Thursday, 20 October 2016

Faktor Penyebab Jerawat Tidak Kunjung Sembuh dan Solusinya

Faktor penyebab jerawat yang tidak kunjung sembuh dan solusinya. Memiliki kulit berjerawat memanglah sangat mengesalkan. Segala sesuatu tentang jerawat sudah umum ditemui bagi para pemiliki kulit berjerawat dikarenakan berbagai penyebab jerawat. Untuk mencegah jerawat diwajahpun sangat sulit, karena ada berbagai faktor penyebab timbulnya jerawat. Lalu perlu anda ketahui bagaimanakah mettode perawatan kulit berjerawat yang tepat agar jerawat di kulit dapat menghilang dan kulit menjadi terbebas dari munculnya jerawat baru? Jika anda masih bingung, maka tenang saja karena anda akan menemukan jawabannya pada ulasan artikel di bawah ini. 

Faktor Penyebab Jerawat Tidak Kunjung Sembuh

Sebelum anda mengetahui berbagai cara merawat kulit berjerawat, tentu saja anda harus mengetahui sebenarnya hal-hal apa sajakah yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Berikut alasannya.

Faktor Genetik

Salah satu hal yang paling sering menyebabkan jerawat adalah faktor genetik. Faktor genetik bawaannya dari orang tua yang memang sudah memiliki kulit berminyak dan berjerawat kemungkinan besar akan diturunkan kepada anaknya. Jika sudah begitu, maka tak ada hal yang bisa dilakukan untuk mencegah jerawat selain secara rutin merawat kulit anda.

Faktor Hormon

Faktor hormon yang tidak seimbang ketika seseorang mengalami masa pubertas atau masa menstruasi juga akan memunculkan jerawat. Hal tersebut karena masa pubertas dan mentruasi akan meningkatkan produksi jenis hormon penyebab jerawat, yaitu hormon androgen, yang akan menyebabkan kulit memproduksi sabum berlebih, dan akhirnya memunculkan ciri-ciri jerawat karena hormon tanpa bisa dihindari.

Kurang Menjaga Kebersihan Wajah

Hal lain yang akan memunculkan jerawat adalah kurangnya anda dalam menjaga kebersihan wajah. Padahal membersihkan wajah merupakan salah satu perawatan kulit berjerawat yang sangat penting. Debu menyebabkan jerawat, kotoran, bakteri dan polutan lain akan menimbulkan jerawat di kulit jika tidak segera dibersihkan secara berkala setiap hari.

Bakteri

Adanya infeksi bakteri yang menempel di kulit juga merupakan penyebab munculnya jerawat di kulit. Bakteri penyebab jerawat seperti P.acnes akan sangat mudah menempel di kulit melalui berbagai macam media perantara. Oleh karena itu, diperlukan suatu metode perawatan kulit berjerawat yang cukup rutin agar bakteri penyebab jerawat tidak akan menginfeksi kulit berjerawat anda.

Tidak Mengenali Jenis Kulit

Mengenali jenis kulit sangatlah penting karena kulit setiap manusia berbeda-beda. Ada Empat macam jenis kulit yang umum yaitu kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, dan kulit kombinasi. Cara mengenali jenis kulit bisa dengan memperhatikan kulit wajah kita sendiri dicermin. Atau berkonsultasi ke dokter kecantikan.

Salah Memakai Skin Care

Untuk menjaga kesehatan kulit salah satunya kegiatan rutin yang paling penting adalah memakai skin care yang cocol dengan jenis kulit. Biasakan juga untuk tidak sembarangan memberi skin care. Salah-salah masalah jerawat akan semakin berat.

Kenali Jenis Jerawat Anda

Untuk mengetahui alasan mengapa jerawat tidak kunjung sembuh, sebaiknya anda mengenali berbagai jenis jerawat. Jerawat batu, jerawat biasa, atau jerawat hormon harus ditangani secara berbeda.

Setelah anda mengetahui beberapa hal yang dapat menyebabkan jerawat tidak kunjung sembuh. Untuk mengatasi masalah jerawat memang hal yang paling mudah adalah dengan mengunjungi dokter ahlinya. Namun tentu saja akan mengeluarkan biaya yang cukup mahal terlebih bila jerawat yang anda derita adalah jenis jerawat yang membandel. Ada banyak cara atau solusi yang bisa dilakukan tentunya lebih ekonomis. Berikut adalah solusi mengatasi jerawat yang tidak kunjung sembuh.

Solusi Mengatasi Jerawat yang Tidak Kunjung Sembuh

1. Lakukan diet sehat

Makana dan minuman yang kita konsumsi berpengaruh besar terhadap kesehatan kulit wajah termasuk masalah jerawat. Lakukan diet sehat seperti menghindari makanan-makanan berminyak dan meminum minuman yang terlalu manis. Makanan yang terlalu pedas juga lebih baik dihindari karena dapat memicu produksi keringat berlebih dan meninggalkan sebum di wajah.

2. Gunakan pelembab ber-SPF

Meski beraktifitas di dalam ruangan, kulit kita juga butuh perlindungan dari sinar matahari yang dapat masuk melalui cela jendela dan memantul dari lantai. Gunakan pelembab yang mengandung SPF minimal 30 dan maksimal 50. Selain mengatasi jerawat agar tidak meradang, wajah juga akan terhindar dari kusam.

3. Jangan sering menyentuh wajah

Kembali lagi, kita sering lupa terhadap kebersihan salah satunya kebersihan tangan kita. Jangan sering menyentuh wajah agar jerawat tidak betah berada di wajah kita. Karena kita akan tau apakah tangan kita bersih atau tidak bersih.

4. Gunakan bahan-bahan alami

Selain dengan skin care yang cocok dengan kulit, rawatlah wajah menggunakan bahan-bahan alami. Ini juga dapat menjadi solusi mudah untuk mengatasi jerawat di wajah. Dintaranya:
  • Olive Oil cocok untuk kulit kering dan kulit kombinasi karena mengandung vitamin A, D, E, C, B1, dan B2.
  • Tomat cocok untuk kulit kering berjerawat.
  • Mentimun mangandung banyak air dan cocok untuk semua kulit. Mentimun juga dapat membantu mengempeskan jerawat meradang.
  • Kentang dapat menjadi solusi untuk kulit yang sedang dalam kondisi ekstrim misalnya terbakar sinar matahari dan banyak sekali timbulnya jerawat membandal.
  • Lemon cocok untuk kulit berminyak. Lemon mengandung collagen yang membantu mengeringkan jerawat dan mencerahkan kulit.
  • Air putih menjadi salah-satu bahan minimal 8 gelas sehari karena air putih akan melembabkan kulit dan menghilangkan racun-racun baik racun dalam tubuh maupun racun di kulit kita.
Bagaimana?  Sudah tahu penyebab dan solusinya?. Rawatlah kulit anda agar tetap sehat dan lalukan cara diatas agar kulit anda tetap terjaga. Semoga beremanfaat...




KOMENTAR

0 comments