Tuesday, 15 November 2016

7 Cara Mencegah Jerawat pada Ibu Hamil Secara Alami

Wanita yang sedang hamil tentunya akan mengalami perubahan dibeberapa bagian tubuhnya. Tidak hanya itu saja karena perubahan didalam tubuh pun juga akan terjadi. Ada beberapa perubahan yang sedikit kurang menyenangkan dan sepertinya akan sangat mengganggu penampilan anda sehari-hari. Salah satunya adalah jerawat.

Apasih Penyebab Jerawat pada Saat Hamil?

Penyebab utama timbulnya jerawat pada saat hamil adalaha adanya tidak keseimbanagan hormonal. Hormon kehamilan dapat menyebabkan sejumlah masalah kulit, termasuk jerawat, gatal-gatal, dan kulit gelap. Biasanya pada trimester pertama masa kehamilan atau sekitar minggu keenam, kadar hormon akan mencapai tingkat tertingginya.

Diketahui bahwa hormon yang paling banyak mengalami lonjakan adalah hormon progesteron yang akan menjadikan kelenjar minyak ini memproduksi banyak minyak dan dapat menimbulkan jerawat. Karena minyak yang berlebih dapat menyumbat pori-pori diwajah anda, sehingga bakteri yang ada dipori-pori wajah akan menyebabkan infeksi sehingga timbulah jerawat.

Pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang cara mencegah jerawat pada ibu hamil secara alami, yuk simak dibawah ini.


7 Cara Mencegah Jearwat pada Ibu Hamil Secara Alami

1. Rutin Mencuci Wajah

Cara yang paling mudah dan praktis untuk meminimalisir pertumbuhan jerawat diwajah adalah dengan cara menjaga kesebersihan diri sendiri. Jerawat muncul karena pori-pori kulit yang membuka dan mengeluarkan minyak dan serta keringat. Ketika seseorag sedang hamil, anda akan lebih mudah terasa gerah sehingga keringat pun juga akan lebih mudah muncul.
Dengan itu anda bisa mengantisipasinya dengan cara mencuci wajah anda menggunakan facial wash yang sesuai dengan jenis kulit wajah anda. Dipastikan juga anda jangan terlalu sering mencuci wajah, cukup 2 kali sehari saja. Karena akan membuat wajah anda kering dan menumpuknya sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

2. Mengikat Rambut

Ketika anda sedang hamil, ibu hamil sangat mudah kegerahan, dan keringat bisa menetes dari rambut dan menmpel diwajah. Hal inilah yang bisa menyumbat pori-pori. Bahkan rambut yang terkena keringat dan debu bisa menyakiti jerawat yang sudah ada sebelumnya dan membuatnya semakin meradang. 
Jika anda yang sedang mengandung tidak mau mengalami hal seperti ini, mulai sekarang seringlah untuk mengikat rambut anda atau memotongnya sampai pendek agar tidak mudaj gerah. 

3. Rutin Mengganti Sarung Bantal

Kotoran, debu, serta polusi bisa menjad penyebab jwrawat baru tumbuh diwajah cantik anda. Kotoran yang menempel diwajah anda bisa menutup pori-pori kulit dan menghasilkan jerawat. Selaim debu dan kotoran yang terbawa dari angin, mereka juga bisa menempel di sprei, sarung bantal, guling, bahkan selimut.
Oleh sebab itu, sebaiknya ganti semuanya secara rutin. Karena ketika sedang tidur malam, wajah dengan mudah bergesekan dengan kain sprei sehingga hal ini memperparah atau bahkan menimulkan jerawat baru diwajah anda.


4. Rutin Minum Air Putih

Salah satu cara mencegah timbulnya jerawat pada wajah adalah dengan cara meminum air putih secara rutin. Usahakan untuk selalu memenuhi kebutuhan air putih tiap harinya dan minum sampai 6 hingga 8 gelas per hari. 
Selain air putih, anda juga bisa mengkonsumsi buah dan sayur sehat yang mengandung banyak vitamin baik yang beguna untuk menunjang kesehatan kulit. Misalnya vitamin A yang terkandung pada tomat dan wortel, ikan laut dan vitamin E dari kacang hijau, minyak zaitun, dan biji bunga matahari. 

Selain permasalahan jerawat yang bisa teratasi, mengkonsuimsi buah dan sayur sehat tentu juga aan berpengaruh baik untuk janin yang didalam tubuh anda.


5. Jangan Sering Memegang Wajah

Janganlah sering memegang wajah anda dengan tangan telanjang, karena jari-jari tangan anda merupakan tempat berkumpulnya debu dan kotoran. Tanpa sadar, kuman dan kotoran mudah berpindah dari barang-barang yang kita pegang ke wajah. 
Tidak mencuci tangan dengan sabun antiseptik dan langsung memegang wajah bisa menjadi penyebab utama jerawat tumbuh diwajah anda. Dengan itu pastikan anda tidak memegang wajah anda dengan tangan kotor. Bila ingin memegang wajah pastikan tangan anda sudah bersih dahulu.

6. Rutin Mengkonsumi Makanan yang Mengandung B6

Vitamin B6 memang sangat ampuh untu menutrisi kulit anda. vitamin B6 yang biasa disebut peidoksin ini bisa membantu mengurangi peradangan pada jerawat. Anda bisa mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B6.
Vitamin B6 biasanya terkandung pada beras, pisang, telur ayam, daging, kentang, dan brokoli. 


7. Senam Ibu Hamil

Senam ibu hamil sangat dianjurkan. Karena dengan secara berkala mengikuti kelas ibu hamil maupun melakukan olaharaga akan membuat sirkulasi darah tetap lancar. Dengan ini membuat pori-pori kulit anda tidak tersumbat sehingga segera terbebas dari jerawat.

BACA JUGA:
Itulah 7 cara mencegah jerawat pada ibu hamil secara alami, apabila ada yang kurang jelas atau kalian inginberbagi pengalaman silahkan coment dibawah ya. Semoga bermanfaat...

KOMENTAR

0 comments