Thursday, 20 April 2017

10 Pertolongan Pertama Pada Jerawat yang Terlanjur Pecah

Seringkali sudah kita ketahui bahwa memencet jerawat bukanlah hal yang baik. Namun, apa jadinya jika perbuatan itu tidak sengaja dilakukan? Entah itu kena kacmata, jari, atau lainnya. Kamu telah memecahkan jerawatmu sendiri dan hal tersebut tidak dapat terulang lagi.
Namun kamu jangan khawatir, karena ada pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan untuk meawat jerawat yang susah terlanjut pecah atau terpencet dengan tdak sengaja. Tapi tetap kamu harus sangat hati-hati agar jerawat lainnya tidak pecah juga.

BACA JUGA: 10 Sabun Muka Pria Terbaik untuk Mengatasi Jerawat

Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang 7 pertolongan pertama pada jerawat yang terlanjur pecah. Penasaran bagaimana cara menanganinya? Yuk simak penjelasannya dibawah ini.

7 Pertolongan Pertama Pada Jerawat yang Terlanjur Pecah

1. Gunakan Toner

Cara pertama untuk menangani jerawat yang terlanjur pecah adalah dengan menggunakan toner. Jika nanah isi dari jerawat benar-benar keluar secara keseluruhan, maka segera bersihkan dengan alkohol atau toner wajah untuk mencegah penyebaran bakteri dan menyebabkan jerawat menyebar kebagian lainnya.


2. Gunakan Es Batu

Cara kedua untuk menangani jerawat yang terlanjur pecah adalah dengan menggunakan es batu. Es batu mampu meminimalisir inflamasi dan pembengkakan akibat memencet jerawat. Sensasi dingin dari es batu dapat menghambat pendarahan pada wajah dan mencegah jerawat berubah warna menjadi kemerahan.

3. Jangan Menyentuh Jerawat

Cara ketiga untuk menangani jerawat yang terlanjur pecah adalah jangan menyentuh jerawat dengan tangan. Apakah anda tahu kalau ditangan kalian penuh dengan kuman dan bakteri yang berkembang biak, maka dari itu jangan sekali-sekalinya menyentuh wajah dengan tangan.


4. Waspada Menggunakan Make Up

Cara keempat untuk menangani jerawat yang terlanjur pecah adalah anda harus waspada jika menggunakan makeup. Jangan mengaplikasikan foundation atau concealer pada area kulit yang mengalami luka atau memiliki jerawat yang baru saja pecah.
Hal ini dikarenakan resiko bakteri masuk, berkembang biak, dan terjebak oleh makeup sehingga menimbulkan sumbatan dan peradangan hebat sangatlah tinggi.

5. Cegah Infeksi

Cara kelima untuk menangani jerawat yang terlanjur pecah adalah dengan cara mencegah infeksi. Ketika jerawatmu pecah hal yang paling terpenting adalah mencegah cairan isi jerawat menyebar kebagian permukaan wajah lainnya dan menyebabkan infeksi pada bagian wajah lainnya.

BACA JUGA: Wow! Ternyata Ini Penyebab Kulit Wajah Kering

8. Jangan Memencet Jerawat

Jangan pernah untuk memencet jerawat. Karena jerawat yang membesar merupakan salah satu indikasi dari jerawat yang meradang. Peradangan jerawat bisa disebabkan karena faktor luar seperti memencet jerawat.

9. Gunakan Kapas

Anda bisa menggunakan kapas untuk memebrsihkan isi dari jerawat yang sudah pecah. Karena jika tidak segera dibersihkan takutnya nanti jadi infeksi dan jerawat menyebar kebagian lainnya. Pasti anda tidak mau bukan jika jerawat menyebar kebagian lainnya?

BACA JUGA: Milia, Jerawat pada Bayi! Yuk Simak Ulasannya

10. Gunakan Air Bersih

Bilas wajah anda menggunakan air bersih untuk membersihkan isi jerawat yang pecah pada wajah anda. Bertujuan agar kuman dan bakteri tidak berkembang biak dan menyebabkan kemunculan jerawat lainnya.

Nah, itulah ulasan tentang pertolongan pertama pada jerawat yang terlanjur pecah. Apabila penjelasan diatas ada yang kurang jelas, atau anda ingin berbagi pengalaman silahkan comment dibawah ya gais. Smeoga bermanfaat...

BACA JUGA:
KOMENTAR

1 comments: