Thursday, 20 October 2016

6 Bahaya dan Efek Samping Setelah Memencet Jerawat

Jerawat merupakan salah satu gangguan dan juga masalah kulit, tidak sedikit orang yang mempunyai kebiasaan buruk saat memiliki jerawat justru dengan cara memencet jerawat itu. Mereka beranggapan bahwa dengan memencet jerawat akan mempercepat penyembuhan jerawat, padahal faktanya memencet jerawat justru akan lebih memperburuk kondisi jerawat.
Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) jerawat dapat menimbulkan jaringan parut. Jika anda berjerawat, jauhkan tangan anda dari wajah karena minyak dan kotoran ditangan bisa membuat jerawat lebih buruk. Selain menimbulkan jaringan parut, memencet jerawat juga menyebabkan iritasi kulit dan meninggalkan bekas luka.

Berikut ini beberapa bahaya dan efek samping setelah anda memencet jerawat pada wajah anda:

Bahaya dan Efek Samping Setelah Memencet Jerawat

1. Infeksi

Saat memencet jerawat sering tidak disadari bahwa tangan yang digunakan untuk memencet jerawat masih terdapat kuman dan bakteri. Karena dengan memencet jerawat membuat bakteri masuk lebih dalam pada kulit. Masuknya bakteri ini dapat menyebabkan infeksi pada pori-pori yang tersumbat sehingga justru membuat daerah sekitar jerawat makin meradang.

2. Pendarahan

Pendarahan pada kulit dapat terjadi akibat memencet atau menggaruk permukaan jerawat. Ketika jerawat berdarah, pori-pori yang tersumbat akan terbuka dan rentan mennggalkan bakteri dan kulit. Sel-sel darah putih akan memerangi bakteri yang menyerang, pori-pori akan kembali tersumbat dan meradang .
Dengan munculnya pembengkakan dan darah kering. Kemungkinan jerawat akan muncul lebih banyak dan lebih terlihat dari sebelumnya.

3. Iritasi Kulit

Memencet dan meremas jerawat hanya akan memperparah jerawat. Bahkan, jika pun ada perbaikan maka sifatnya hanya sementara. Menurut laporan Georgetown University Health Education Services. Segera setelah dipencet jerawat akan muncul kembali, sering dengan kemerahan atau iritasi.
Bahkan jika anda pencet jerawat dan tampak kurang jelas, iritasi dan meradang meninggalkan bekas yang lebih lama dari jerawat itu sendiri.

4. Kemunculan Jerawat yang Semakin Buruk

Sama seperti infeksi keika anda memencet jerawat diwajah anda maka kuman-kuman dan juga bakteri yang berasal dari jerawat anda yang sudah dipencet dan diasa hilang akan menyebar ke area sekitar wajah anda. Hal ini akan memperburuk keadaan jerawat pada wajah anda.

5. Kematian

Mungkin memang terdengar agak sedikit berlebihan. Namun ternyata, hal ini memang benar dapat terjadi oleh siapapun. Ada daerah pada wajah yang disebut dengan segitiga kematian, yang berada pada area sekitar hidung, karena berisi syaraf-syaraf penting.
Apabila secara tidak sengaja anda memencet jerawat pada bagian ini, dan terjadi perdarahan atau infeksi, maka efek buruknya adalah kematian.

6. Menimbulkan Bekas Luka

Bagi anda yang menganggap dengan memencet jerawat akan membuat wajah anda akan bersih dan bebas dari jerawat, maka andanya sepertinya salah besar. Karena dalam waktu singkat memencet jerawat mungkin akan memberikan efek seperti jerawat yang sudah hilang dari wajah anda.
Namun demikian, ternyata kegiatan memencet jerawat ini malahan akan meninggalkan bekas luka yang terlihat sangat jelas. Hal ini tentu saja berpengaruh bagi anda yang sangat memperhatikan penampilan anda.

Itulah beberapa bahaya dan efek samping setelah anda memencet jerawat, jika hal tersebut tidak mau anda alami, maka mulai sekarang hindari yang patut dihindari. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA:
KOMENTAR

0 comments