Wednesday, 5 April 2017

Obat Jerawat Tetracycline, Manfaat dan Efek Samping⁠⁠⁠⁠

Siapa sih yang tidak jengkel dengan masalah kulit wajah seperti jerawat ini. Hadirnya jerawat membuat kita semua tidak percaya diri, dan mengurangi nilai penampilan kita sehari-hari. Banyak faktor yang menjadi penyebab hadirnya jerawat pada wajah anda.
Ya, Mulai dari faktor lingkungan, makanan yang anda konsumsi, faktor stress, dan masih banyak penyebab jerawat lainnya. Jerawat juga disebabkan karena kelenjar minyak diwajah anda berlebih, minyak diwajah memang penting untuk melembapkan kulit.

Namun, jika kebanyakan juga tidak baik, karena dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat. Maka dari itu, bagi anda yang memiliki kulit wajah berminyak, dan sering berpergian, anda diharuskan membawa oil control film, bertujuan untuk menyerap minyak pada wajah anda dan mencegah hadirnya jerawat.

BACA JUGA: Obat Jerawat Quinoderm Cream, Manfaat dan Efek Samping

Nah, kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang obat jerawat Tetracycline. Apasih obat tetracycline itu? Apa kandungannya? Apa manfaatnya? Daipada anda pnasaran seperti ini, lebih baik yuk simak penjelasannya dibawah ini.


Apa Sih Tetracycline?

Tetracycline adalah kelompok obat antibiotik. Obat ini berfungsi untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri dengan menghentikan pertumbuhan bakteri. Obat ini tidak akan berfungsi untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh virus, seperti flu dan batuk.

Obat tetracycline biasanya digunakan untuk mengobati beberapa kondisi seperti dibawah ini:
  1. Infeski saluran kemih, yang disebabkan oleh infeksi bakteri spesies Klebsiella. Escherichia  coli, Streptococcus facelis, da bakteri lainnya.
  2. Penyakit menular seperti sifilis dan chlamydia (klamidia).
  3. Infeksi kulit, diantaranya yang menyebabkan jerawat rosasea, Rosesea adalah penyakit yang memengaruhi wajah degan geja seperti bintik-bintik, kista pada kulit, muka memerah, dan pembuluh darah yang semakin terlihat.
  4. Infeksi saluran pernafasan. Infeksi saluran pernafasan bawah dan pneumonia yang disebabkan oleh strepcoccus pneumonia, haemophilus influenza, klebsilella pneumonia, dan organisme lainnya.

Manfaat Obat Tetracycline?


Obat ini hanya dapat dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak-anak diatas 12 tahun. Jika masih dibawah 12 tahun, lebih baik jangan mengkonsumsi obat tersebut, agar hal yang tidak kita inginkan tidak terjadi.

BACA JUGA: Wow! Ternyata Ini Penyebab Jerawat Batu di Wajah

Peringatan!

  1. Bagi wanita yang sedang hamil, sedang menyusi, bahkan sedang proses kehamilan, jangan mengkonsumsi obat ini.
  2. Jika anda mengkonsumsi pil KB, dan anda juga mengkonsusmi obat tetracycline maka pil KB anda tidak berfungsi.
  3. Dalam dua jam sebelum atau sesudah mengkonsumsi obat ini, janganlah mengkonsumsi multivitamin atau suplemen yang mengandung kalsium, zat besi, magnesium, zinc, dan antasida.
  4. Jika terasa alergi atau overdosis, harap segera hubungi dokter, jangan didiamkan saja.
  5. Harap waspada para penderita ginjal, penyakit hati, lupus, dan lansia saat mengkonsumsi obat ini.


Dosis Tetracycline

Dosis umum mengkonsumsi tetracycline adalah 250-500 mg setiap 6 jam sekali dalam jangka waktu 10-15 hari. Untuk kondisi yang berbahaya, kadang dosis konsumsi tetracycline bisa dilanjutkan selama 30 hari.

BACA JUGA: Mengerikan! Hal Ini akan Terjadi Jika Anda Kurang Tidur


Aturan Mengkonsumsi Obat Tetracycline

Pastikan anda membaca petunjuk pada kemasan obat dan mengikuti anjuran dokter dalam mengkonsumsi tetracycline. Jangan pernah menambahkan atau mnegurangi dosis yang diberikan oleh dokter.

Obat ini baik dikonsumsi saat keadaan perut kosong, disarankan mengkonsumsi satu jam sebelum makan atau dua jam setelah makan. Banyakah minum air jika mengkonsumsi obat ini, pastikan anda berdiri tegak saat meminumnya. Jangan berbaring selama 10 menit setelah mengkonsumsi obat ini.

BACA JUGA: Obat Jerawat Freederm Gel, Manfaat dan Efek Samping


Efek Samping Tetracycline

  • Tidak nafsu makan.
  • Muntah dan mual.
  • Diare.
  • Pusing.
  • Sakit atau iritasi tenggorokan.
  • Munculnya infeksi jamur yang menyebabkan gatal-gatal pada mulut atau vagina.

Nah, itulah ulasan tentang obat jerawat tetracycline. Apabila penjelasan diatas ada yang kurang jelas, atau anda ingin berbagi pengalaman silahkan comment dibawah ya gais. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA: 
KOMENTAR

0 comments