Tuesday, 22 November 2016

Inilah Dampak Psikologis Akibat Jerawat yang Wajib Kamu Ketahui

Selain dampak fisik, dampak psiklogis jerawat juga sangat berpengaruh terhadap tingkat emosi atau erasaan seseorang yang berjerawat. Kepercayaan diri mereka akan mengalami penurunan yang drastis. Perasaan kesal yang berlebih pada penampilannya, serta rasa bosan terhadap pengobatan yang berkepanjangan.
Sudah menjadi faktor alamiah bila seseorang yang berjerawat akan merasa kecantikan atau ketampanannya berkurang. Malah sebagian dari mereka merasa minder untuk keluar rumah atau bertemu dengan orang lain.

Karena dalam masig-masing diri seseorang sudah tertanam nilai estetika yang menganggap wajah mulus tidak berjerawat akan terlihat lebih menarik dan sedap dipandang dibandingkan dengan wajah yang penuh dengan jerawat.

BACA JUGA: 5 Cara Mengatasi Jerawat Merah pada Wajah

Apasih Penyebab Jerawat?

Jerawat dapat tumbuh dibagian tubuh manapun. Tetapi lebih sering jerawat muncul pada bagian wajah, leher, bahu, dada, dan punggung. Bgaian tersebut merupakan bagian tubuh yang memiliki paling banyak kelenjar minyak. Kelenjar minyak ini memproduksi cairan minyak atau disebut dengan sebum yang berguna untuk kulit dan juga rambut.

Namun, jika kelenjar minyak tersebut menghasilkan minyak yang berlebih dengan ditambah sel kulit mati yang berlebihan pula, maka keduanya dapat menyumbat pori dan hasilnya menjadi tempat tumbuh berkembangnya bakteri. Jika sudah terjadi seperti itu, maka dapat mengakibatkan inflamasi. Berikut ini faktor penyebab jerawat:
    1. Produksi minyak yang berlebih
    2. Banyaknya bakteri
    3. Sel-sel kulit mati
    4. Pori-pori yang tersumbat

Dampak Jerawat

1. Mengganggu Pekerjaan dan Pendidikan

Pada orang dewasa, jerawat dapat menganggu pekerjaan mereka dan semua urusan kantor nya. Sedangkan pada remaja jerawat dapat mengganggu pendidikan yang sedang mereka jalani bahkan hingga menurui prestasi belajarnya.


2. Menyebabkan Depresi

Perlu diketahui beberapa hal dibawah ini yang dapat menjadi gejala ataupun tanda seseorang yang memiliki jerawat mengalami depresi sehingga lebih cepat untuk mendapatkan penanganan.
    • Lesu
    • Susah tidur
    • Kehilangan nafsu makan
    • Mood tidak bagus
    • Merasa tidak berharga


3. Mengurangi Kepercayaan Diri Seseorang

Jerawat pada wajah sangat berpengaruh pada penampilan. Jerawat yang tumbuh pada area wajah bisa sangat mengganggu secara fisik dan sangat berpengaruh pada rasa percaya diri. Cenderungmerasa malu akan kondisi wajahnya yang ditumbuh oleh jerawat.


4. Menarik Diri dari Kehidupan Sosial

Kondisi wajah yang ditumbuhi oleh jerawat bisa menjadikan sesearang kekurangan rasa percaya diri yang selanjutnya bisa mengakibatkan ia cenderung menarik diri dari kehidupan sosialnya seperti menarik dari hubungan pencintaan, atau pertemanan.
Karena jerawat yang tumbuh diwajah dapat mengundang ejekan dari teman atau orang-orang dalam lingkungan sosial lainnya, dan akibat jerawat cenderung sulit untuk menarik perhatian lawan jenis, apalagi untuk memiliki hubungan.

Kalaupun memiliki hubungan dengan lawan jenis, si penderita jerawat pun merasa kurang percaya diri dan sering membuat alasan saat pasangan mengajak berkencan.

BACA JUGA:

Nah, itulah ulasan singkat tentang dampak psikologis akibat jerawat yang wajib kamu ketahui. Apabila penejelasan diatas ada yang kurang jelas, atau anda ingin berbagi pengalaman silahkan comment dibawah ya gais. Semoga bermanfaat...
KOMENTAR

0 comments