Wednesday, 7 June 2017

20 Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan

20 manfaat buah kurma untuk kesehatan- Kurma adalah buah yang datang dari timur tengah dan termasuk kedalam tanaman palma. Pohon kurma mempunyai tinggi sekitar 15-25m, buah yang dihasilkan umumnya memiliki panjang 3-7cm, berdiameter 2-3cm berbiji tunggal.

Buah kurma dibagi menjadi 3 kelompok paling utama yakni kelompok lunak, semi keringserta kering. Buah yang dahulunya diprediksi dari teluk persia ini mempunyai beragam jenis manfaat dengan kandungan vitamin serta mineral yang tinggi.

Kurma memiliki kandungan nutrisi yang banyak seperti thiamin, niasin, folat, riboflavin hingga tak heran bila buah ini memiliki banyak manfaat. Buah ini sangat pas dikonsumsi oleh ibu hamil serta menyusui, karna mengandung semacam hormon oksitosin.

Hormon itu dapat menolong untuk merangsang kontraksi otot polos pada rahang saat mendekati kelahiran sang buah hati. Pada saat pasca melahirkan, sari dari buah kurma bisa menolong untuk menstabilkan keadaan ibu serta mengembalikan nutrisi.
Bukan sekedar buah nya, tetapi juga biji kurma mempunyai manfaat. Untuk mendapatkan manfaat biji buah kurma, inilah langkah yang harus anda ketahui. Dengan menjemurnya sampai kering lalu di sangrai serta ditumbuk sampai berupa seperti biji kopi, lalu siap untuk diseduh.

Dalam 100 gr biji kurma terdapat protein sebesar 6,2%, lemak 9.32%, serat 13,6%, minyak sebesar 8%. Dari olahan biji kurma tersebut, anda dapat memanfaatkannya sebagai lulur dengan mencampurkannya dengan minyak zaitun serta madu. 

Anda juga dapat memberikan bubuk biji kurma dengan minyak zaitun lalu di oleskan ke kepala guna untuk mengatasi masalah kebotakan pada rambut anda. Berikut 20 manfaat buah kurma untuk kesehatan.

BACA JUGA:

20 Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan

Setelah anda mengetahui apa saja kandungan dari buah kurma. Adajerawat.com akan mengulas 20 manfaat buat kurma untuk kesehatan. Selamat Membaca.

1. Menghindari Gejala Rematik

Siapa yang mengira bila buah kurma memiliki kekuatan untuk menghindari rematik? ya, betul sekali. Buah kurma bermanfaat untuk menghindari terjadinya gejala rematik, karna kurma mengandung banyak mineral yang berguna untuk kesehatan tulang serta otot.
Makan 15 buah kurma setiap hari maka keperluan tubuh akan terpenuhi dan bekal utama mineral seperti kalsium, kalium, magnesium, sulfur serta boron. Baca juga: 10 Pilihan Makana untuk Pengidap Rematik Asam Urat.

2. Serat Paling Baik untuk Usus

Usus yang bekerja terus menerus harus dibersihkan dari beberapa bekas makanan, agar kemampuan untuk mencerna kembali maksimal. Serat yaitu satu diantara zat yang berperan bersihkan usus. 
Kurma mengandung serat larut berbentuk pektin yang semakin banyak dibanding buah-buahan lain.

3. Menghindari Kanker Otak

Buah kurma mengandung mineral yang cukup tinggi serta kaya. Diantaranya magnesium, sulfur, potassium, kalsium serta boron yang berperan juga untuk mencegah kanker otak. 
Dengan konsumsi 15 butir kurma setiap hari anda dapat penuhi sampai 80% keperluan magnesium serta 70% keperluan sulfur.

4. Sebagai Sumber Energi

Dengan konsumsi 100 gr buah kurma segar, anda bisa penuhi keperluan daya harian 12% sampai 15%. Bila anda konsumsi kurma kering, kandungan anti oksidannya jadi menyusut. Kurma adalah sumber daya instan, hingga begitu baik dikonsumsi oleh anda ketika berbuka puasa.

