Friday, 21 October 2016

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bumbu Rempah Dapur

Cara menghilangkan jerawat dengan bumbu rempah dapur. Saat ini sebagian orang lebih peduli terhadap kesehatan kulit tanpa bahan kimia. Dan semakin banyak orang yang melakukan perawatan kulitnya dengan menggunakan bahan alami. Apalagi saat ini masalah jerawat menjadi marak untuk sulit dihilangkan. Tau kah anda, bahwa bahan alami lebih efektif dan aman untuk menghilangkan jerawat. Anda pun tidak perlu sulit mencari-cari. Karena anda cukup pergi ke dapur rumah anda dan menemukannya.
Jerawat yang muncul pada kulit biasanya banyak penyebabnya nya. Seperti jerawat hormon, pola makan yang tidak sehat bisa juga karena memakai produk yang tidak cocok dikulit anda. Maka dari itu anda dapat mengandalkan rempah-rempah ini tanpa sulit mencarinya. Berikut artikel ini akan mengulas cara menghilangkan jerawat dengan bumbu rempah dapur.

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bumbu Rempah Dapur

1. Garam

Garam adalah salah satu bumbu dapur yang sangat mudah ditemui. Garam ternyata tidak hanya bermanfaat sebagai penyedap rasa. Campuran air dan garam bisa digunakan sebagai scrub wajah untuk menghilangkan jerawat. 

Caranya :

  • Siapkan seperempat sendok garam dan segelas air hangat
  • Siapkan kapas 
  • Campurkan garam dan air hangat dalam satu wadah
  • Masukan kapas ke dalam wadah yang berisi air hangat dan garam tersebut
  • Letakan kapas tersebut ke wajah yang berjerawat 
  • Diamkan selama 1 Menit

Garam dapat mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada wajah berjerawat. Anda pun dapat menambakan air perasan jeruk nipis kedalam garam. Garam dan jeruk nipis mengandung mineral dan antibakteri yang dapat membantu meremajakan kulit serta menghilangkan jerawat. Tekstur garam yang sedikit kasar dapat dimanfaatkan untuk mengelupaskan sel kulit mati.

2. Jahe

Jahe tidak hanya digunakan sebagai obat tradisional untuk meredakan masuk angin. Jahe juga dikenal dapat meningkatkan nafsu makan, meredakan nyeri dan anti radang. Dari segi kecantikan, jahe efektif menghilangkan jerawat. Elemen anti radang yang terdapat pada jahe dapat mengurangi bengkak dan merah pada wajah berjerawat. Penyebab jerawat beraneka ragam salah satunya adalah bakteri. Jahe termasuk antibiotik alami sehingga efektif menghilangkan jerawat akibat bakteri.

Caranya:


  • Ambil jahe secukupnya kemudian cuci bersih
  • Kupas jahe lalu parut jahe yang telah dibersihkan
  • Sebelum memulai, sebaiknya bersihkan wajah dengan air hangat
  • Lalu tempelkan parutan jahe pada wajah berjerawat
  • Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air
Dapat diketahui jahe juga ampuh untuk mencegah timbulnya jerawat.

3. Bawang Putih

Bawang putih tidak hanya berkhasiat menghilangkan jerawat tapi juga bekas jerawat. Kandungan allicin yang terdapat didalamnya bersifat anti jamur sehingga efektif menghilangkan jerawat. Bawang putih merupakan anti oksidan yang sangat kuat yang dapat menimbulkan iritasi dan radang jika tidak digunakan dengan benar. Oleh karena itu, bawang putih tidak dianjurkan untuk yang memiliki kulit sensitif.

4. Baking Soda

Baking soda berkhasiat membasmi jerawat dan mengurangi peradangan, kombinasikan 2 sampai 3 sendok baking soda dengan air hangat hingga membentuk pasta. Kemudian, oleskan campuran tersebut pada wajah seperti menggunakan masker. Pijat lembut wajah dengan gerakan melingkar agar baking soda meresap. Masker baking soda dapat membuka pori-pori. mengangkat sel kulit mati, dan menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Untuk perawatan maksimal anda dapat melakukannya seminggu sekali. Baking soda merupakan exfoliant alami yang berguna untuk mengelupaskan bekas jerawat, menghilangkan lapisan kulit mati serta membuka lapisan kulit baru.

5. Kunyit

Bumbu dapur yang satu ini juga bermanfaat untuk kesehatan kulit dan kecantikan. Kunyit mengandung anti bakteri yang bisa mengurangi jerawat. Sebaiknya gunakan kunyit bubuk agar lebih mudah diolah. Campurkan kunyit bubuk dengan susu air mawar. Anda dapat menggunakan toner air mawar dari produk sari ayu atau lainnya. Kemudian oleskan pada jerawat dan diamkan sampai mengering. Setelah selesai bilas dengan air. Lakukan perawatan terus menerus hingga jerawat mengecil. 

6. Gula Merah

Dengan masker gula merah dapat mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menempel pada kulit. Bahan dapur ini mudah didapat dan penggunaannya aman untuk kulit. Dengan menghaluskan gula merah, kemudian campur dengan air. Oleskan masker gula merah tersebut ke wajah anda. Diamkan beberapa menit, kemudian bilas dengan air dingin. Gula merah dapat mengangkat kotoran bahkan pori-pori sekalipun. 

7. Kayu Manis

Biasanya kayu manis bermanfaat untuk mengharumkan minuman seperti es campur atau setup pisang. Namun ternyata kayu manis juga ampuh untuk mempercantik kulit wajah. Sebagai ramuan dari luar tubuh yang aman untuk menghilangkan jerawat. Perawatan wajah berjerawat dengan kayu manis terbukti ampuh bila dilakukan secara rutin. Masker kayu manis dapat dilakukan berulang kali, dengan penyimpanan yang aman seperti di kulkas. 

Caranya :

  • Siapkan beberpa tangkai kayu manis
  • Lalu tumbuh halus kayu manis tersebut
  • Tambahkan madu, diamkan beberapa menit hingga tercampur
  • Oleskan keseluruh wajah yang terinfeksi jerawat

Itulah ulasan mengenai cara menghilangkan jerawat dengan bumbu rempah dapur. Anda tidak perlu repot mencari dimana-mana. Karena anda hanya pergi ke dapur rumah anda dan menemukannya. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

BACA JUGA :
KOMENTAR

0 comments