Friday, 18 November 2016

5 Cara Mencegah Bekas Jerawat agar Tidak Muncul di Wajah

Bekas jerawat yang ditimbulkan pada saat jerawat hilang sebenarnya adalah proses penyembuhan dan perbaikan pada jaringan kulit. Selama proses ini berlangsung kulit akan memproduksi kolagen yakni sebuah zat yang berfungsi untuk memperbaiki jaringan kulit.
Kelebihan produksi kolagen ini pada kulit dapat mengakibatkan kulit menjadi terangkat dan menimbulkan efek bintik-bintik hitam. Sedangan saat terjadi kekurangan kolagen maka kulit wajah akan menjadi berlubang(bopeng). Sehingga kelebihan atau kekuragan kolagen pada saat perbaikan jaringan kulit ternyata menjadi masalah.

BACA JUGA: Cara Mencegah Agar Wajah Tidak Bopeng Setelah Berjerawat

Bekas jerawat sebenarnya dapat hilang beberapa bulan semenjak jerawat sembuh. Namun, kita dapat mempercepat penyembuhan dengan berbagai cara, ada yang memakai obat-obatan dan juga ada yang menggunakan cara alami.

Tetapi tenang saja, Adajerawat.com akan memberi tahu bagaimana cara agar bekas jerawat tidak muncul diwajah anda. Yuk simak penjelasannya dibawah ini.

5 Cara Mencegah Bekas Jerawat agar Tidak Muncul di Wajah

1. Perhatikan Kebersihan Jerawat

Selain anda membersihkan wajah menggunakan facial wash, anda juga harus memperhatikan kebersihan diarea sekitar jerawat anda. Misalnya rambut dan juga tangan anda. Anda harus memastikan bahwa tangan dan rambut selalu dalam keadaan bersih.
Jika tidak bersih maka bakteri, debu, virus, serta polusi yang terbawa akan menempel pada jerawat. Dengan hal seperti inilah yang dapat memicu timbulnya bekas jerawat diwajah anda.

2. Hindari Pancaran Sinar Matahari

Cara mencegah bekas jerawat selanjutnya adalah anda harus menghindari pancaran langsung sinar matahari. Karena sinar matahari ini dapat menyebabkan keringat diwajah dan keringat yang muncul juga dapat memicu pertumbuhan serta peradangan jerawat diwajah. 
Apabila keringat diwajah anda tidak segera dibersihkan, maka bakteri dan kulit juga akan tinggal lalu menyebabkan infeksi pada kulit wajah.

3. Jangan Memencet Jerawat

Bukan jalan pintas memencet jerawat dengan tangan kosong agar jerawat diwajah menghilang. Padahal sebenarnya cara seperti ini adalah cara paling mudah jerawat untuk meninggalkan jejaknya. Selain itu, kondisi tangan yang tidak higienis membuat bakteri berpindah secara cepat dan jerawat anda akan kian mneyebar.
Apabila anda ingin memencet jerawat tanpa meinggalkan bekas, ada teknik yang perlu diketahui sebelumnya. Terlebih dahulu anda harus mengetahui bhawa jerawat diwajah sudah mengering. Untuk mempercepat proses pengeringan anda bisa mengkompresnya menggunakan tea tree oil. 

4. Rutih Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah adalah hal yang sangat wajib dilakukan bagi anda yang memiliki wajah berjerawat dan tidak ingin memiliki bekas jerawat juga setelah jerawat sembuh. Bersihkan wajah menggunakan facial wash yang sesuai dengan jenis kulit wajah anda.
Cara ini cukup membantu untuk membersihkan debu serta kotoran yang menempel selama anda beraktivitas.

BACA JUGA: Inilah 7 Macam Jenis Bekas Jerawat yang Wajib Kamu Ketahui

5. Menggunakan Obat dari Bahan Alami

Dengan anda rutin membersihkan wajah, anda juga bisa memakai obat jerawat sebagai upaya selanjutnya. Selain obat jerawat, gunakan juga bahan alami untuk mengempeskan jerawat dan menghilangkan bekasnya.
Banyak sekali bahan alami yang dapat anda gunakan sebagai metode pengobatan untuk jerawat diwajah anda. Salah satu bahan alami yang memiliki segudang khasiat adalah madu.

BACA JUGA:

Itulah ulasan singkat tentang cara mencegah bekas jerawat agar tidak muncul di wajah yang dapat kalian terapkan dikehidupan sehari-hari, agar apabila jerawat diwajah anda sudah sembuh tidak menimbulkan bekas jerawat selanjutnya.

Apabila dari penjelasan diatas ada yang kurang jelas atau anda ingin berbagi pengalaman silahkan comment dibawah ya gais. Semoga bermanfaat...
KOMENTAR

0 comments