Wednesday, 23 November 2016

4 Manfaat Kolagen untuk Mencegah Jerawat dan Penuaan Dini

Siapa sih yang tidak ingin tampak awet muda? Tampak awet muda salah satunya dapat diwujudkan dengan memiliki kulit yang elastis. Elastisitas kulit erat kitannya dengan kandungan kolagen yang terdapat didalam kulit.
Kolagen merupakan senyawa protein dari golongan asam amino dengan hidrogen, karbo, oksigen serta nitrogrn sebagai komponen utamanya. Pada kulit kolagen dapat ditemukan dikulit lapisan kedua atau yang biasa disebut dermis.

Istilah kolagen diadopsi dari bahasa Yunani, Kolla yang berarti lem. Dengan demikian, kolagen berarti lem. Kolagen sendiri memiliki banyak jenis, tetap pada intinya kolagen berfungsi untuk menguatkan dan merekatkan bagian tubuh.

BACA JUGA: 5 Cara Mengatasi Bekas Jerawat yang Menghitam

Khusus untuk kulit kolagen berfungsi untuk menjaga keremajaan kulit dan menyamarkan kulit keriput. Keberedaan kolagen akan menjaga elastisitas jaringan ikat pada kulit sehingga kulit dapat kostraksi atau mengembang anpa merusak jaringan apapun.

Kandungan kolagen pada kulit bayi sangatlah tinggi, sehingga dapat kita rasakan kulit bayi sangatlah lembut. Seiring dengan bertambahnya usia kandungan kolagen akan semakin berkurang sehingga kelembutan dan elastsitas kulit juga berkurang.

Kolagen Mampu Mengatasi Jerawat

Jerawat merupakan keluhan kulit yang sering dialami oleh setiap manusia. Kehadirannya tidak terhindarkan sebab faktor penyebab jerawat juga sangat beragam, mulai dari perubahan hormon, produksi minyak berlebih, stress, kurangnya tidur, tidak mengkonsumsi makanan bergizi dan masih banyak lainnya.

Secara biologis jerawat terjadi akibat pori-pori kulit terhalang sehingga kulit wajah sulit untuk bernafas dan akibatnya munculah benjolan merah yang dalam kasus parah bisa berbentuk kantung nanah.

Pada wajah kolagen sangat berperan penting, karena untuk mencegah timbulnya jerawat atau untuk mengobati jerawat yang sudah tumbuh sebelumnya. Nah, pada kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang apa saja sih manfaat kolagen untuk wajah? Yuk simak dibawah ini.


4 Manfaat Kolagen untuk Mencegah Jerawat dan Penuaan Dini

1. Mampu Menjaga Elastisitas Kulit

Kolagen alami dalam tubuh berkurang intensitas produksinya usia 25 tahun dan akan sangat berkurang pada usia 60 tahun. Inilah yang menyebabkan elastisitas kulit terganggu sehingga muncul masalah semisal keriput dan kerutan diberbagai bagaian.
Sementara pada usia 25 tahun-an produksi kolagen menurun, umumnya tampak berdampak pada masalah masalah kulit yang tergolong lebih sederhana semisal jerawat, kulit kusam, kulit keing dan lainnya.


2. Mempercepat Regenerasi Kulit

Kolagen berfungsi untuk melembabkan kulit secara alamiah sehingga kulit dengan sendirinya akan melakukan kerja mandiri. seperti mengganti sel kulit mati dan mempercepat proses regenerasi sehingga masalah-masalah yang terjadi dapat diatasi. Mulai dari jerawat hingga tanda-tanda penuaan.


3. Pola Hidup Sehat

Untuk mengatasi jerawat tidak hanya diharuskan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kolagen saja, tetapi jerawat juga dapat diatasi dengan pola hidup yang sehat. Misalnya dapat dilakukan dengan cara menggunakan masker setiap akan berpergian, rutn mencuci muka, menghindari makanan pedas dan manis.

Kolagen untuk Mencegah Penuaan

Dengan berkurangnya kekencangan kulit wajah, munculnya ekerut-kerutan kecil bahkan keiput diberbagai wajah serta tubuh adalah tanda-tanda penuaan yang diakibatkan elastisitas kulit yang semakin menurun. Ini terjadi seiring dengan semakin minimnya kandungan kolagen didalam tubuh yang memiliki tugas utama untuk menjaga kesehatan keremajaan kulit.

BACA JUGA:
Nah, itulah ulasan singkat tentang manfaat kolagen untuk mencegah jerawat dan penuaan dini yang harus kamu ketahui. Apabila ada yang kurang jelas atau anda ingin berbagi pengalaman silahkan comment dibawah ya. Semoga bermanfaat...
KOMENTAR

0 comments