Friday, 14 April 2017

Cara Tepat Menghilangkan Komedo Putih

Komedo adalah dimana kondisi pori-pori kulit tersumbat. Komedo disebabkan oleh kadar minyak berlebih pada wajah atau penumpukan kotoran. Disamping itu, komedo juga bisa disebut sebagai jerawat ringan.
Ada 2 jenis komedo, yaitu blackhead dimana komedo tersebut lebih nampak besar dan berbentuk seperti bintik-bintik hitam. Sedangkan dengan whitehead komedo yang tumbuh diatas pori-pori dan nampak seperti tonjolan jerawat kecil.

Meskipun komedo ini tidak terlihat seperti jerawat atau jerawat berat, tetapi komedo akan membuat penampilan kita tidak sempurna, dan tentu saja yang lebih peduli dengan masalah komedo ini adalah perempuan. Ya, karena perempuan sangat mengutamakan penampilannya. Walaupun komedo juga terjadi pada pria.

Komedo dihasilkan dari akumulasi sebum dan kotoran sehingga menyumbat pori-pori. Awalnya komedo ini berupa sekumpulan sebum yang tampak seperti nodul putih dibawah kulit (komedo putih/whiteheads), namun adanya interaksi dengan oksigen diudara menyebabkan reaksi kimia yang membuat pori-pori dan isinya menjadi menghitam.

BACA JUGA: 10 Merk Terbaik Pembersih Komedo untuk Pria dan Wanita

Tidak dapat dipungkiri,dengan melakukan perawatan wajah dirumah memiliki peran penitng dalam melenyapkan komedo putih diwajah anda. Apa saja yang anda bisa lakukan dirumah untuk membasmi komedo putih? Yuk simak dibawah ini.

Cara Tepat Menghilangkan Komedo Putih

1. Menggunakan Obat Jerawat

Cara pertama adalah dengan menggunakan obat jerawat. Pilihlah obat jerawat yang mengandung asam salisilat yang berfungsi untuk membersihkan sel kulit yang mati sehingga dapat membantu membuka penyumbatan pada pori-pori.
Karena kelebihan minyak adalah penyebab utama munculnya komedo pada wajah anda, dan minyak diwajah dapat dikurangi oleh zat ini. Sementara itu fungsi benzoil peroksida adalah untuk membasmi bakteri dipori-pori pada jerawat.

Agar kedua zat dapat bekerja secara maksimal, perhatikan cara pemakaianya:

  • Pertama-tama anda harus memebrsihkan wajah anda terlebih dahulu.
  • Setelah dibersihkan lalu oleskan wajah anda mengunakan obat jerawat.
Hindari menggunakan obat jerawat secara berlebihan, lebih baik gunakan obat jerawar dengan dosis sesuai anjuran dokter.


2. Membersihkan Wajah

Cara kedua adalah dengan membersihkan wajah. Dengan membersihkan wajah dengan teratur sebanyak 2x sehari. Pilihlah pembersih wajah yang lembut, dan perhatikan gerakan saat membersihkan wajah. Hindari menggosok wajah dengan keras karena akan membuat jerawat semakin parah.

3. Minyak Pohon Teh

Ketiga adalah dengan mengoleskan minyak pohon teh. Minyak pohon teh adalah obat alami yang mungkin efektif untuk melawan komedo putih. Dengan menggunakan minyak pohon teh penyembuhan komedo memang lebih lama daripada menggunakan benzoil peroksida.
  • Bersihkan wajah anda terlebih dahulu.
  • Lalu oleskan minyak kelapa pada seluruh wajah anda secara merata.
  • Diamkan sekitar selama 30 menit sampai kering.
  • Kemudian bilas wajah anda menggunakan air hangat.


Nah, itulah ulasan tentang cara tepat menghilangkan komedo putih. Apabila penjelasan diatas ada yang kurang jelas, atau anda ingin berbagi pengalaman silahkan comment dibawah ya gais. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA:
KOMENTAR

0 comments