Tuesday, 25 October 2016

Ini Dia Penyebab Flek Hitam di Wajah yang Perlu Diketahui

Flek hitam diwajah terjadi akibat adanya produksi melanin yang berlebihan serta tidak merata pada daerah wajah yang mudah terbakar sinar matahari seperti daerah pipi bagian atas dan tangan. Melanin adalah pygmen yang diproduksi oleh sel melanosit yaitu zat protein yang berperan menentukan warna kulit seseorang.
Zat ini terdapat pada lapisan kulit paling atas (epidermis). Produksi melanin dipicu oleh enzim tyrosinase, saat kulit terpapar sinar matahari, enzym tyrosinase menjadi aktif merangsang produksi melanin dan menumpuk di sel kulit sehingga menmbulkan flek hitam.

BACA JUGA: Cara Paling Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Tomat

Apa saja sih yang menyebabkan hadirnya flek hitam pada wajah? Yuk simak bersama-sama, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang penyebab flek hitam di wajah.

Ini Dia Penyebab Flek Hitam di Wajah yang Perlu Diketahui

1. Faktor Kosmetik

Penyebab flek hitam diwajah ini juga bisa dikatakan karena penggunaan kosmetika secara sehari-hari terutama kosmetik yang mengandung banyak sekali zat pewarna, parfum, dan bahan-bahan eksklusif yang menjadi pemicu terjadinya fotosensitivitas merupakan bentuk kosmetik yang digunakan menjadi sensitiv sinar ultraviolet.

2. Bekas Jerawat

Bekas jerawat diwajah atau luka, sering kali meninggalkan bintik-bintik hitam pada wajah anda. Tentu membuat anda sangat risih dengan keberadannya bukan? Bekas jerawat atau luka biasanya akan memakan kurun waktu yang cukup lama untuk menghilangkan sepenuhnya.


3. Faktor Hormon

Faktor penyebab flek hitam juga bisa disebabkan oleh hormon. Hormon yang menyebabkan timbulnya flek hitam diwajah adalah Hormon progesteron, Hormon estrogen, dan MSH (Melanin Stimulating Hormon)


4. Garukkan pada Kulit

Jangan sesekali anda menggaruk kulit wajah atau kulit tubuh kita terasa gatal, karena tindakan ersebut akan mengakibatkan iritasi dan rusaknya kulit sehingga kulit itu menciptakan melanin sebagai mekanisme pertahanan.

BACA JUGA: Mencuci Wajah dengan Air Hangat Mampu Menghilangkan Jerawat

5. Sinar Ultaviolet

Penyebab flek hitam terjadi karena terlalu sering terkena paparan sinar ultraviolet yang berasal dari matahari. Jika anda sering terkena sinar ultrafiolet maka hal itu dapat memicu pembentukan pigmen melanin yang berlebih dikulit sehingga muncul bintik hitam atau flek hitam pada wajah.

6. Obat-obatan

Obat-obatan juga dapat memicu timbulnya pigmentasi atau flek pada kulit, jika seseorang menggunakan obat-obatan difenilnidantion, mesantoin, klorporazine, sitostatik, dan minosiklin, flek htam juga dapat muncul. Termasuk pil KB juga juga dapat menjadi faktor timbulnya flek hitam pada wajah anda.


7. Faktor Keturunan 

Pigmentasi atau flek pada kulit juga dapat dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan. Hasil pemerikasaan menunjukan flek terlihat karena faktor keluarga yang mempengaruhi sekitar 20% sampai 70%.

Demikianlah ulasan kali ini tentang penyebab flek hitam diwajah yang patut anda ketahui, agar wajah anda terhindar dari flek hitam yang membuat kurangnya kepercayaan diri anda. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA:
KOMENTAR

0 comments