Tuesday, 19 September 2017

12 Penyebab Utama Jerawat Tidak Sembuh dan Sering Muncul

Jerawat sering muncul pada umur 14-20 tahun. Kenapa harus umur segitu? Kenapa tidak umur 30 tahun ke atas, atau 10 tahun kebawah? Inilah jawabannya, karena pada saat tubuh kita sedang menuju proses hormon menuju kedewasaan, yang berkaitan dengan system repoduksi.
Akibat produksi hormon yang salah dan berlebihan pada tubuh akhirnya mengakibatkan jerawat pada wajah. Jerawat adalah salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri yang mengakibatkan peradangan pada kulit khususnya pada wajah.

Yang menjadi pertanyaan banyak orang kenapa setiap kali kita berniat untuk meyembuhkan jerawat tapi tak kunjung juga sembuh.

Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang 12 Penyebab Utama Jerawat Tidak Sembuh dan Sering Muncul. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Mencuci Wajah dengan Air Hangat Mampu Menghilangkan Jerawat

12 Penyebab Utama Jerawat Tidak Sembuh dan Sering Muncul

Jangan sering memegang wajah dengan tangan telanjang, apalagi anda tidak tahu apakah tangan anda sudah bersih atau belum.

Rasanya memang gatal dan ingin sekali kita menggaruknya bahkan ingin memencet isi jerawat tersebut. Tapi tahukah anda itu adalah cara yang sangat tidak disarankan. 
Apabila anda sering memencet jerawat maka kulit wajah anda akan luka, dan bisa menimbulkan bekas jerawat bahkan bopeng.

Bakteri yang menempel pada wajah saat anda memencet jerawat itulah yang menyebabkan jerawat tak kunjung sembuh, bahkan akan selalu muncul lagi, dan lagi.
Salah satu penyebab timbulnya jerawat adalah tidak keluarnya racun pada tubuh kita. Kita harus mengeluarkan racun yang terdapat pada tubuh kita dengan cara berolahraga.

Tidak harus berolahraga dengan cara berat-berat, cukup anda joging, push up, sit up setiap hari, agar mengelarkan keringat.
Untuk mengatasi kulit kepala yang berminyak, pilihlah shampoo dan kondisioner yang mengandung asam salisilat. Karena kandungan tersebut banyak dipakai untuk berbagai produk kecantikan.

Terutama mengatasi kulit berminyak dan juga masalah jerawat, karena bisa mengangkat sel kulit mati dengan mudah.

4. Faktor Cuaca

Cuaca yang berdebu atau polusi saat anda berkendara inilah salah satu faktor penyebab jerawat sering muncul. Karena jika anda tergolong orang yang malas untuk membersihkan wajah, maka jerawat diwajah anda akan selalu tumbuh.

5. Pola Makan dan Gaya Hidup Tidak Sehat

Pola tdur yang tidak teratur, dan sering mengkonsumsi makanan bermiyak adalah salah satu penyebab timbulnya jerawat diwajah. Pengaruh makanan terhadap terjadinya jerawat masih diperdebatkan.

Namun sangat disarankan anda untuk menjauhi makanan yang bersifat junkfood, makanan yang mengandung gula tinggi.
Tidak hanya junkfood, kafein, alkohol, susu juga penyebab selalu timbulnya jerawat jika anda mengkonsumsi terlalu sering.

Jika anda terlalu banyak minum kafein, tubuh cenderung lebih banyak memiliki energi dan kesulitan untuk tidur. Ini menyebabkan mekanisme pembuangan racun dimalam hari terganggu dan memicu darah kotor dan munculnya jerawat

Sebenarnya tidak ada yang salah jika anda mengkonsumsi gula. Namun, jika anda mengkonsumsinya berlebihan maka menyebabkan jerawat diwajah anda.

Bahkan susu juga menjadi salah satu penyebab jerawat, karena susu mengandung lemak yang tinggi yang dapat memicu timbulnya jerawat.

BACA JUGA: 10 Makanan Pencegah Jerawat di Wajah Yang Perlu Diketahui

6. Faktor Keturunan

Apabila keluarga anda memiliki kulit wajah yang berjerawat, otomatis anda juga memiliki kulit yang sama. Nah, kulit yang berminyak ini dapat dengan cepat menimbulkan jerawat diwajah.

7. Penggunaan Kosmetik

Faktanya, jenis kosmetik yang lebih mengakibatkan timbulnya jerawat adalah jenis kosmetik perawatan, seperti cream wajah, sabun pembersih, dan sabun muka pun lelaki suka memakainya.

Mengapa kosmetik perawatan menjadi penyebab jerawat? Karena alergi kandungan kosmetik akan menyebabkan jerawat, iritasi, gatal, muka merah, bahkan kulit terkelupas dan merusak jaringan kulit.

8. Perubahan Hormon

Ketidakseimbangan hormon ini umumnya terjadi saat mengalami pubertas, masa kehamilan, saat menstrusi, dan saat stress berkepanjangan. Akibatnya pori-pori diwajah tersumbat secara tidak terkendali dan menyebabkan munculnya jerawat.

9. Malas Membersihkan Sel Kulit Mati

Setiap manusia akan meregenerasi sel-sel yang telah mati. Kulit  kusam merupakan indikasi kalo wajah kamu banyak sel kulit mati yang tidak kamu bersihkan.

Jika hal ini dibiarkan terus-menerus pori-pori pada kulit wajah akan tersumbat, bukan hanya itu saja pembetukan sel muda juga terhambat.
Akibatnya, wajah akan timbul noda hitam dan jika berkolaborasi dengan bakteri maka akan timbul radang serius diwajah.

10. Malas Membersihkan Wajah

Dengan membasuh wajah dapat memberikan efek wajah yang bersinar dan rileks. Menurut peneliti dari Universitas Alexsandria, Dr. Musthafa Syahatah seorang dekan Fakultas THT menegaskan Membasuh wajah sebelum tidur memiliki kuman yang lebih sedikit daripada tidak membasuh muka.
Jika sang ahli saja berkata begitu, masa kamu gak mau melakukannya? Selain itu, air yang dibasuhkan di wajah akan membuat wajah seakan-akan melakukan pemijatan secara alami, sehingga wajah akan tampak rileks dan membantu peremajaan kulit.

Nah jika kamu mempunyai wajah berminyak jangan lupa dibersihkan ya, tapi jangan terlalu sering.

11. Menggunakan Minyak Rambut

Minyak rambut Banyak jenisnya ada yang berbentuk gel dan ada yang berbentuk cairan minyak nah jika sobat salah memilih produk ini. hasilnya wajah sobat kemungkinan besar berjerawat. Pilihlah minyak rambut berbentuk gel jika kulit sobat banyak minyaknya.

12. Terlalu Sering Bercermin

Terlalu sering ngaca bisa memicu jerawat lo sob, walaupun tidak ada penelitian secara langsung namun Jika sobat punya jerawat banyak dan sering ngaca efeknya sobat akan merasa setres " Kok jerawatku jadi tambah banyak ya, kok jerawatku belum sembuh-sembuh sih bikin setres aja ".
Nah jika hal itu terjadi pada sobat jangan sering-sering ya mengaca, walaupun mengaca itu baik untuk melihat keadaan wajah tapi yang namanya berlebihan itu jadi tidak baik.

Itulah penyebab utama jerawat tidak sembuh dan sering muncul, mulailah hidup sehat dengan banyak mengkonsumsi sayur dan buah, jangan malas juga untuk membersihkan wajah sebelum tidur. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA:
KOMENTAR

1 comments: