Monday, 10 April 2017

Begini Caranya Merawat Wajah Saat Hamil

Wanita yang sedang hamil tentunya akan mengalami perubahan dibeberapa bagian tubuhnya. Tidak hanya itu saja karena perubahan didalam tubuh pun juga akan terjadi. Ada beberapa perubahan yang sedikit kurang menyenangkan dan sepertinya akan sangat mengganggu penampilan anda sehari-hari. Salah satunya adalah jerawat.
Penyebab utama timbulnya jerawat pada saat hamil adalah adanya tidak keseimbanagan hormonal. Hormon kehamilan dapat menyebabkan sejumlah masalah kulit, termasuk jerawat, gatal-gatal, dan kulit gelap. Biasanya pada trimester pertama masa kehamilan atau sekitar minggu keenam, kadar hormon akan mencapai tingkat tertingginya.

Diketahui bahwa hormon yang paling banyak mengalami lonjakan adalah hormon progesteron yang akan menjadikan kelenjar minyak ini memproduksi banyak minyak dan dapat menimbulkan jerawat. Karena minyak yang berlebih dapat menyumbat pori-pori diwajah anda, sehingga bakteri yang ada dipori-pori wajah akan menyebabkan infeksi sehingga timbulah jerawat.

BACA JUGA: Hilangkan Jerawat dengan 5 Salep Manjur

Namun anda tidak perlu khawatir, karena sekarang sudah banyak cara merawat wajah saat hamil. Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang begini caranya merawat wajah saat hamil. Yuk simak penjelasannya dibawah ini.

Masalah Wajah Saat Hamil

1. Tumbuhnya Jerawat

Masalah pertama adalah dengan tumbuhnya jerawat pada wajah anda. Timbulnya jerawat pada masa kehamilan adalah hal yang wajar terjadi pada sebagian wanita. Jenisnya pun beragam, mulai dari jerawat ringan sampai jerawat meradang atau parah.

Jerawat pada masa kehamilan terjadi karena hormon androgen meningkat dan memicu kelenjar sebaceous memproduksi sebum atau minyak diwajah dan akhirnya menimbulkan jerawat. Untuk pengobatan anda bisa menggunakan obat oles.

Obat oles seperti azelaic acid, obat oles yang mengandung glycolic acid, alpha hydroxy acid atau sulfur. Tetapi sebelum anda memmutuskan untuk menggunakan obat tersebut, pastikan anda sudah berkonsultasi kedokter, obat apa saja yang tepat untuk kondisi wajah anda. 


2. Bercak pada Wajah

Masalah kedua adalah munculnya bercak pada wajah anda. Bercak atau chloasma pada wanita hamil dengan warna kulit yang lebih gelap, biasanya bercak kehitaman muncul dibagian wajah. Karena dengan meningkatnya hormon progesteron, enstrogen dan MSH atau hormon pemicu melanosit (sel kulit yang menghasilkan pigmen).

Nah kulit yang menghasilkan pigmen inilah yang menyebabkan warna kulit menjadi gelap, sehingga menimbulkan bercak pada bagian pipi, kening, bibir, dan hidung. Chloasma dapat menghilang setelah anda melahirkan, namun untuk menguranginya anda dapat melakukan beberapa cara.

Yap, seperti menggunakan concealer untuk menutupi bercak dan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih. Tabir surya berfungsi untuk menghindari anda dari paparan langsung sinar matahari yang dapat memicu perubahan pigmen kulit.


Peringatan pada Ibu Hamil!

  • Pada saat hamil, jagalah kesehatan janin bayi anda dengan baik. Anda dianjurkan untuk menghindari obat jerawat yang mengandung retinoid, salicyid acid, benzoyl perokxide, atau antibiotik untuk jerawat yang dapat berpengaruh pada janin didalam perut anda.
  • Hindari juga obat yang mengandung tetrasiklin, minosiklin, doksisiklin, accutane (isotretinoin). Menghindari beberapa obat tersebut adalah hal yang penting, karena jika tidak maka dapat menyebabkan bayi cacat saat lahir.

Nah, itulah ulasan tentang begini caranya merawat wajah saat hamil. Apabila penjelasan diatas ada yang kurang jelas, atau anda ingin berbagi pengalaman silahkan comment dibawah ya gais. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA:
KOMENTAR

0 comments