Monday, 18 September 2017

13 Kebiasaan yang Menghindarkan Kamu dari Jerawat

Penyebab timbulnya jerawat seharusnya diketahui oleh setiap orang, untuk mencegah jerawat diwajah anda. Perubahan hormon dan tipe kulit seseorang memang dapat menjadi faktor penyebab wajah berjerawat, dalam arti cenderung atau lebih rentan dengan masalah kulit ini.

Namun, bukan hanya itu yang menjadi pemicu jerawat.
Ada banyak hal yang membuat kulit anda rentan dengan resiko jerawat. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Hal ini sangat berlaku bagi jerawat yang menyebalkan ini.

Tak mudah bagi kita untuk mengobati wajah yang sudah diserang oleh jerawat, apalagi kalau jerawat sudah meradang. 

BACA JUGA: Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat dengan Daun Jambu Biji

Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang 13 Kebiasaan yang Menghindarkan Kamu dari Jerawat. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Berikut 13 Kebiasaan yang Menghindarkan Kamu dari Jerawat

Dengan anda rutin mengkonsumsi air putih minimal sehari 8 gelas, akan melancarkan metabolisme dan beberapa fungsi berbagai organ didalam tubuh. Air juga berperan dalam proses detoksifikasi.

Detoksifikasi adalah merupakan proses pengeluaran zat beracun, dan juga membantu mengeluarkan bakteri-bakteri yang memicu timbulnya jerawat.

2. Pakai Masker Wajah dari Bahan Alami

Perawatan wajah yang murah dan banyak khasiat adalah masker dengan bahan-bahan alami. Bahan-bahan alami yang mengandung antioksidan akan membuat wajah anda terhindar dari zat-zat tersebut.

Yang akan mencegah pertumbuhan bakteri pada kulit serta kulit akan mendapatkan manfaat lainnya seperti kulit yang cerah, lembut, dan lembab.
Bahan alami yang anda bisa gunakan sebagai masker yaitu, tomat, beras, wortel, lidah buaya, jeruk nipis, pepaya, susu, madu, strawberry, coklat, pisang, kopi, dan lainnya

BACA JUGA: 6 Bahaya dan Efek Samping Setelah Memencet Jerawat

3. Rutin Berolahraga

Dengan anda rutin berolahraga bisa mengurangi resiko tumbuhnya jerawat pada wajah anda. Karena pada saat kita berolahraga, tubuh kita menjadi panas, berkeringat, dan pori-pori wajah menjadi terbuka.

Pada saat pori-pori terbuka, zat-zat bahaya dalam tubuh akan dikeluarkan melalui keringat.
Karena zat berbahaya itulah yang menjadi penyebab jerawat. Dengan anda rutih berolahraga maka anda akan terhindar dari jerawat yang menyebalkan.

4. Jangan Sering Mengganti Kosmetik

Janganlah anda menggonta-ganti kosmetik untuk wajah anda. Karena kebiasaan gonta-ganti kosmetik ini tentu nya sangat berpengaruh terhadap kulit karena terjadi reaksi-reaksi dari bahan kimia yang berbeda dari dalam kosmetik tersebut.
Dengan itu, biasakan tetap menggunakan satu produk kecantikan yang cocok dengan kulit wajah anda, untuk menghindarinya jerawat.

5. Mengganti Sarung Bantal

Ternayata dengan malasnya anda mengganti sarung bantal, bisa menyebabkan jerawat pada wajah cantik anda lho! Kenapa? Kok bisa? Karena sarung bantal yang jarang diganti menyebabkan bakteri bersarang disana.

Pada saat kita tidur wajah kita bersentuhan langsung dengan bantal sehingga bakteri tersebut bisa pindah ke wajah dan menyebabkan jerawat.
Pastinya anda tidak mau dong wajah cantik dan mulus anda diserang oleh jerawat? Mulai dari sekarang rajinlah mengganti sarung bantal, setidaknya 2 minggu sekali.

BACA JUGA: 10 Cara Pola Hidup Sehat Agar Terhindar dari Jerawat

6. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Ada makanan tertentu yang dapat mengakibatkan jerawat pada wajah anda. Jenis makanan seperti junkfood, makanan berminyak, mengandung gula belebih.

