Senin, 19 Desember 2016

Telur dapat Menyebabkan Jerawat di Wajah! Inilah Penjelasannya

Jerawat adalah maslah kulit yang ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung, dan dada. Bintik-bintik tersebut dapat berkisar mulai dari yang ringan, seperti komedo hitam dan putih, hingga bintik-bintik parah yang berisi nanah dan kista.

Biasanya bintik-bintik yang tergolong parah akan menimbulkan bekas luka. Selain ditandai dengan gejala-gejala seperti kulit berminyak dan munculnya bintik-bintik. Kadang jerawat juga menyebabkan kulit terasa panas dan sakit saat disentuh.

Ada beberapa bagian tubuh yang bisa ditumbuhi jerawat dan yang paling umum adalah diwajah. Jerawat merupakan kondisi yang umum, artinya sebagian besar orang pernah mengalami jerawat diwajahnya.

BACA JUGA: Inilah Bahaya Jearwat Bernanah yang Harus Diketahui


Kenapa Telur Menyebabkan Jerawat di Wajah?

Telur memiliki banyak jenisnya, dimana berasal dari hewan yang berbeda-beda. Seperti ayam, bebek, burung puyuh, dan lainnya. Telur merupakan salah satu bahan pangan yang kaya protein dan lemak. Telur memiliki nilai gizi yang tinggi dan biasanya dikonsumsi setiap harinya.

Kandungan gizi telur memang esensal bagi tubuh kita. Pada 1 butir telur utuh, didalamnya terkandung kalsium lebih dari 90%, zat besi dibagian kuning telur, protein sebanyak 6 gram protein dan 9 asam amino essensial.

Unsur mineral selain zat besi, telur juga mengandung zinc yang berguna dalam sistem kekebalan tubuh. Selain itu telur juga mengandung fosfor dimana beranfaat dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Satu butir telur dapat memberikan kalori sebanyak 70 hingga 85 kalori.

Walaupun demikian anda harus memperhatikan bahaya telur untuk wajah, karena dapat menyebabkan jerawat diwajah. Selain menyebabkan jerawat, telur juga mengandung bahaya lainnya. Penasaran apa saja bahaya dari telur? Yuk simak dibawah ini.

BACA JUGA: 5 Cara Menghilangkan Jerawat Akibat Alergi

Bahaya Telur untuk Wajah

1. Memperlambat Penyembuhan Jerawat

Dengan anda mengkonsumsi telur secara berlebihan akan menghambat atau memperlambat penyembuhan jerawat diwajaha anda. Oleh karena itu jangan sering mengkonsumsi telur kalau wajah anda tidak mau berjerawat selamanya.


2. Mengakibatkan Alergi

Apabila anda setelah mengkonsumsi telur, lalu wajah anda dipenuhi dengan jerawat. Nah, jika ya anda harus berhati-hati kemungkinan besar anda alergi jika mengkonsumsi telur. Telur mengandung protein dalam jumlah yang besar.
Manusia memiliki sistem imun yang mengenali antigen asing. Apabila protein pada telur tersebut dikenali oleh tubuh anda sebagai antigen, maka akan menimbulkan reaksi imun.


3. Menimbulkan Jerawat

Sama halnya dengan makanan yang mengandung minyak berlebih atau makanan junkfood, telur juga dapat menyebabkan jerawat diwajah anda. Mengkonsumsi telur yang mengandung lemak dapat menyembabkan kulit menjadi semakin berminyak.
Dan kulit wajah yang cenderung memiliki minyak berlebih akan lebih mudah terserang oleh jerawat. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam mengkonsumsi telur.

4. Mengganggu Keseimbangan Hormonal

Dengan mengkonsumsi telur dalam jumlah banyak selain mengakibatkan alergi dan jerawat juga dapat megganggu keseimbangan hormonal. Hal ini terutama bagi para wanita yang mengalami haid, dimana hormon sedang meningkat dan jerawat mudah muncul.
Untuk menjaga keseimbangan hormon. Harus diseimbangkan pola makan anda, yakni telur diseimbangi dengan sayur-sayuran dan buah-buahan.

5. Membuat Kulit Wajah Kering

Dengan menggunakan masker putih telur ternyata dapat membuat kulit wajah anda kering dan kulit wajah akan terkelupas. Selain itu juga dapat membuat kulit wajah anda bintik-bintik dan terasa gatal. Jika anda mengalami seperti itu lebih baik hentikan pemakaian masker putih telur.

BACA JUGA:
Nah, itulah ulasan tentang telur dapat menyebabkan jerawat diwajah. Apabila penjelasan diatas ada yang kurang jelas atau anda ingin berbagi pegalaman silahkan comment dibawah ya gais. Semoga bemanfaat...

1 komentar so far

Waduh saya hampir setiap hari makan telur, ternyata telur bisa juga menyebabkan jerawat. saya jadi takut makan telur nih kak.. makasih banyak sudah berbagi ilmunya sangat bermanfaat sekali bagi saya :)


EmoticonEmoticon