Thursday, 13 October 2016

Inilah Cara Menghilangkan Jerawat dengan Masker Kunyit

Inilah cara menghilangkan jerawat dengan masker kunyit. Jerawat merupakan masalah kulit yang sering mengganggu karena akan merusak penampilan dan juga kepercayaan diri seseorang. Jerawat akan muncul ketika lubang-lubang kecil yang ada pada kulit mengalami penyumbatan. Penyumbatan tersebut akan semakin parah ketika terinfeksi bakteri. Kondisi itulah yang biasanya menyebabkan munculnya bekas di kulit.

Jerawat biasanya ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada wajah, punggung bahkan dada. Bintik-bintik tersebut biasanya akan terasa sakit bila ditekan. Sebelum artikel ini mengulas cara menghilangkan jerawat dengan kunyit, ayo kita bahas terlebih dahulu faktor menyebabkan munculnya jerawat. 

Faktor Penyebab Munculnya Jerawat

1. Tidak Menjaga Kebersihan Kulit

Terjadinya penyumbatan pada pori-pori kulit sehingga menjadi jerawat diakibatkan karena kebersihan kulit yang tidak terjaga. Kulit yang tidak terjaga kebersihannya tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti penggunaan kuas make up yang tidak bersih, spon bedak yang sudah terlalu lama serta penggunaan handuk yang jarang dicuci. Akibat adanya kontak loangsung antara berbagai benda tersebut dengan kulit maka pori-pori kulit mengalami penyumbatan dan munculnya jerawat.

2. Jenis Kulit 


Setiap orang memiliki tipe kulit berbeda-beda. Ada yang memiliki kulit normal, kulit kering, serta kulit berminyak. Jerawat biasanya akan sangat rentan dialami oleh orang-orang yang memiliki kulit berminyak. Produksi minyak berlebih oleh kelenjar minyak yang ada dibagian kulit merupakan perkembangan bakteri penyebab jerawat menjadi lebih cepat. Namun, bukan berarti seseorang yang tidak memiliki kulit berminyak tidak akan terkena jerawat. Seseorang yang memiliki tipe kulit normal namun jarang membersihkan kulitnya tentu juga akan rentan terkena jerawat.

3. Genetik

Jerawat juga dipicu oleh faktor keturunan. Biasanya, orang tua yang sering memiliki jerawat juga akan memiliki anak yang mudah terkena jerawat. Untuk faktor satu ini, perawatan biasannya harus dilakukan lebih ekstra karena jerawat biasanya akan lebih sulit untuk dihilangkan.

4. Stres 

Stres juga bisa memicu munculnya jerawat. Bahkan faktor ini sering menghinggapi mereka yang memiliki banyak kesibukan dan tingkatan stres yang tinggi. Stress akan menyebabkan sistem metabolisme tubuh terganggu sehingga jerawat akan lebih mudah muncul.

5. Faktor Hormonal

Faktor hormonal juga menjadi penyebab munculnya jerawat. Faktor ini biasanya sangat rentan dialami oleh perempuan ketika hormon progesteron menghasilkan kadar minyak yang berlebih. Kondisi tersebut biasanya sangat rentan terjadi ketika seorang wanita sedang hamil atau mengalami siklus menstruasi.

6. Infeksi 

Anda mungkin adalah tipe orang yang sangat "gatal" untuk menyentuh kulit wajah. Mungkin kulit wajah anda memiliki banyak komedo dan tangan anda tergoda untuk memencet komedo tersebut. Hal tersebut bisa berakibat fatal pada kesehatan kulit. Kulit bisa terkena infeksi bakteri atau mengalami peradangan. Kondisi tersebut bisa semakin parah ketika tangan kita tidak bersih. Berbagai jenis bakteri yang ada di tangan akan hinggap di kulit wajah dan menyebabkan jerawat.

Cara Menghilangkan Wajah Dengan Kunyit 

Untuk menghilangkan jerawat yang membandel, anda tidak perlu pusing-pusing melakukan perawatan yang mahal. Anda bisa melakukan perawatan sendiri dirumah, dan tentu saja perawatan yang anda lakukan bisa menggunakan bahan alami yang bisa anda peroleh disekitar anda. Lalu apakah yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat? Jawabannya adalah kunyit. Kunyit adalah salah satu jenis rempah-remoah yang sangat mudah kita jumpai di dapur. Ternyata kunyit tidak hanya berguna untuk menghilangkan bekas jerawat. Berikut langkah-langkah yang dapat anda lakukank untuk menghilangkan jerawat.

  1. Persiapkan kunyit secukupka. Kupas dam parut hingga halus.
  2. Selanjutnya campurkan beberapa bahan tambahan untuk menutrisi kulit. Jika kulit anda adalah jenis kulit berminyak, anda bisa menambahkan yogurd tanpa rasa atau susu. Jika kulit anda memiliki tipe kulit yang kering anda dapat menambahkan minyak zaitun. 
  3. Campurkan bahan-bahan tersebut hungga berbentuk pasta. Jika anda malas menghaluskan kunyit secara konvensional, anda dapat memanfaatkan bubuk kunyit yang dijual dipasaran.
  4. Selain menyiapkan bahan-bahan tersebut, jangan lupa menyiapkan berbagai hal lain yang dibutuhkan, seperti air, handuk, toner dan juga kapas.
  5. Sebelumk mengaplikasikan pasta kunyit sebagai masker penghilang jerawat. Terlebih dahulu bersihkan kulit wajah dari kotoran yang menempel. Jika perlu anda dapat memanfaatkan air hangat dan juga facial foam. 
  6. Setelah memastikan wajah dalam keadaan bersih anda bisa menggunakan pasta kunyit menjadi masker. Diamkan masker tersebut selama 20 menit. Pastikan tubuh berada dalam kondisi yang rileks sehingga rasa nyaman akan membantu proses penyembuhan jerawat,
  7. Setelah didiamkan selama 20 menit. Anda bisa membersihkan masker kunyit tersebut menggunakan air dingin. Keringkan kulit anda dengan handuk bersih. Masker kunyit akan membuat warna kekuningan pada kulit anda. Untuk menghilangkan warna kuning pada kulit, anda dapat menggunakan toner untuk menghilangkan warna kuning bekas kunyit.
Itulah metode yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan jerawat. Kunyit adalah salah satu bahan alami yang dapat menghilangkan jerawat. Selamat mencoba...

BACA JUGA :
KOMENTAR

0 comments