5. Sumber Antioksidan

Seperti yang telah dijelaskan diatas, kurma adalah sumber antioksidan yang begitu bagus. Dimana manfaat antioksidan sendiri membuat perlindungan badan dari radikal bebas yang bisa mengakibatkan kanker. 
Otomatis dengan mengkonsumsi buah kurma dapat menolong anda terlepas dari berbagai jenis kanker. Beberapa zat fitokimia yang ada pada kurma diantaranya polifenol, sterol, tanin, serta karoten.

6. Menyembuhkan Demam Berdarah

Satu studi menunjukan bahwa konsumsi buah kurma dapat meningkatkan jumlah trombosit pada pasien demam berdarah.

Presentase penambahan kadar trombosit dengan pemberian sari kurma yaitu 23,90% per hari, sedangkan penambahan kadar trombosit tanpa menggunakan kurma yaitu 8,09 per hari. 
Kandungan sari kurma yang ikut yang ikut dalam tingkatan produksi trombosit yaitu beberapa karbonidrat diantaranya adalah manosa, galaktosa, arabinosa, serta xilosa sebagai bahan penyusun granula trombosit.

7. Melindungi Kesehatan Jantung

Kurma adalah buah yang kaya akan kandungan kalium. Satu diantara manfaat kalium yaitu melindungi kesehatan jantung serta pembuluh dara lantaran dapat menstabilkan denyut jantung aktifkan otot-otot jantung serta mengatur desakan darah.

8. Menghindari Kemungkinan Struk

Kemungkinan  struk dapat dikurangi sampai 40% lewat cara konsumsi kalium sejumlah 400 mg/100gr/hari. Keperluan kalium itu dapat dipenuhi dengan konsumsi minimum 5 butir kurma basah setiap hari. 
Bila anda menginginkan memperoleh jumlah yang semakin banyak anda dapat konsumsi jus buah kurma yang sekarang ini telah mengedar di super market. Tetapi yakinkan keasliannya dengan membeli di tempat yang dipercaya dan bisa dipertanggung jawabkan. 

9. Memperlancar Pencernaan

Telah dibicarakan diatas kurma memiliki kandungan serat larut dalam buah masak dan serat tidak larut dalam buah yang belum masak. 

Bila serat larutnya dapat dapat bersihkan  saluran pencernaan maka serat larutnya bertugan sebagai pendukun perubahan prebiotik baik dibutuhkan untuk bersihkan sistem pencernaan dan juga melancarkan BAB.

10. Aman untuk Pasien Hipertensi

Apakah kurma aman untuk seseorang yang mengalami hipertensi atau darah tinggi?. Butuh diketahui bahwa kurma juga rendah natrium dan tinggi kalium yang jumlah bersamaan tingkat kematangannya hingga tepat dikonsumsi untuk pasien hipertensi. 

11. Mencegah Anemia

Anemia atau kurang darah kerapkali dihadapi oleh wanita terlebih yang tengah dalam kehamilan. Lantas apakah kurma ini baik dikonsumsi pada saat ibu hamil? jawabannya adalah ya. Bahkan kurma juga memiliki kekuatan untuk menghindar dari anemia.
Kandungan zat besi serta kalsium pada kurma, bertindak dalam pembentukan sel darah merah. Diluar itu kandungan asam askrobatnya juga baik untuk melindungi ketersediaan zat besi pada badan hingga sistem produksi homaglobin bisa berjalan dengan baik. 

12. Tingkatkan Daya Ingat serta Kinerja Otak

Selanjutnya manfaat kurma yaitu untuk meningkatkan daya ingat serta kinerja otak. Hal semacam ini lantaran kandungan kalium yang tinggi pada kurma dapat memperlancar distribusi oksigen ke otak serta membuat lancar keseimbangan badan.
Perlu diketahui kalium merupakan mineral yang penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Faktanya kalium merupakan mineral ketiga yang paling banyak terdapat didalam tubuh.

