Thursday, 24 November 2016

Inilah 7 Bahaya Infeksi Jerawat Meradang yang Wajib Kamu Ketahui

Pada awalnya jerawat hanya tumbuh satu, namun setelah itu bisa tumbuh cepat memenuhi wajah. Lebih sering ini karena infeksi pada jerawat, meski tidak menutup kemungkinan bisa jadi faktor hormonal yang membuat jerawat menjadi tumbuh meluas.
Pada kasus lain seperti jerawat bernanah erat kaitannya dengan infeksi pada jerawat, tentunya didahului dengan peradangan, sebelumnya akhirnya terkoleksi dengan nanah. Infeksi pada jerawat memang ada kaitannya dengan perawatan kulit bejerawat yang tidak aseptic.

Terdapat kontaminasi pada jerawat tersebut, sehingga tejadi infeksi yang ditandai dengan peradangan pada jerawat tersebut. Biasanya saat radang sedang menyerang, maka tampak begitu kemerahan yang tak lama akan berubah menjadi keputihan atau bernanah.

Namun, bisa juga radang ini menyebar keseluruh permukaan wajah, inilah yang disebut dengan infeksi pada jerawat. Sebelum kita membahas tentang bahaya infeksi pada jerawat, terlebih dahulu kita juga harus mengetahui apa saja penyebab infeksi jerawat meradang. Yuk simak dibawah ini.

BACA JUGA: 10 Merk Masker Terbaik untuk Menghilangkan Komedo

Penyebab Infeksi Jerawat

  • Jangan Menyentuh Jerawat

Janganlah menyentuh jerawat karena sama aja kita membawa bakteri yang ada ditangan kita berpindah pada wajah dan jerawat yang kita miliki. Padahal tangan kita belum tentu bersih dan bebas dari kuman dan virus.
Kondisi ini wajar karena tangan dapat memegang apapun sehingga kemungkinan terhinggapi oleh kuman atau bakteri sangatlah besar. Wajarlah tangan yang berkuman ini bisa membuat jerawat menjadi infeksi dan menyebar ke seluruh permukaan kulit.

  • Bersihkan Kulit Wajah Secara Teratur

Bakteri dan kuman sangat cepat pertumbuhannya saat permukaan wajah berkeringat dan kotor, maka segeralah anda membersihkan wajah anda menggunakan sabun pembersih wajah yang cocok dengan jenis kulit anda, agar jerawat diwajah anda tidak semakin meradang.
Apalagi ketika wajah anda sedang begitu berminyak, maka kuman ini berpesta pora didalamnya. Segera bersihkan kulit wajah anda menggunakan air yang mengalir dan sabun pembersi wajah. Bertujuan untuk mengurangi infeksi pada jerawat.

  • Perbaiki Pola Makan

Dengan anda mengkonsumsi asupan makanan bergizi, belum tentu anda akan terhindar dari infeksi pada jerawat. Tetapi setidaknya bisa menjaga daya tahan tubuh secara optimal dari sebuah infeksi. Jerawat tetaplah kompleks dan harus diatasi secara keseluruhan. 
Mulai dari kebersihan tubuh, perawatan kulit wajah yang aseptik, asupan makanan yang bergizi, dan tentu saja harus berolahraga dan hindari stress. Ini agar mekanisme hormonal dalam tubuh bisa sembang dan terjaga.

Bahaya Infeksi Jerawat!

1. Memicu Tumbuhnya Jerawat Baru

Infeksi jerawat yang menyebar dapat memicu tumbuhnya jerawat baru. Jerawat baru ini biasa nya tumbuh di area sekitar jerawat lama yang telah terinfeksi. Jika anda tidak ingin bertumbuhnya jerawat baru diwajah anda, jangan lah menyentuh jerawat diwajah.


2. Mengakibatkan Bernanah

Infeksi pada jerawat bisa megakibatkan keluarnya nanah pada jerawat. Munculnya nanah pada jerawat biasanya disertai rasa sakit dan perih. Infeksi jerawat dengan munculnya nanah ini akan semakin mengganggu penampilan anda.

3. Menimbulkan Rasa Gatal

Infeksi pada jerawat akan menyebar disekitar kulit wajah anda. Nah, dampak dari menyebar infeksi ini adalah rasa gatal yang akan kita rasakan. Langkah sederhana adalah dengan tidak menyentuhnya.

BACA JUGA: 5 Cara Mengatasi Bekas Jerawat yang Menghitam


4. Mengakibatkan Jerawat Berdarah

Salah satu infeksi jerawat yang sudah matang adalah dengan keluarnya darah. Darah yang keluar biasanya berwarna merah tua yang menandakan itu darah kotor. 

5. Meninggalkan Bekas Jerawat

Jenis jerawat apapun yang muncul diwajah anda umumnya akan meninggalkan bekas jerawat pada kulit wajah. Bekas jerawat yang ditinggalkan akan lebih kelihatan akibat luka infeksi jerawat dan berdiameter lebih luas dibanding bekas jerawat biasa.


6. Mencuci Wajah Secara Rutin

Saat anda mengalami infeksi diwajah akibat jerawat, maka akan terasa perih saat terkena air. Namun, jangan karna hal itu anda menunda untuk mencuci muka. Karena mencuci muka adalah salah satu cara membersihkan wajah dari jerawat.

7. Hindari Kosmetik

Jika anda sedang mengalami infeksi pada jerawat sebaiknya hentikan pemakaian kosmetik. Karena bahan kimia yang terdapat pada kosmetik dapat memperparah kondisi infeksi jerawat tersebut.

BACA JUGA:

Nah, itulah ulasan tentang bahaya infeksi pada jerawat meradang yang harus kamu ketahui. Apabila penjelasan diatas ada yang kurang jelas, atau anda ingin berbagi pengalaman silahkan comment dibawah ya. Semoga bermanfaat...

KOMENTAR

0 comments