Wednesday, 5 April 2017

Obat Jerawat Isotretinoin, Manfaat dan Efek Samping

Jerawat adalah masalah kulit yang sudah sangat umum. Jerawat tidak kenal pada wanita maupun pria, baik muda maupun tua. Jerawat dapat hadir kapan saja dan dimana saja. Hadirnya jerawat sangat merusak penampilan dan membuat kita tidak percaya diri.
Banyak faktor yang menyebabkan timbulya jerawat. Salah satu faktor timbulnya jerawat adalah lingkungan sekitar, faktor stress, dan bahkan karena makanan yang anda konsusmi. Jika wajah anda tidak ingin dihinggapi jerawat, maka jauhilah makanan yang tidak sehat.

Apa saja sih makanan yang tidak sehat? Yakni makanan berlemak, berminyak, makanan junkfood. Makanan seperti itu memang lezat, namun tidak menjadi lezat jika langsung wajah anda menjadi jerawatan karena makanan tersebut.

Banyak pengobatan yang anda bisa lakukan untuk menyembuhkan jerawat. Mulai dari perawatan ke dokter kecantikan, menggunakan gel, atu krim jerawat, menggunakan bahan-bahan alami. Namun, kali ini Adajerawat.com sarankan untuk anda menggunakan obat jerawat isotretinoin.

BACA JUGA: Wow! Ternyata Inilah Penyebab Jerawat Batu di Wajah

Apa itu Isotretinoin?

Isotretinoin adalah obat untuk mengatasi jerawat diwajah anda. Obat ini berfungsi untuk menekan aktivitas kelenjar minyak dikulit sehingga jumlah minyak yang dihasilkan berkurang. Selain itu obat ini juga bisa mengurangi ukuran kelenjar minyak dan peradangan yang timbul akibat jerawat.

Jika sudah terjadi peradangan seperti ini, sediakanlah obat jerawat isotretinoin. Oleskan obat ini pada wajah anda. Namun, jika perawatan yang dilakukan dengan obat oles isotretinoin tidak kunjung mereda, dokter akan meresepkan tablet atau kapsul isotretinoin untuk mengatasi jerawat yang lebih parah.

Obat isotretinoin ini dapat digunakan oleh usia 12 tahun keastas, jika masih dibawah 12 tahun lebih baik jangan menggunakan obat ini. Obat jerawat ini mampu mengatasi masalah jerawat sedang hingga parah.

Penggunaan obat isotretinoin ini perlu menggunakan resep dokter. Pastikan anda mengikuti resep dan petunjuk yang diarahkan oleh dokter berdasarkan hasil kesehatan anda.


Peringatan

  1. Waspada jika anda memiliki keluarga yang memiliki penyakit kanker kulit
  2. Jauhkan obat ini dari ibu hami, menyusui atau yang sedang berusaha memiliki keturunan. 
  3. Harap hati-hati bagi penderita gangguan kulit selain jerawat, seperi rosacea dan eksim, diabetes, gangguan ginjal, gangguan hati, depresi, mata kering, kolestrol tinggi, dan yang kelebihan vitamin A.
  4. Jangan mendonorkan darah selama anda menggunakan obat ini, minimal sebulan setelah baru boleh mendonorkan darah kembali.
  5. Jika terjadi reaksi alergi, segera temui dokter.


Cara Penggunaan

  • Bersihkan wajah anda terlebih dahulu
  • Oleskan dengan cara tipis-tipis menggunakannya.
  • Gunakan obat ini sebanyak 2 kali, pagi dan malam hari. Jika kondisi wajah membaik, dokter akan mengurangi dosis pemakaiannya.

Jangan langsung menggunakan isitretinoin jika sebelumnya telah melakukan perawatan yang menyebabkna kulit wajah terkelupas, tunggulah selama beberapa hari agar kulit pulih kembali, dan baru bisa anda menggunakan obat ini.

Hindari sinar terik matahari saat menggunakan obat isotretinoin serta gunakan tabir surya dengan SPF minimal 15. Hal ini karena isotretinoin dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Nah, itulah ulasan tentang obat jerawat isotretinoin. Apabila penjelasan diatas ada yang kurang jelas, atau anda ingin berbagi pengalaman silahkan comment dibawah ya gais. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA: 
KOMENTAR

0 comments