Tuesday, 11 October 2016

Cara Mencegah Agar Wajah Tidak Bopeng Setelah Berjerawat

Bopeng pada wajah terjadi oleh karena beberapa sebab, salah satu yang paling umum adalah karena si kecil merah yang sangat menyebalkan, yang biasa kita sebut ialah jerawat. Apabila kita memegang jerawat, bahkan anda memencet jerawat tersebut dengan kondisi tangan yang kotor, maka bukan hal yang tidak mungkin wajah anda akan menimbulkan bekas berupa bopeng.
Bopeng atau yang lebih anda kenal dengan lubang bekas jerawat memang sangat mengganggu penampilan kita. Apalagi jika kasus ini terjadi dengan seorang wanita, pasti kepercayaan dirinya didepan publik akan berkurang. Bopeng adalah masalah yang sangat sering dialami oleh banyak orang.

Yuk kita ulas bagaimana mencegah agar wajah tidak bopeng setelah berjerawat. Sebelum kita bahas pencegahannya, anda juga harus tahu apa saja penyebab bopeng di wajah?

BACA JUGA: 7 Cara Alami Menghilangkan Bopeng Jearawat di Wajah

Penyebab Bopeng di Wajah Setelah Berjerawat

1. Penumpukan Sel Kulit Mati

Bopeng disebabkan oleh menumpuk nya sel-sel kulit mati, hal ini terjadi karena anda malas membersihkan wajah setelah anda melakukan kegiatan, yang menyebabkan wajah anda ditumpuki oleh kotoroan dan debu. Dengan begitu, wajah anda akan terlihat kotor, kusam dan timbulah masalah diwajah anda seperti bopeng.

2. Sering Memencet Jerawat pada Wajah

Bagi yang mempunyai sifat usil untuk memencet atau mencongkel isi jerawat, sebaiknya hal ini dihindari. Karena penyebab ini merupakan yang paling umum sering terjadi. Karena jika anda memegang jerawat tersebut, apalagi memencet dan mencongkel dengan tangan dalam keadaan kotor maka bakteri akan masuk sehingga menimbulkan infeksi.

Nah, dari infeksi itulah yang menyebabkan wajah anda menjadi bopeng, jika anda ingin bebas dari jerawat dan ingin bebas dari bopeng pada jerawat, sebaiknya hal ni anda terpkan di kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA: 10 Cara Alami Merawat Wajah Agar Tidak Berjerawat

3. Jagalah Kebersihan Bagian Kulit yang Bermasalah

Jika anda ngin terhindar dari jerawat faktor utama nya adalah jangan malas mencuci atau memberihkan wajah. Minimal anda membersihkan wajah 2 kali dalam sehari, yakni pagi dan malam hari. Sehabis melakukan kegiatan diluar rumah, segeralah membersihkan wajah ada dari kotoran, debu dan polusi yang menempel diwajah anda.

Anda juga harus menjaga kebersihan bagian tubuh disekitar area kulit yang bermasalah, seperti rambut dan tangan, Saat kulit wajah berjerawat/luka, lalu rambut kotor anda mengenai kulit bagian tersebut. Hal tersebut dapat memicu jerawat/luka menjadi lebih parah.

4. Bekas Luka

Bekas luka seperti gigitan nyamuk, bekas cacar, bekas alergi, dan lainnya. Bekas luka tersebut tidak akan meninggakan bekas, jika anda tidak menggaruknya. Meskipun rasanya memang sangat gatal dan ingin sekali anda menggaruknya agar rasa gatal itu hilang.

Namun hal itu tidak sangat disarankan, karena dengan anda menggaruknya apalagi ditambah dengan keadaan tangan anda yang kotor akan menimbulnya bopeng pada kulit wajah anda.

Setelah kita tahu penyebab bopeng di wajah setela berjerawat, mari kita ulas cara mencegah agar wajah tidak bopeng setelah berjerawat.

Cara Mencegah Agar Wajah Tidak Bopeng Setelah Berjerawat

1. Jangan Sering Memencet Jerawat


Jangan anda memencet atau mencongkel isi jerawat anda, karena ketika jerawat dipencet malah mengakibatkan pembengkakan dan butuh waktu yang lama untuk menyembuhkannya. Pembengkakan tersebut terjadi akibat luka yang menjadi infeksi dan timbul kotoran dan bakteri.


2. Hindari Make Up


Jika kulit anda tipe yang berminyak, tidak perlu anda menggunakan moisturizer. Dan, jika anda memiliki tipe kulit wajah yang kering bisa menggunakan pelembab tapi tidak digunakan di area yang ditumbuhi oleh jerawat. Carilah pelembab berbahan dasarnya air yang lebih aman bagi jerawat.

Jerawat akan semakin parah, jika anda menggunkan bahan-bahan yang dapat menstimulasi jerawat, yakni seperti moisturizer yang sudah saya jelaskan tadi dan makeup. Jika anda memang sangat diharuskan pakai makeup, pakailah makeup tipis-tipis saja, pilihlah jenis bedak tabur daripada betak padat yang memiliki kandungan berat.


3. Segera Atasi Jerawat


Jangan pernah anda meremehkan jerawat seringan apapun, anda harus mengatasinya dengan segera. Apabila anda tidak mengatasinya dengan cepat, akan mengakibatkan infeksi dan menyebabkan jerawat akan semakin meradang.

Ketika jerawat anda sudah meradang, maka kulit terdalam akan terluka. Jaringan tersebut hilang karena jerawat maka untuk sembuh dan jaringan baru untuk tumbuh lagi itu sulit. Akibatnya kulit diarea berjerawat itu akan bolong/bopeng.

4. Hindari Facial


Facial adalah merupakan perawatan wajah dengan cara mekanik untuk mengeluarkan kotoran. Tetapi ketika kulit sedang meradang, maka jerawat tidak boleh dikeluarkan secara memaksanya. Karena membuat peradangan semakin dalam, tidak mendapatkan kesembuhan malah wajah anda akan bopeng.

Itulah penyebab dan cara mencegah agar wajah tidak bopeng setelah berjerawat, jika anda tidak ingin mengalami atau mempunyai wajah bopeng, maka terapkan cara ini dikehidupan anda sehari-hari. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA:
KOMENTAR

1 comments: