Monday, 10 October 2016

10 Cara Alami Merawat Wajah Agar Tidak Berjerawat

Jerawat dan komedo muncul karena produksi minyak yang berlebih di wajah, di tambah dengan adanya penyumbatan pada kelenjar sebaceous. Faktor inilah yang menyebabkan timbulnya jerawat di wajah anda.


Apabila tidak di lakukan pencegahan bisa saja jerawat timbul dari faktor aktivitas. Stress dan makanan yang anda konsumsi setiap hari belum tentu semuanya sehat, dari makanan tersebut pasti ada pemicu timbulnya jerawat.

Jerawat merusak penampilan wajah anda, jerawat juga menghilangkan rasa percaya diri seseorang. Sehingga merawat kulit wajah agar terhindar dari jerawat inilah cara yang anda harus lakukan.

Cara Alami Merawat Wajah Agar Tidak Berjerawat

1. Menggunakan Pelembab Wajah


Kulit wajah yang memiliki minyak berlebih merupakan pemicu uatama timbulnya jerawat, namun kulit yang terlalu kering juga dapat menimbulkan jerawat karena kulit wajah akan sangat mudah terkena iritasi, peradangan dengan debu dan kotoran.

Bagi anda yang memiliki wajah yang berminyak, kulit anda akan otomatis mengeluarkan sebum yang lebih banyak di bandingkan dengan anda yang memiliki kulit wajah yang kering. Sehingga anda yang memiliki tipe kulit wajah yang kering tidak perlu menggunakan bantuan pelembab lagi.

Nah, bagi anda yang memiliki kulit wajah berminyak, anada tetap harus menggunakan pelembab, pilihlah pelembab yang khusus untuk kulit berjerawat dan berminyak. Beda halnya dengan yang memilki kulit keing, anda memerlukan pelembab wajah yang banyak memiliki kandungan air, agar kulit anda terlindungi dari iritasi, debu dan kotoran.

2. Pola Hidup Sehat


Bila anda ingin terbebas dari jerawat, cara yang satu ini sangat di ajurkan. Pola makan anda juga harus di perhatikan, jangan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung minyak karena itu salah satu pemicu timbulnya jerawat pada wajah.

Oleh karena itu, sangat lebih di anjurkan anda mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Karena bila anda mengkonsumsi makanan tersebut akan sangat bermanfaat untuk mencegah jerawat karena memiliki nutrisi yang baik untuk wajah anda.


3. Jangan Sering Menyentuh Wajah


Hindari untuk tangan sering menyentuh wajah dengan tangan, karena dapat mengakibatkan kondisi kulit menjadi lebih buruk. Selain itu, anda juga mungkin lupa apakah tangan anda dalam keadaan bersih atau kotor.

Nah, apabila tangan anda kotor dan sering memgang wajah dengan tangan kotor maka dari tangan itulah bisa menyalurkan bakteri dan berbagai kuman yang menimbulkan jerawat pada wajah.


4. Sering Minum Air Putih


Minimal anda sehari meminum air putih 8 gelas, sangat di anjurkan karena sebagai langkah cara merawat wajah agar tidak berjerawat. Karena minum air putih secara teratur dapat mendetoksifikasi zat yang beracun dan berbahaya dalam tubuh, sehingga zat tersebut dapat keluar dari tubuh. Zat-zat beracun seringkali dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat.

5. Menggunakan Masker Alami


Anda dapat menghindari jerawat dengan cara mengaplikasikan masker alami pada wajah. Mulai dari masker madu, jahe, tomat, mentimun, lidah buaya, es batu dan masih banyak lagi. Karena dengan menggunakan masker bahan alami, maka segala nutrisi pada bahan alami tersebut dapat terserap secara maksimal untuk kebaikan kulit anda.

Manfaat dari menggunakan masker dengan bahan alami ini adalah bahan-bahan nya yang cenderung lebih murah, lebih mudah di temukan. Dan menggunakan masker alami ini tidak mengandung efek samping apapun, jadi sangat aman untuk anda gunakan untuk merawat agar wajah tidak di tumbuhi jerawat.

6. Sering Membersihkan Rambut


Rambut merupakan bagian yang sangat rentan timbulnya debu, kotoran, polusi dan bakteri setelah kita beraktivitas seharian. Bagi anda yang memiliki rambut panjang, maka ketika rambut menyentuh bagian dahi, maka bakteri debu akan berpindah pada area dahi anda.

Jika anda kurang memperhatikan kebersihan rambut, maka anda juga harus siap bila wajah anda di tumbuhi jerawat. Jika anda ingin terhindar dari jerawat cucilah rambut anda sehari sekali, agar kotoran, debu tidak menumpuk di rambut anda.

7. Hindari Make Up Berlebihan


Make up wajah umumnya menggunakan kosmetik yang mengandung bahan dasar kimia. Otomatis apabila di gunakan dalam jumlah banyak sangat tidak baik untuk kesehatn kulit wajah anda. Terlebih apabila penggunaannya di tempat terlalu panas atau terlalu dingin. Maka dari iu pilihlah make up yang tepat agar tidak menimbulkan efek sampng dengan timbulnya jerawat.

8. Gunakan Masker Madu


Madu di percaya dapat menyembuhkan jerawat, madu berperan untuk membuka pori-pori wajah yang tertutup yang mengakibatkan jerawat. Cara nya dengan bilas wajah anda terlebih dahulu, kemudian oleskan pada wajah secara merata, diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat sampai bersih. Tratment ini mampu mencegah wajah anda terhindar dari jerawat.

9. Istirahat yang Cukup


Apabila anda terlalu sering begadang, maka produksi sebum yang anda miliki cenderung meningkat. Karena begadang memiliki keterikatan yang erat dengan stress mampu menyebabkan ketidakseimbangan hormon.

Jika anda memiliki waktu istirahat yang cukup, maka kulit anda akan melakukan regenerasi sel yang akan mengganti sel-sel kulit yang sudah mati menggantinya dengan sel-sel kulit baru. Hasilnya, kulit anda akan terawat secara alami.

10. Kompes Es Batu


Anda bisa menggunakan es sebagai media untuk menyegarkan kulit wajah dan mengatasi masalah jerawat. Caranya dengan menggosokan es batu pada bagian kulit wajah anda, sehingga semua debu dan kotoran yang menempel pada pori-pori wajah anda dapat hilang.

Itulah cara alami merawat wajah agar tidak berjerawat, anda bisa merepakannya mulai dari sekarang agar wajah anda yang mulus tidak di singgahi jerawat yang membandel. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA: 
KOMENTAR

0 comments