Kamis, 08 Desember 2016

8 Makanan yang Harus di Hindari Saat Wajah Berjerawat

Munculnya jerawat diwajah kita membuat kita sebal dan tidak percaya diri. Masalah jerawat ini tidak perah mengenal usia ataupun jenis kelamin. Mulai dari orang remaja sampai orang dewasa pun pasti pernah mengalami masalah jerawat seperti ini.

Jadi, pertumbuhan jerawat ini bisa dikatakan sebuah siklus yang normal didalam kehidupan manusia. Namun, siklus normal ini dapat berubah menjadi masalah besar jika pertumbuhan jerawat tidak kekontrol.

Makanan memiliki peranan besar dalam pertumbuhan jerawat dikulit. Pasalnya makanan yang masuk bisa dianggap sebagai racun oleh tubuh. Kondisi ini kemudian direspon oleh tubuh dengan mengeluarkan jerawat.

Nah, jika anda ingin terbebas dari jerawat, mulai sekarang hindarilah beberapa jenis makanan penyebab jerawat diwajah anda. Apa saja makanan yang harus dihindari saat anda berjerawat? Pada kali ini Adajerawat.com akan megulas tentang makanan yang harus dihindari saat berjerawat. Yuk simak dibawah ini.

BACA JUGA: 10 Cara Pola Hidup Sehat Agar Terhindar dari Jerawat

Makanan yang Harus di Hindari Saat Wajah Berjerawat

1. Makanan Tinggi Protein

Secara umum, protein hewani memiliki sifat yang asam. Saat kandungan asam didalam protein hewani ini diresap oleh kulit, maka akan merangsang pertumbuhan bakteri dan parasit sehingga berpotensi menimbulkan jerawat.
Daging merah adalah salah satu jenis makanan penyebab jerawat diwajah, jadi sangat dianjurkan saat wajah anda sedang berjerawat jangan terlalu sering mnegkonsumsi daging merah. Jika anda ingin mengkonsumsi makanan yang berprotein tinggi, pastikan anda sudah memiliki keseimbangan asam dan basa dalam tubuh.


2. Makanan Tinggi Kabohidrat

Kabohidrat yang masuk kedalam tubuh akan diolah menjadi glukosa dan diproses kembali menjadi glukogen sebagai cadangan ditubuh. Manusia pada dasarnya hanya membutuhkan glukosa dalam jumlah tertentu, sehingga jika dikonsumsi kabohidrat ini berlebihan, maka dapat menyebabkan jerawat bahkan diabetes.

3. Makanan Junkfood

Pada jaman modern seperti sekarang ini, masyarakat lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan cepat saji karena mudah didapatkan dan harganya cukup terjangkau. Namun, sayangnya makanan cepat saji seperti itu tidak baik bagi tubuh anda.
Selain tidak mengandung gizi yang cukup, makanan cepat saji juga tidak terjamin kebesihannya. Maka mulai dari sekarang untuk anda menghindari makanan cepat saji, Agar jerawat diwajah anda tidak makin buruk.


4. Olahan Susu

Susu dan semua prodak olahannya seperti keju, es krim, yogurt dan cokelat dapat mempengaruhi hormon didalam tubuh untuk menghasilkan jerawat. Hal ini karena produk-produk seperti ini banyak mengandung lemak yang tinggi.

5. Lodium

Lodium merupakan kandungan yang sering ditemukan didalam ikan dan jenis makanan laut lainnya. Hal ini dikarenakan air laut memang memiliki kandungan lodium. Saat anda mengkonsumsi lodium berlebihan, maka bisa mempengaruhi kelenjar minyak sehingga membuat kulit kita rentan terhadap iritasi dan berujung pada tumbuhnya jerawat diwajah.


6. Kafein

Kafein dalam kopi adalah jenis makanan yang haus dihindari saat wajah anda sedang berjerawat. Kafein mampu merangsang kelenjar adrenalin yang membuat kadar stress menjadi meningkat sehingga kulit cenderung berjerawat. 


7. Alkohol

Dengan anda terlalu sering mengkonsumsi alkohol maka akan menurun kan fungsi hati. Apabila fungsi dari hati ini menurun, maka akan berdampak pada kesehatan kulit. Karena seseorang yang memiliki kesehatan buruk akan rentan terhadap jerawat.

8. Makanan Manis

Jenis makanan yang terakhir adalah gula. Hal ini dikarenakan gula dapat meningkatkan hormon insulin yang kemudian menyebabkan inflamasi ditingkat selular. Keadaan ini kemudian akan menurunkan fungsi imun sehingga tubuh sangat rentan terhadap infeki bakteri.
Nah, jika anda ingin jerawat diwajah anda tidak semakin buruk. Mulai sekarang hindarilah makanan yang mengandung gula tinggi.


BACA JUGA:
Itulah ulasan singkat tentang makanan yang harus dihindari saat wajah berjerawat. Apabila penjelasan diatas ada yang kurang jelas atau anda ingin berbagi pengalaman silahkan commet dibawah ya gais. Semoga bermanfaat...


EmoticonEmoticon