Thursday, 24 August 2017

12 Penyebab Utama Timbulnya Jerawat pada Pria

Jerawat sering menjadi masalah dan menyerang banyak orang baik pria maupun wanita, jerawat terjadi akibat produksi minyak yang berlebih sehingga menyebabkan sumbatan pada pori-pori wajah yang pada akhirnya dapat menyebabkan inflamasi atau peradangan pada lapisan kulit wajah.


Jerawat sering terjadi pada pria karena pria memiliki kulit yang lebih berminyak daripada wanita. Meskipun jerawat bukanlah penyakit mematikan, tetapi jerawat bisa membuat stress pada individu.

Sekitar 17 juta orang dewasa di Amerika Serikat yang memiliki jerawat, 25% di antaranya adalah laki-laki. Jerawat juga timbul setelah anda memasuki masa pubertas.

12 Penyebab Utama Timbulnya Jerawat pada Pria

12 penyebab utama timbulnya jerawat pada pria ini bisa menjadi pebandingan betapa berbedanya antara timbulnya jerawat pada pria dan wanita.

1. Merokok


Sangat bahaya apabila anda merokok setiap hari, bukan perokok aktif saja perokok pasif pun akan terkena dampaknya. Mulai sekarang anda harus menghindari bahkan berhenti merokok agar tidak menimbulkan bahaya di tubuh.

Apakah anda tahu di dalam rokok itu terdapat kandungan apa saja? Di dalam rokok itu terdapat kandungan nikotin yang berbahaya sekali untuk tubuh. Anda bisa terserang penyakit kronis, seperti penyakit paru-paru, serangan jantung, hipertensi, sesak nafas dan lain-lain.

Faktor jerawat pada pria adalah merokok, sebagaian wanita pasti juga ada yang merokok, sebaiknya anda sebagai wanita di hindari yang namanya rokok karena dapat mengakibatkan kehamilan anda akan terganggu.

Jerawat inilah yang bisa membuat anda stress, merokok mengakibatkan jerawat anda semakin banyak. Mulai sekarang jauhilah rokok, rokok bisa membuat kalian merasa rugi nantinya.

2. Kulit Telanjang


Pria memang sangatlah berbeda dengan wanita, pria tidak terlalu peduli dengan warna kulit nya. Sebagian pria tidak pernah memperhatikan bagaimana kulitnya terbakar. Namun membiarkan kulit telanjang dan terpancar sinar matahari secara langsung bukanlah tindakan yang bijak bagi seorang pria.

Dengan anda berada di bawah sinar matahari secara langsung akan membuat wajahmu mengaktifkan perlindungan alaminya dengan membuka pori-pori dan memproduksi minyak lebih banyak untuk mengelurkan panas dan melindungi wajahmu.

Nah, kulit yang berminyak akan lebih mudah timbulnya jerawat, apalagi anda sedang berada di luar ruangan yang penuh dengan polutan dan radikal bebas.

3. Kafein


Sebagian pria pasti sangat menyukai produk yang mengandung kafein, Makanan yang mengandung kafein yaitu coklat, teh, kopi, soda pun juga juga minuman energi jika anda konsumsi secara berlebihan maka akan mendampakan kurang baik untuk tubuh.

Kafein juga juga dapat mengakibatkan kelenjar adrenalin untuk melepaskan hormon menjadi stress, dan stress dalam seseorang akan meningkat dan akan menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah.

4. Begadang


Kebiasaan begadang dengan kerabat sekolah, kampus, atapun kerja sampai berlarut-larut di tempat nongkrong anak muda sekarang ataupun di warung kopi. Waktu yang baik untuk tidur ialah tepat pukul 22:00 sampai 05:00, pada saat itu kulit beregenerasi dengan maksimal, melepaskan sel kulit mati pada wajah dan memperbaruinya dengan sel kulit yang segar dan sehat.

Tubuhmu sangat membutuhkan banyak tenaga untuk memperbaki dan meregenerasi kulit di malam hari, kulit hanya bisa bergenerasi apabila tubuh terhidrasi dengan baik, maka dari itu cukupilah tubuh anda dengan air mineral.

Tidak hanya kulit yang bekerja di malam hari, ginjal, hati dan organ lannya pun juga sama untuk bisa bertahan. Oleh karena itu tidur menjadi komponen yang sangat penting dalam hidupmu, untuk kesehatan dan wajah bebas dari jerawat.

BACA JUGA: Inilah 7 Jenis Jerawat yang Perlu Diketahui dan Cara Mengatasinya

5. Stress


Stress memang bisa di alami oleh wanita ataupun pria, tetap saja ada perbedaan yang signifikan antara stress yang di alami pria dan wanita. Ketika seorang wanita stress ia cenderung mencari teman untuk menceritakan perosalan yang sedang ia alami agar mendapat solusi terbaiknya bagaimana.

Namun beda hal nya apabila pria mengalami stress, mereka cenderung memendamnya. Sehingga pria tidak benar-benar pernah menyelasaikan permasalahan yang ia alami. Oleh karena itu tidak heran ketika pria memiliki jerawat pada wajah.

