggapi oleh komedo hitam dihidung. Keadaan akan menjadi lebih parah jika anda memiliki kondisi kulit kepala dengan minyak yang berlebih.

Minyak tersebut akan mengalir ke wajah lalu bercampur dengan segala kotoran yang menyebabkan penyumbatan  pada pori-pori dan munculah komedo dihidung anda.


10. Faktor Stress

Stress adalah salah satu faktor yang menyebabkan komedo hitam mudah mucul dihidung. Hal ini bisa terjadi karena saat stress kita seringkali menjadi pribadi yang cuek dan mengabaikan perawatan kulit secara rutin misalnya.

Tentunya apabila kita tidak melakukan perawatan kulit secara rutin, makan jerawat dan komedo hitam akan sangat mudah hinggap di wajah dan hidung kita.

BACA JUGA: 6 Penyebab Komedo Putih yang Berbahaya!


11. Faktor Keturunan

Komedo hitam bisa terjadi karena faktor keturunan yang tidak dapat diubah atau diobati. Hal tersebut dikarenakan faktor genetik yang melekat pada diri masing-masing mmenag sudah melekat dan tidak bisa diubah bagaimanapun caranya.

Itulah penyebab munculnya komedo di hidung, saran saya bersihkanlah wajah sebelum tidur, hal ini agar kuman dan kotoran diwajah anda tidak menumpuk saat tertidur. Sebab komedo terjadi akibat adanya penyumbatan pori-pori kulit oleh kuman. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA : 10 Rekomendasi Merk Bedak yang Baik untuk Kulit Berjerawat 


KOMENTAR

0 comments