Friday, 22 September 2017

Debu Menyebabkan Jerawat di Wajah! Inilah Penjelasannya

Masalah kulit yang paling sering terjadi adalah jerawat. Kulit berjerawat bisa diakibatkan oleh kulit yang berminyak. jenis kulit wajah terbagi menjadi 4, yakni kulit berminyak, kulit kering, kulit normal, dan kulit sensitif.
Jenis kulit berminyaklah yang sangat mudah terkena jerawat. Jerawat dikulit wajahlah yang banyak menjadi masalah. Mengapa menjadi masalah? Karena kulit wajah lah yang sering dilihat oleh banyak orang, dan tumbuhnya jerawat diwajah membuat menurunnya kepercayaan diri seseorang.

Jerawat akan menyebabkan kantung seperti gelembung yang berisi nanah dan darah. Dengan adanya kantung seperti itu diwajah maka akan merasakan sakit.

Kulit wajah pun sering berjerawat karena banyaknya debu, polusi kendaraan yang akan langsung menempel pada kulit wajah.

BACA JUGA:  4 Manfaat Kolagen untuk Mencegah Jerawat dan Penuaan Dini

Apasih Penyebab Jerawat?

Penyebab jerawat dikulit yang akan menimbulkan benjolan merah yang berisi nanah dan darah pada kulit bisa terjadi karena ada faktor dan penyebabnya. Tidak mungkin ia muncul tanpa adanya faktor yang terselubung. Berikut ini adalah faktor penyebab jerawat.

Infeksi pada kulit juga dapat menjadi faktor penyebab timbulnya jerawat pada wajah. Karena bakteri ada dimana-dimana, dan bakteri dapat menginfeksi kulit jika dalam keadaan kotor. Kondisi kulit yang kotor bisa disebabkan oleh debu.

Penyebab jerawat berikutnya adalah pola makan. Jenis makanan yang sering dikonsumsi setiap hari ternyata bisa menjadi penyebab jerawat dikulit wajah.

Hindari makanan yang banyak megandung minyak, karena makanan yang banyak mengandung minyak dapat membuat jerawat diwajah anda akan semakin meradang.

Lebih baik beralih dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Selain mengkonsumsi makanan yang bergizi anda juga harus mengonsumsi rutin buah-buahan dan sayuran. Karena akan membuat jerawat diwajah anda kan memudar bahkan menghilang.

Selain debu dan makanan, stress fikiran atau stress dalam peerjaan juga menjadi faktor penyebab jerawat pada wajah anda. Untuk menghindari hadirnya jerawat, anda harus menghindari stress yang berkepanjangan.

Dalam pemilihan kosmetik tidak boleh sembarangan, karena dapat menyebabkan jerawat pada wajah anda. Plihlah kosmetik yang cocok untuk jenis kulit wajah anda. Dan jangan gonta-ganti kosmetik karena akan memperburuk jerawat yang sudah ada.

Cara Mengatasi Jerawat Akibat Debu

1. Menggunakan Masker

Masker merupakan salah satu bahan yang sangat efektif untuk mrncegah menempelnya debu di wajah anda. Dengan anda menggunakan debu, itu artinya anda dapat meminimalisir debu yang menempel pada wajah anda.
Karena debu yang menempel pada wajah akan menimbulkan jerawat. Oleh karena tu usahaan bagi anda yang memiliki kulit sensitif untuk menggunakan masker sebagai perlindungan pertama dari wajah terhadap debu.

2. Rutin Membersihkan Wajah

Cara selanjutnya untuk mencegah munculnya jerawat adalah dengan cara rutin membersihkan wajah dengan menggunakan sabun wajah yang cocok dengan jenis kulit anda. Dengan menggunakan sabun wajah membuat wajah anda akan semakin bersih dan bebas dari bakteri.
Debu yang menyebabkan jerawat pun akan akan hilang dengan begitu wajah anda akan menjadi bersih dan terhindar dari serangan jerawat.


3. Penggunaan Make Up

Janganlah terlalu sering menggunakan make up untuk keseharian anda. Karena jika menggunakan make up yang berkualitas buruk akan terasa lengket dikulit wajha anda. Kualitas buruk dan lengket inilah yang menyebabkan banyaknya debu yang menempel diwajah anda.
Mungkin anda tidak menyadari, namun ternyata dengan banyaknya debu yang menempel pada wajah anda, hal ini pasti akan menyebabkan timbulnya jerawat diwajah.

4. Konsumsi Makanan Bergizi

Cara yang terakhir untuk mencegah timbulnya jerawat diwajah adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan makanan yang sehat. Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan dan juga antibakteri, yakni buah-buahan yang mengandung vitamin C.

BACA JUGA:
Nah, itulah ulasan tentang debu dapat menyebabkan jerawat diwajah anda. Tips ini agar wajah kalian tetap bersih dan terbebas dari jerawat. Apabila penjelasan diatas kurang jelas, atau anda ingin berbagi pengalaman silahkan comment dibawah ya gais. Semoga bermanfaat...
KOMENTAR

0 comments