Friday, 21 October 2016

Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat dengan Daun Jambu Biji

Sejak dulu masyarakat Indonesia memang telah mengenal daun jambu biji sebagai bahan unutk mengatasi berbagai macam penyakit. Daun yang kaya akan anti oksidan, anti bakteri, zat anti peradangan, dan tanin tersebut sangat ampuh untuk mengatasi diare, kanker lambung, kolestrol tinggi, dan lain-lain.
Siapa yang sangka ternyata daun jambu biji juga bermanfaat untuk kesehatan. Daun jambu biji berkhasiat untuk mempercantik wajah. Daun jambu biji juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkna jerawat, flek hitam, kriput, bahkan alergi pada kulit.

BACA JUGA: 7 Cara Alami Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk lemon

Namun tahukah anda bhawa kemunculan jerawat ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor:

1. Faktor Stress

Ketika anda sedang mengalami stress, sistem kekebalan tubuh untuk melawan benda asing yang mengalami penurunan secara signifikan. Hal ini mengurangi kemampuan tubuh unutk sembuh dengan cepat. Waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan jerawat melambat secara dramatis.
Nah hal itu meningkatkan munculnya jerawat yang lain, dan mengakibatkan noda pada kulit yang tak sedap dipandang.

2. Produksi Minyak Berlebih

Produksi minyak diwajah memang diperlukan untuk senantiasa untuk menjaga kelembaban kulit secara alami. Namun, jika sudah berlebihan maka akan bisa mengakibatkan timbulnya jerawat. Minyak yang terdapat diwajah dan tercapur oleh debu diudara mempercepat timbulnya jerawat pada wajah anda.
Apalagi kalau anda malas untuk membersihkan wajah setelah anda beraktifitas, ini juga hal yang memperburuk kondisi jerawat.

3. Bakteri

Yang membuat masalah semakin rumit, bakteri biasanya berada dikulit yang disebut p.acne yang cenderung berkembang biak didalam kelenjar sebaceous yang tersumbat. Kelenjar ini juga menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi derah sekitarnya.
Karena sudah iritasi, kelenjar tersebut terus membengkak dan mungkin akan pecah dan menyebarkan radang kulit ke daerah sekitarnya.

4. Kosmetik

Penyumbatan pori-pori seringkali terjadi oleh penggunaan kosmetik yang terlalu banyak mengandung minyak, atau penggunaan bedak yang menyatu dengan fondation. Karena, fondation yang terkandung dalam bedak akan menyebabkan bubuk bedak menyumbat pori-pori.

BACA JUGA: 7 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih

5. Sel-sel Kulit Mati

Jerawat timbul karena karena kelenjar minyak yang berlebih tersebut bercampur dengan sel kulit mati. Ketika sel-sel kulit mati itu bercampur dengan debu atau kotoran yang sudah meningkat itu, campuran yang tebal dan lengketitu dapat membentuk penyumat yang benjadi bintik hitam ataupun putih.

Nah, itulah beberapa penyebab jerawat yang harus anda hindarkan. Namun jika jerawat sudah terlanjur muncul diwajah anda, maka segeralah diobati. Sebaiknya jangan mengobati dengan bahan kimia, selagi masih ada obat dari bahan alami yang mudah kalian coba dan mudah juga kalian dapati.

Menggunakan bahan alami selain mudah didapati bahannya, juga bebas dari efek samping yang ketergantungan. Jadi, sangat aman untuk anda coba dirumah..

Kali ini kita akan membahas tentang pengobatan jerawat menggunakan bahan alami, yaitu daun jambu biji. Daun jambu biji ini ternayata bermanfaat untuk menghilangkan jerawat pada wajah anda. Ini karena daun jambu biji mengandung senyawa antara lain:

    • Lemak dengan jumalah 0.6g
    • Vitamin yang terdiri dari vitamin A dan vitamin C, yang berfungsi untuk memberikan nutrisi pada kulit
    • Vitamin E yang baik untuk meremajakan kulit sehingga dapat mencegah penuaan dini pada kulit
    • Kabohidrat yang dimiliki pada daun jambu biji adalah 11.88g
    • Protein yang berfungsi untuk meregenerasi sel-sel kulit yang sudah mati dengan jumlah sebanyak 0.82g
    • Serat berguna untuk memperlancar sistem pencernaan sebanyak 5.4g


Cara Membuat Masker Daun Jambu Biji

Anda bisa menggunakanya dengan membuat masker untuk menghilangkan jerawat pada wajah anda. Berikut caranya:
    1. Bersihkan wajah anda terlebih dahulu
    2. Pilih pucuk dari daun jambu biji yang masih segar kemudian cuci hingga bersih
    3. Pucuk daun jambu biji yang telah dicuci besih digiling sampai benar-benar halus, sampai menjadi adonan masker
    4. Lalu Oleskan masker dari pucuk daun jambu biji pada aera wajah yang bejerawat secara merata
    5. Diamkan sekitar selama 30 menit sampai kering
    6. Bilas wajah anda menggunakan air hangat sampai bersih

Air Daun Jambu Biji 

Menggunakan air rebusan daun jambu biji juga mampu menghilangkan jerawat pada wajah anda secara alami, Berikut caranya:
    1. Pilihlah daun jambu biji yang masih muda dan segar, kemudia bilas sampai bersih
    2. Masukan kedalam panci yang sudah berisi air
    3. Hidupkan kompor dan letakan panci diatasnya, lalu rebus hingga mendidih
    4. Setelah mendidih matikan kompor dan biakan air dari daun jambu biji tersebut dingin. Setelah dingin baru disarng kedalam piring
    5. Selanjutnya membersihkan wajah anda dan uapkan wajah dengan air panas yang bertujuan untuk membuka pori-pori wajah anda
    6. Oleskan secara merata air dari daun jambu biji menggunakan kapas bulat
    7. Diamkan sekitar selama 20 menit
    8. Kemudian bilas wajah anda menggunakan air dingin, bertujuan untuk menutup kembali pori-pori wajah anda.

Penggunaan masker daun jambu biji dan air jambu biji ini dapat tahan selama 1 minggu, apabila setelah melewati 1 minggu, and harus menggantinya dengan yang baru.

Itulah beberapa ulasan mengenai manfaat dau jambu biji dan sudah banyak terbukti yang dapat kalian coba dirumah. Karena bahan alami tidak mengakibatkan efek samping atau ketergantungan apapun. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA:
KOMENTAR

0 comments