Wednesday, 26 October 2016

Cara Mencuci Wajah Berjerawat yang Baik dan Benar

Mencuci wajah rasanya adalah hal yang sangat sepele bagi wanita maupun pria. Tetapi berkat hal sepele ini, tidak sedikit lho wanita dan pria yang mengalami gangguan pada kulit wajahnya, seperti berjerawat, kulit kusam, flek hitam dan lain-lain.
Kegiatan mencuci muka merupakan kegiatan yang sering kita lakukan sehari-hari untuk menjaga kebrsihan dan kesehatan kulit wajah kita. Mencuci wajah tidak boleh disamakan dengan anda mencuci tangan atau tubuh anda. Karena kulit wajah lebih sensitif daripada kulit bagian lain.

Cara mencuci wajah yang salah akan memperburuk kulit wajah anda, Apalagi yang memiliki jenis kulit wajah yang sensitif sangat perlu penanganan yang lebih khusus. Berikut ini beberapa cara mencuci wajah berjerawat yang baik dan benar:


Cara Mencuci Wajah Berjerawat yang Baik dan yang Benar

1. Kebersihan Tangan Anda

Sebelum anda mencuci muka, perhatikan terlebih dahulu kebersihan tangan anda dan cuci bersih tangan anda menggunakan sabun. Karena kulit yang berjerawat sangat sensitif terhadap kuman dan kotoran yang terdapat ditangan. Nah, dengan anda mencuci tangan terlebih dahulu maka kuman dan kotoran yang ada ditangan tidak pindah ke wajah anda.


2. Menggunakan Air Hangat

Air hangat sangat baik digunakan sebelum anda membersihkan wajah dengan cleanser, karena dapat membuka pori-pori wajah, sehingga kotoran nantinya akan mudah terangkat saat digosok menggunakan busa cleanser. Anda juga harus pastikan bahwa air yang anda pakai hangat ya, bukan panas.

3. Cuci Muka 2 Kali Sehari

Anda cukup mencuci wajah anda dengan facial wash 2 kali dalam sehari. Pada waktu pagi hari dan malam hari. Manfaat mencuci muka pada pagi hari berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati, dan sedangkan manfaat mencuci muka pada malam hari berfungsi untuk membersihkan sisa makeup, debu, dan kotoran yang menempel diwajah anda.


4. Perhatikan Urutan

Anda juga harus memperhatikan urutan dalam mencuci muka. Pertama basahi wajah anda menggunakan air hangat, lalu gunakan busa cleanser untuk membersihkan kotoran pada wajah, setelah itu lanjut menggunakan facial wash, lalu gunakan toner agar membuat wajah anda tetap lembab.

5. Hindari Sabun yang Mengandung Scrub

Hindari penggunaan sabun yang mengandung scrub, Karena kalau anda terlalu sering menggunakan scrub dapat merusak jaringan kulit wajah anda. Merawat kulit memang harus maksimal, namun harus menggunakan cara yang lembut agar wajah tehindar dari masalah kulit wajah yang semakin parah.


6. Cuci Wajah Selama 5-15 Menit

Mencuci wajah dengan kurun waktu 5-15 menit bagi beberapa orang memang sangat lama. Tujuan mencuci muka yang membutuhkan waktu lam adalahagar zat-zat yang ada meresap didalam kulit dan juga membunuh kuman yang berada diwajah anda.


7. Hindari Mencuci Wajah dengan Sabun Mandi

Bila anda memiliki jenis kulit yang sensitif, jangan sekali-kali anda menggunakan sabun mandi unruk membersihkan wajah anda yang berjerawat. Karena sabun mandi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi daripada sabun pembersih wajah sebenernya. Dengan menggunakan sering sabun mandi untuk membersihkan wajah, akan menyebabkan wajah mengering.


8. Pilihlah Pembersih Wajah yang Cocok

Pertama anda harus mengenali jenis kulit wajah anda seperti apa, berminyak atau kering. Tetapi bila anda berjerawat, otomatis anda mempunyai tipe wajah yang berminyak. Karena ada banyak macam pembersih wajah, yaitu untuk kulit normal, kulit berminyak, dan kulit kering.

Itulah beberapa cara mencuci wajah berjerawat dengan baik dan benar yang anda bisa terapkan dikehidupan sehar-hari. Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

BACA JUGA: 
KOMENTAR

0 comments