6. Kekurangan Zinc 


Keberadaan zinc dalam tubuh dapat berfungsi untuk mencegah dan mempercepat proses penyembuhan pada jerawat yang meradang. Oleh karena itu, kekurangan asupan zinc dapat membuat wajah anda rentan dari serangan jerawat.

Jika anda memiliki masalah jerawat yang tak kunjung usai, mungkin kebiasaan ini bisa menjadi alasan rentannya wajah anda terhadap jerawat. Untuk itu, kurangi kebiasaan onani dan cukupi asupan zinc dalam tubuh dengan mengkonsumsi makanan seperti, daging, kepiting, telur, ikan, jamur, dan lain-lain.

BACA JUGA: 10 Cara Jitu Menghilangkan Bekas Jerawat di Wajah 

7. Brewok, Kumis, dan Jenggot


Manfaat memiliki brewok, kumis, dan jenggot adalah bisa menimbulkan bumerang bagi wajah, jika anda tidak memperhatikan kondisi kebersihannya jerawat pun akan timbul diwajah anda. Sebaiknya, jangan anda biarkan brewok, kumis, dan jenggot tumbuh terlalu panjang karena akan sulit untuk dibersihkan.

8. Polusi


Bagi pria yang senang memakai baju lengan pendek begitu juga celana nya untuk berpergian atau beraktifitas, sebaiknya anda memakai jaket untuk menutupi kulit anda di perjalanan. Faktor penyebab jerawat di muka pun di akibatkan oleh polusi. Jangan lupa memakai masker untuk terhindar dari polusi.

9. Jarang Membersihkan Wajah

Faktor utama dari munculnya jerawat adalah debu dan produksi kelenjar minyak yang berlebih, akibatnya pori-pori tersumbat dan tubuh melawan bakteri jerawat akibat debu hingga memunculkan bintik merah yang disebut dengan jerawat.
Penyebab debu dan minyak di wajah jika tidak dibersihkan maka muncullah beragam masalah pada kulit. Ada baiknya sebagai pria kamu melakukan pembersihkan pada kulit wajah sebanyak dua kali sehari pada pagi dan malam hari.

Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan kulit dan terhindar dari jerawat. Dalam memilih pembersih untuk jerawat pilihlah yang sesuai dengan jenis kulit kamu

10. Konsumsi Alkohol

Alkohol juga merupakan salah satu penyebab munculnya jerawat pada kulit wajah. Alkohol tidak hanya menimbulkan jerawat namun juga membuat pencandunya tidak sadarkan diri alias mabuk. Sekali merasakan kelezatan dari alkohol akan sangat sulit sekali untuk memberhentikannya kembali seperti semula.
Kebanyakan pecandu alkohol berakhir dengan kematian, gila atau menjalani rehabilitasi. Konsumsi alkohol sebenarnya dapat di tekan dengan memberikan penyuluhan tentang bahaya yang mengintai di balik kelezatannya.

Hindarilah alkohol terutama dengan memperhatikan lingkungan pergaulan dan juga pengaruh lingkungan pada diri Anda ataupun anak kamu jika telah menjadi orang tua.

11. Sering Memegang Wajah dengan Tangan

Penyebab munculnya jerawat di wajah adalah kebiasaan yang sering menyentuh wajah dengan tangan. Kadang kebiasaan ini tidak di sadari saja alias spontan di bawah alam sadar kamu.
Menyentuh wajah dengan tangan tidak baik karena tangan merupakan anggota tubuh yang banyak di gunakan untuk melakukan aktifitas harian. Akibatnya banyak sekali debu yang menempel pada tangan.

Saat tangan di sentuhkan pada wajah debu atau kotoran tadi menempel pada wajah dan dapat mengakibatkan pori-pori wajah tersumbat. Jadi hindari kebiasaan untuk memegang wajah karena dapat menimbulkan jerawat.

12. Banyak Berada di Luar Ruangan

Aktifitas seperti pekerjaan atau pergi kesuatu tempat melewati ruangan terbuka memungkinkan wajah lebih banyak terkena debu yang bertebaran di udara. Aktifitas ini memang tidak bisa di hindari sama sekali namun kamu perlu rutin membersihkan wajah jika lebih banyak berada di luar ruangan.
Dan aktifitas kerja yang banyak di lapangan biasanya di pilih laki-laki itu sebabnya bersihkan wajah secara teratur untuk mengurangi minyak dan kotoran yang menempel di wajah. Cara ini bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah timbulnya jerawat pada wajah kamu.

Dan saat berada di luar ruangan untuk meminimalisir debu yang bertebangan bisa menggunakan masker atau topi untuk melindungan kulit dari debu dan sinar matahari.

Itu dia beberapa penyebab utama timbulnya jerawat pada pria, Jangan pernah malu untuk menggunakan masker dan beberapa perawatan wajah yang kerap di asosiakan hanya untuk di gunaka untuk wanita. Pada dasarnya setiap orang berhak untuk mendapatkan kulit indah dan menawan, entah itu pria maupun wanita.

Jadi tidak ada salahnya bagi pria yang peduli dengan dirinya untuk memulai perawatan wajah pria terutama untuk mengatasi jerawat yang membandel.

BACA JUGA:
KOMENTAR

0 comments