Rabu, 09 November 2016

10 Cara Alami Mencegah Jerawat Batu Tumbuh di Wajah

Jerawat batu adalah jenis jerawat dengan ukuran yang besar dan biasanya muncul dari bawah kulit permukaan kulit yang lebih dalam dan cukup menyakitkan daripada jerawat biasa, sehingga seseorang dengan jerawat batu cenderung lebih resiko meninggalkan bekas jerawat berupa luka atau bopeng setelahnya.

Umumnya, jerawat sendiri terbagi 2 yaitu jerawat dan milium. Adapun beda dari kedua jenis masalah pada kulit wajah ini adalah milium memiliki ukuran bintil yang lebih besar dibandingkan dengan jerawat biasa. Milium bisanya memiliki warna yang mencolok dengan tekstur yang lebih kasar, itulah sebabnya jenis jerawat ini biasa disebut dengan jerawat batu.

Jika jerawat batu sudah muncul, biasanya kulit wajah akan terasa perih dan nyeri yang menyebar dibeberapa bagian pada wajah. Tidak hanya itu, jika milium tidak segera diobati biasanya akan merusak kulit wajah anda sehingga timbulah bopeng atau bekas jerawat yang menghitam.

Mencegah memang lebih mudah daripada mengobati, karena itu ada beberapa cara untuk mencegah jerawat batu muncul dikulit wajah anda. Yuk simak berikut ini.

BACA JUGA: 10 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Pasir Secara Alami

10 Cara Alami Mencegah Jerawat Batu Tumbuh di Wajah

1. Perhatikan Rambut

Ada beberapa bagian yang harus diperhatikan untuk mencegah tumbuhnya jerawat batu pada wajah anda. Rambut bisa menjadi salah satu faktor penyebabnya. Karena rambut yang dibiarkan terbuka saja saat anda berada diluar ruangan tentu akan ditempeli dengan debu yang bertebaran diluar. 
Karena rambut yang mengenai wajah tersebut menempel debu akibatnya debu menutupi pori-pori wajah dan munculah jerawat batu pada wajah anda.

2. Olahraga Rutin

Olahraga merupakan salah satu cara pencegahan munculnya jerawat batu pada wajaha anda. Olahraga sangat menyehatkan tubuh dan melancarkan sirkulasi darah pada tubuh. Sirkulasi yang baik menjadikan kulit tampak bercahaya dan mencegah penuaan dini. 
Anda tidak perlu melakukan olahraga yang berat-berat, cukup dengan push up, sit, up, jonggng itu sudah akan mengeluarkan keringat ditubuh anda, dan mengeluarkan bakterti yang terendap di tubuh dan wajah anda.

3. Jangan Begadang

Janganlah anda begadang. Karena, setelah seharian beaktifitas kini saatnya tubuh melakukan istirahat. Istirahat sangat penting dilaukan karena dapat membangkitkan energi anda kembali untuk esok hari. Usahakan jangan begadang dalam hal apapun, karena ini salah satu penyebab jerawat batu yang timbul diwajah anda.

4. Jangan Sering Memegang Wajah

Memegang wajah sangat dilarang, karena apakah anda tahu tangan anda itu bersih atau kotor? Tangan dilakukan untuk berbagai kegiatan seperti mengetik laporan, mengangkat barang, menghitung uang tentu sudah tidak terhitung lagi bakteri dan kotoran yang melekat pada tangan anda. 
Ini bisa menjadi penyebab jerawat batu, untu mencegahnya sebelum anda memegang wajah anda pastikan anda mencuci bersih tangan anda menggunakan sabun.

5. Hindari Stress

Stress yang tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan jerawat. Coba untuk mengendalikan stress untuk mencegah timbulnya jerawat batu pada wajah anda. Cobalah untuk tenang, jalani aktifitas anda sehari-hari tanpa beban. Karena semua tugas yang anda lakukan akan selesai juga dalam waktu yang cepat ataupun lambat.


6. Konsumsi Air Mineral

Air mineral berfungsi untuk melancarkan metabolisme dalam tubuh dan juga membantu melancarkan sistem pencernaan. Dengan anda rutin minum air mineral juga akan memberikan kelembaban alam bagi kulit sehingga kulit tidak menjadi kering dan bersisik.
Jika tubuh anda kurang minum air mineral maka akan mengalami dehidrasi sehingga kinerja organ akan terganggu. Jika dalam jangka panjang tentu sangat tidak baik dilakukan dan akan membawa efek buruk bagi kesehatan anda.


7. Gunakan Pelembab Wajah

Gunakan pelembab untuk mencegah kulit mengalami kekeringan. karena saat kulit kering kelenjar minyak pada wajah akan memproduksi minyak lebih banyak untuk menjadikan wajah lembab. Jika anda memiliki kulit wajah yang sensitif kondisi ini akan menimbulkan jerawat batu diwajah anda. 
Karena itu dianjurkan setelah melakukan pembersihan wajah jangan lupa untuk memakai pelembab wajah. Gunakan pelembab wajah yang cocok dengan kulit anda, agar tidak salah pemakaian dan tidak mengakibatkan wajah anda tidak karuan nantinya akibat salah dalam memilih pelembab wajah. 


8. Rutin Bersihkan Wajah

Membersihkan wajah dengan sabun muka dilakukan sebanyak 2 sampai 3 kali dalam sehari. Membersihkan wajah bisa dilakukan dengan tujuan menghilagkan minyak, kotoran, dan debu yang melekat pada wajah untuk mencegah timbulnya jerawat batu.

9. Pola Makan

Janganlah mengonsumsi makanan yang berlemak, mengandung gula tiggi, dan makanan cepat saji (junkfood). Karena jenis makanan itu akan menimbulkan jerawat batu diwajah anda. Mulai beralihlah dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang banyak khasiat dan vitaminnya yang mampu mencegah wajah anda ditumbuhi oleh jerawat.

10. Jangan Make Up Berlebihan

Apakah anda tahu dengan memakai make up yang terlalu tebal justru akan menjadikan kulit sulit untuk bernafas karena tertutup dengan foundation dan bedak tebal yang anda gunakan. Jika itu terjadi setiap hari akan bisa menimbulkan jerawat batu pada wajah anda.
Karena itu banyak ahli yang menyaankan untuk menggunakan make up yang tidak berlebihan sehingga anda masih tampak natural untuk dipandang.

BACA JUGA: 
Itulah ulasan tentang cara alami mencegah jerawat batu tumbuh diwajah. Apabila anda ingin sharing pengalaman jangan sungkan untuk comment dibawah ya. Semoga bermanfaat...

1 komentar so far


EmoticonEmoticon