Selasa, 10 Januari 2017

7 Cara Paling Ampuh Mencegah Timbulnya Jerawat Saat Haid

Haid atau mestruasi adalah siklus bulanan yang dialami oleh setiap wanita. Datangnya haid dan menstruasi ini didampingi dengan tanda-tanda seperti demam, sensitif atau mudah marah, perut mual atau sakit, payudara yang dirasa membengkak dan timbulnya jerawat diwajah.

Jerawat merupakan salah satu tanda yang dapat mengganggu kenyamanan wanita dan mengurangi rasa kepercayaan diri, apalagi jika jerawat terletak diarea wajah. Karena jika diasumsikan bahwa jerawat timbul disetiap menjelang haid, maka setiap bulan wanita akan memproduksi jerawat.

Jarawat yang disebabkan oleh faktor internal memegang peranan yang cukup penting pada pertumbuhan jerawat saat anda mengalami menstruasi. Pada saat menstruasi bagian dalam tubuh anda akan mengalami ketidakseimbangan hormon testosteron dan juga hormon androgen.

Dimana kedua hormon ini merupakan hormon penyebab jerawat. Nah, ketidakseimbangan hormon ini dapat memicu pertumbuhan jerawat dikulit anda sekaligus dapat membuat anda mendapatkan mood swing, yaitu mood yang kerap kali berubah saat anda mengalami menstruasi.

Sedangkan jika jerawat disebabkan oleh faktor eksternal pada saat menstruasi ini merupakan penyebab yang sebenerya dapat kita hindari. Penyebab jerawat berdasarkan faktor eksternal adalah karena kurangnya menjaga kebersihan, mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, dan kurangnya asupan cairan sehari-hari.

BACA JUGA: Inilah 7 Obat Jerawat Batu Paling Ampuh yang Ada di Apotik

Nah, pada kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang cara paling ampuh mencegah jerawat saat haid. Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak dibawah ini Penjelasannya.

Cara Paling Ampuh Mencegah Timbulnya Jerawat Saat Haid

1. Perhatikan Jenis Pola Makan

Cara pertama yang mampu mencegah timbulnya jerawat saat haid adalah dengan memperhatikan jenis pola makan sehari-hari. Ketika anda mengalami datang bulan atau menstruasi pastikan bahwa anda memperhatikan asupan makanan yang anda konsumsi.
Pastikan bahwa anda tidak mengkonsumsi kacang-kacangan, maupun makanan yang mengandung minyak berlebih akibat digoreng seperti gorengan ataupun makanan bersantan dan juga makanan yang pedas.

Karena makan-makanan tersebut niscaya akan akan memicu pertumbuhan jerawat dikulit anda pada masa depan. Mengkonsumsi makanan penghilang jerawat seperti buah-buahan dan sayuran hijau, atau makanan yang direbus-rebus.

2. Rutin Mencuci Wajah

Cara kedua yang mampu mencegah timbulnya jerawat saat haid adalah dengan rutin mencuci wajah. Mencuci kulit wajah dengan rutin setiap hari tentu saja akan menyingkirkan debu dan polutan lainnya yang menempel dikulit. 
Debu dan polutan ini jika dibiarkan menempel dikulit wajah anda akan menyebabkan penyumbatan pori-pori yang akan menyebabkan timbulnya jerawat. Selain itu, timbunan kotoran dan juga debu ini akan membuat jerawat mengalami peradangan.


3. Jangan Stress

Cara ketiga yang mampu mencegah timbulnya jerawat saat haid adalah jangan stress. Salah satu cara yang paling penting adalah saat mengalami menstruasi dengan mengendalikan tingkat stress anda. Karena jika tingkat stress anda tidak terkontrol maka akan mempengaruhi keseimbangan hormon dan menjadi timbulnya jerawat diwajah.

4. Kebersihan Rambut

Cara keempat yang mampu mencegah timbulnya jerawat saat haid adalah dengan menjaga kebersihan rambut. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa rambut dan kulit kepala sangat rawan tertempel oleh debu yang menyebabkan jerawat.
Kotoran bahkan jamur ketika kita menggunakan penutup kepala dalam waktu yang lama dan dihawa yang panas. Nah, jika anda seringkali melakukan aktivitas diluar ruangan, kemudian menggunakan helm atau topi dalam waktu yang lama, sebaiknya sesampainya dirumah langsung anda keramas.

5. Konsumsi Suplemen

Cara kelima yang mampu mencegah timbulnya jerawat saat haid adalah dengan mengkonsumsi suplemen. Misalnya anda mengonsumsi suplemen vitamin C, maka hal ini akan bermanfaat untuk membuat kulit anda secara umum menjadi lebih sehat secara alami dan sangat baik untuk proses detoksofikasi kulit.


6. Masker Apel

Cara keenam yang mampu mencegah timbulnya jerawat saat haid adalah dengan menggunakan masker wajah apel. Apel memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Kandungan vitamin C dalam buah apel ini dapat menangkal radikal bebas dan juga dapat mencegah peradangan dari jerawat.
    • Bersihkan wajah anda terlebih dahulu
    • Siapkan 1 buah apel yang sudah dicuci bersih, lalu haluskan dengan menggunakan blender
    • Setelah halus, oleskan pada seluruh wajah anda secara merata
    • Diamkan sekitar selama 30 menit
    • Kemudian bilas wajah anda menggunakan air hangat


7. Masker Jeruk Nipis

Cara ketujuh yang mampu mencegah timbulnya jerawat saat haid adalah dengan menggunakan masker jeruk nipis. Jeruk nipis kaya akan vitamin C yang tinggi. Jeruk nipis akan berperan sebagai antioksidan dan dapat menangkal radikal bebas yang akan memicu peradangan jerawat.
Jeruk nipis juga akan memicu produksi kolagen yang dapat membuat kulit menjadi lebih elastis, serta dapat memberikan nutrisi yang sempurna bagi kulit wajah anda. Sehingga kulit anda akan semakin sehat dan cerah secara alami.
    • Bersihkan wajah anda terlebih dahulu
    • Siapkan 2 buah jeruk nipis yang sudah dicuci bersih, lalu peras dan ambil airnya
    • Setelah itu, oleskan pada seluruh wajah anda secara merata
    • Diamkan sekitar selama 30 menit
    • Kemudian bilas wajah anda menggunakan air hangat

BACA JUGA:
Nah, itulah ulasan tentang cara paling ampuh mencegah timbulnya jerawat saat haid. Apabila penjelasan diatas ada yang kurang jelas atau anda ingin berbagi pengalaman silahkan comment dibawah ya gais. Semoga bermanfaat...


EmoticonEmoticon