Friday, 11 November 2016

Inilah 7 Macam Jenis Bekas Jerawat yang Wajib Anda Ketahui

Jika anda melalukan penanganan yang salah sangat tidak mungkin bekas jerawat yang terdapat diwajah anda justru akan semakin parah. Entah dengan flek hitam yang melebar maupun parut yang kian dalam.
Bahkan penanganan yang salah akan membuat bekas jerawat betah tinggal diwajah anda selamanya. Bekas jerawat cenderung dikaitkan dengan respon peradangan individual. Pada umumya bekas jerawat dibagi menjadi 2 kategori, yaitu:
    • Atrofi, yang disebabkan oleh jaringan
    • Hypertrophic, yang disebabkan oleh kelebihan jaringan
Bekas jerawat datang dalam berbagai bentuk, ukuran, bahkan warna. Setiap jenis bekas jerawat memiliki karakteristik dan fitur yang unik. Untuk mengetahui apa saja macam-macam bekas jerawat, kali ini Adajerawat.com akan megulasnya. Yuk simak dibawah ini.

BACA JUGA: 7 Cara Alami Menghilangkan Bopeng pada Wajah


Inilah 7 Macam Jenis Bekas Jerawat yang Wajib Anda Ketahui

1. Boxcar

Bekas jerawat boxcar adalah luka sudut dengan sisi vertikal yang tajam, dan mirip dengan bekas luka yang ditinggalkan oleh cacar air. Bekas ini bisa berbentuk dangkal atau dalam yang biasa kita sebut adalah (bopeng pada wajah).
Karena bentuknya dengan tepi yang curam, bekas seperti ini lebih sulit untuk dihaluskan. Ketika peradangan karena jerawat menghancurkan kolagen kulit, maka jaringan kulit akan hilang. 

2. Ice Pick

Bekas jerawat ice pick ini adalah merupakan bekas luka yang dalam dan sempit. Bekas luka ice pick ini menyerupai pori-pori yang kosong dan besar dikulit. Bekas jerawat ini biasanya berukuran kuarang dari 2 mm. 
Bekas jerawat ice pick kadang membentuk penampilan kulit yang tertusuk dan merupakan bekas yang meluas ke dermis. Ice pick berkembang setelah kulit mengalami perdangan dan infeksi dari jerawat batu dan radang kulit yang berada dipermukaan kulit sehingga jaringan kulit hancur.

3. Keloid

Bekas jerawat keloid adalah luka pada jaringan parut yang mengalami peradangan yang berlebihan. Ketika jaringan parut terbentuk secara berlebihan, jaringan tersebut akan membentuk nodula yang padat berisi disebut keloid. 
Keloid ini biasa muncul di dada maupun dipunggung, tetapi juga sering muncul dibagian leher dan wajah anda. Keloid disebabkan kaena kelebihan produksi kolagen. 


4. Rolling

Bekas jeawat rolling merupakan bekas jerawat yang bisa dialami seseorang yang memiliki bercak kulit wajah akibat bekas jerawat yang sudah cukup lama. Bekas luka ini disebabkan oleh kerusakan dibawah pemukaan kulit.
Bekas jerawat ini cenderung bergelombang, lebar, dan dangkal. Bekas jerawat ini juga terlihat saat usia anda bertambah dan kulit akan kehilangan elastisitas dan kepadatannya.

5. Hiperpigmentasi

Hiperpigminetasi sebenarnya bukalah jerawat, melainkan merupakan merah atau gelap yang tertinggal setelah anda berusaha menghilangkan jerawat. Hiperpigmentasi adalah suatu kondisi dimana kadar air melanin pigmen menumpuk pada kulit. Hal ini menciptakan munculnya bintik-bintik kehitaman diwajah.
Hiperpigmentasi terjadi ketika melanosit (sel-sel yang memproduksi pigmen melanin) mulai berkembang biak dilokasi perdangan, atau ketika melanosit mulai menghasilkan melanin dalam jumlah yang berlebihan.

6. Hipopigmentasi

Berbeda degan Hiperpigmentasi, Hipopigmentasi adalah terjadi ketika melanosit pada kulit yang terkena jerawat kehilangan kemampuannya untuk menghasilkan melanin. Hal ini sering terjadi didaerah-daerah kulit yang telah diganti dengan jaringan parut.
Hipopigmentasi cenderung memiliki penampilan merah muda terang dan juga dapat terjadi pada daerah kulit yang tampak sehat. Umumnya kondisi ini lebih terlihat oleh seseorang yang memiliki warna kulit gelap. Vitligo adalah suau kondisi dimana melanosit kehilangan kemampuan untuk memproduksi melanin.

7. Eritema

Eritema adalah merupakan kondisi dimana kapiler kecil didekat permukaan kulit menjadi rusak atau melebar secara permenen. Kondisi ini muncul berbentuk kemerahan pada kulit anda. Hal ini sangat umum terjadi pada seseorang yang berjerawat dan terutama yang memiliki warna kulit wajah yang terang dan cerah.

BACA JUGA:
Itulah ulasan tentang macam-macam jenis bekas jerawat yang wajib kalian ketahui. Jenis apakan bekas jerawat diwajah anda? Untuk cara menghilangkan bekas jerawat anda bisa lihat disini ya 10 Cara Jitu Menghilangkan Bekas Jerawat di Wajah Secara Alami.

Bagi anda yang kurang jelas untuk penjelasan diatas atau anda ingin membagi pengalamannya, silahkan jangan sungkan untuk tulis comment dibawah ya gais. Semoga bermanfaat...
KOMENTAR

0 comments