Tuesday, 22 November 2016

5 Cara Mengatasi Jerawat Merah pada Wajah

Jerawat memang merupakan permasalahan yang sangat mengganggu kegiatan sehari-hari. Selain rasa sakit yang ditimbulkan, jerawat juga sangat terlihat keberadaannya dikulit wajah yakni berwarna merah dan kadang juga bengkak bahkan bernanah.
Hal seperti ini tentunya kan berdampak psikologis dimana seseorang menjadi tidak percaya diri akibat hadirnya si tonjolan merah ini diwajah. Berbagai cara untuk mengatasi jerawat sudah ditempuh. Dari menggunakan bahan kimia, sampai menggunakan bahan herbal. Nah bagaimanakah cara menghilangkan jerawat merah pada wajah?

BACA JUGA: Cara Cepat Menghilangkan Jerawat dengan Es Batu dalam Semalam

Kenapa sih Jerawat Memerah?

Kemerahan pada jerawat diakibatkan bukan karena luka, dilainkan karena peradangan pada jerawat. Kemerahan pada jerawat diawali ketika sebum berlebih melewati dinding folikel. Dalam pori-pori, sebelum bercampur dengan sel kulit mati, menyebabkan penyumbatan pori-pori.

Hal ini memungkinkan bakteri jerawat berpopulasi dan radikal bebas merusak jaringan yang menyebabkan peradangan dan kemerahan. Jika infeksi tidak berkembang, kemerahan akan hilang dengan sendirinya. Namun, jika warna merah tidak berubah setelah setahun, kemungkinan itu adalah luka bekas jerawat.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasi Jerawat Merah pada Wajah?

1. Menggunakan Make Up

Dengan anda menggunakan make up diwajah juga membantu untuk mengatasi jerawat merah untuk sementara waktu. Namun, agar kondisi jerawat tidak semakin parah gunakanlah jenis kosmetik yang cocok dengan jenis kulit wajah anda.

2. Menggunakan Pelembab

Ada baiknya setelah anda mencuci wajah dengan menggunakan sabun pemberish, anda juga harus mengaplikasikannya menggunakan pelembab. Mengapa? Ya, karena pelembab berfungsi untuk melembbakan kulit sehingga mencegah kulit menjadi kering. 
Menggunakan pelembab sangat penting karena kulit yang kering akan memicu poduksi kelenjar minyak berlebih pada kulit wajah. Justru kondisi jerawat akan semakin parah dan memerah. Pastikan anda membeli pelembab wajah yang berfungsi untuk mengurangi kemerahan pada wajah.


3. Menggunakan Es Batu

Es batu juga dapat mengtasi jerawat merah pada wajah dan cara ini adalah cara yang paling alami yang dapat kalian coba dirumah.
    • Bersihkan wajah anda terlebih dahulu
    • Siapkan es batu secukupnya
    • Lalu oleskan pada seluruh wajah terutama wajah yang ditumbuhi oleh jerawat
    • Diamkan sekitar selama 30 menit
    • Kemudian bilas wajah anda menggunakan air hangat

4. Menggunakan Pasta Gigi

Ya, pasta gigi sudah dipercaya sejak lama akan kemampuannya untuk mengatasi jerawat merah pada wajah. Namun, tidak semua merk pasta gigi dapat digunakan untuk megatasi jerawat merah. Pasta gigi yang dapat mengatasi jerawat merah adalah pasta gigi yang tidak mengandung mint dan flouride. 
Karena kedua bahan tersebut justru membuat kulit wajah menjadi iritasi dan jerawat menjadi semakin banyak. Pasta gigi tanpa mint dan flouride baik untuk mengatasi jerawat karena mengandung senyawa bernama silica.

5. Menggunakan Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung senyawa asam yang dapat mengurangi kemerahan pada kulit wajah. Jeruk nipis juga mengandung vitamin C yang membantu peremajaan sel-sel kulit dan melarutkan kandungan lemak pada jerawat merah.

    • Bersihkan wajah anda terlebih dahulu
    • Siapkan 1 buah jeruk nipis yang masih segar, peras dan ambil airnya
    • Setelah itu oleskan air perasan jeruk nipis pada seluruh wajah anda yang berjerawat
    • Diamkan sekitar selama 15-20 menit
    • Kemudian bilas wajah anda menggunakan air hangat

BACA JUGA:
Nah, itulah ulasan singkat tentang cara mengatasi jerawat merah pada wajah yang dapat kalian coba dirumah agar wajah mulus kalian kembali lagi. Apabila ada penjelasan diatas yang kurang jelas atau anda ingin berbagi pengalaman silahkan comment dibawah ya gais. Selamat mencoba, semoga bermanfaat...
KOMENTAR

0 comments