Oleh karena itu kita harus perhatikan jenis makanan apa yang kita konsumsi. Biasakan mengkonsumi buah dan sayuran agar wajah mulus anda tidak diserang oleh jerawat.

BACA JUGA: 6 Cara Alami Menghilangkan Jerawat Akibat Menstruasi

7. Perbaiki Pola Tidur

Kurangnya waktu tidur dapat menggangu proses regenerasi yang pada akhirnya akan menyebabkan munculnya jerawat. Tapi, bukan berarti kita harus tidur terlalu lama agar poses regenerasi lebih lancar.

Dengan anda tidur lebih lama, akan mengakibatkan produksi minyak belebih. Kamu pasti pernah merasakan saat bangun tidur lebih saiang, maka wajah anda akan semakin berminyak. Nah, untuk mencegah timbulnya jerawat, anda cukup tidur selama 6-8 jam saja.

8. Rutin Membersihkan Wajah

Karena banyaknya anda aktivitas diluar ruangan, menyebabkan wajah anda rentan dihinggapi bakteri dan zat-zat radikal bebas. Jika bakteri menempel pada wajah dan terperangkap bersama minyak sebum, maka hal itu akan menyebabkan timbulnya jerawat.
Dengan itu anda harus rutin membesihkan wajah, minimal 2x sehari pagi dan malam sebelum tidur. hal ini bertujuan untuk mengurangi minyak sebum yang melekat diwajah, dan tentunya untuk membersihkan sisa kotoran dan makeup diwajah anda.

BACA JUGA: Inilah 7 Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami

9. Mandi Pagi

Banyak yang malas untuk mandi pagi, tapi akankah anda berfikir kalau mandi pagi banyak sekali manfaat baiknya.

Mandi dipagi hari itu sangat penting untuk membersihkan minyak dan keringat yang diproduksi oleh tubuh selama kita tidur, sehingga wajah kita tidak ditumbuhi oleh jerawat.

10. Jangan Stress

Hindari stress yang berlebihan. Stress menduduki peringkat pertama bagi kecantikan kulit wajah anda. Bagaimana tidak jika anda stress maka kinerja kulit untuk meregenerasi sel kulit mati akan terhalang.

BACA JUGA: 5 Jus Ini Ampuh untuk Mengontrol minyak Penyebab Jerawat

11. Hindari Makanan Berminyak

Hindari makanan yang berminyak. Kenapa anda harus menghidari makanan berminyak? Ya, karena jika kulit wajah anda sudah berminyak, ditambah dengan sering mengkonsumsi makanan berminyak, otomatis minyak ditubuh anda akan berlebihan.

Dan minyak berlebih itulah yang menyebabkan jerawat diwajah anda.

12. Hindari Paparan Sinar Matahari Terlalu Lama

Sinar matahari memang baik untuk kesehatan tulang. Namun sinar matahari pada sinag hari tidak baik untuk kulit karena mengandung ultraviolet.

Sinar ultraviolet ini dapat mempercepat penuaan dini, flek hitam, dan melanin pada kulit lebih cepat jika terpapar secara berlebihan. Untuk kulit berjerawat, sinar matahari dapat membuat jerawat membesar dan memerah.

BACA JUGA: 5 Manfaat Bengkoang Agar Kulit Wajah Anda Putih Secara Alami

13. Jangan Memencet Jerawat

Jangan menyentuh jerawat dengan tangan kosong. Karena tangan melakukan banyak aktifitas sehingga kebersihan tangan pasti diragukan kecuali anda telah membersihkan tangan terlebih dahulu.

Selain itu tangan yang kotor jika diraba pada bagian yang berjerawat tentu akan mengakibatkan jerawat meradang karena kotoran yang menempel pada wajah.

BACA JUGA:


Nah, itulah kebiasaan yang menghindarkan kamu dari jerawat, yang bisa kamu terapkan dikehidupan sehari-hari, agar terhindar dari jerawat. Semoga bermanfaat...
KOMENTAR

0 comments