13. Menghindari Insomnia

Insomnia atau kesusahan untuk tidur, seringkali diderita oleh seseorang sekarang ini. Efeknya keseimbangan badan mulai terganggu, lantaran sistem metabolismenya tidak teratur. Kandungan B3 yang terdapat didalam kurma dapat membantu anda mengatasi masalah insomnia.

14. Aman untuk Pasien Diabetes

Tidak hanya aman dikonsumsi untuk seseorang yang menderita darah tinggi, buah kurma juga aman dikonsumsi untuk pasien diabetes. Kurma mengandung karbonidrat simpel yakni Glukosa dan Fruktosa. Baca Juga: Menu Buka Puasa yang Aman untuk Penderita Diabetes.
Glukosa yaitu karbonidrat yang telah siap diserap serta memerlukan insulin dalam penyerapannya. Sedangkan Fruktosa yaitu gula yang ada didalam buah-buahan. Untuk masuk kedalam sel, Fruktosa tidak memerlukan insulin, maka dari itu kurma aman untuk pasien diabetes melitus.

15. Bebas Lemak Jenuh

Kurma adalah buah dengan kandungan serat yang baik serta tak mempunyai kandungan lemak jenuh dan kolestrol. Hal ini dikatakan oleh Fendy Susanto, STP, CPT, CFT, pakar gizi dari Nutrifood Research Center. Jadi jangan takut gemuk mengkonsumsi buah kurma.
Buah kurma ini juga sangat cocok untuk anda konsumsi disaat anda sedang menjalani program diet anda. Agar asupan gula untuk tubuh tetap terpenuhi tanpa khawatir berat badan anda naik.

16. Kaya Palifenol

Dikatakan oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), kurma mempunyai keseluruhan pelifenol yang lebih tinggi dibandingkan buah atau sayur yang umum kita konsumsi. Hal semacam ini lantaran lingkungan tempat kurma tumbuh adalah lingkungan yang kering seperti gurun.

Untuk itu pelifenol yang terdapat pada buah kurma memiliki peran sebagai antioksidan yang baik untuk kesehatan. Antioksidan pada pelifenol dapat mengurangi resiko pada penyakit jantung serta kanker.

17. Membantu Perubahan Otot

Satu diantara manfaat buah kurma adalah membantu perubahan otot. Hal semacam ini karena kurma memiliki segar mempunyai kandungan protein yang besar dibanding dengan buah-buahan lainnya.
Dalam buah kurma juga terdapat lysine yang berperan sebagai stimulan otot untuk berkembang.
Kandungan lysine pada kurma ini jauh lebih besar dibandingkan buah-buahan lainnya seperti jeruk. Tetapi kandungan protein kurma kering lebih rendah dibandingkan kurma segar. Maka dari itu jika anda ingin yang lebih banyak manfaatnya pilihlah kurma segar.

18. Mengatasi Penggumpalan Darah

Selanjutnya buah kurma juga dapat mengatasi penggumpalan pada darah. Karna buah ini memiliki kandungan asam salsiat yang berperan untuk mengatasi penggumpalan darah serta mengatur tekanan darah. 

Darah yang menggumpal dapat membahayakan tubuh lantaran dapat kemungkinan terjadinya struk dan serangan jantung.

19. Manfaat Kurma untuk Kulit

Selain dapat mengatasi penggumpalan darah asam salsiat yang terkandung didalam buah kurma bermanfaat sebagai kecantikan kulit. Dalam dunia kecantikan asam salsiat juga digunakan untuk bersihkan kulit dari berbagai jenis jerawat, komedo dan kulit berminyak.
Buah kurma juga bermanfaat untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak, mencegah penuaan dini, mencerahkan kulit, menghilangkan kulit kusam, mencegah iritasi atau infeksi kulit, dan membuat kulit lebih halus dan kenyal.

20. Manfaat Kurma Lainnya

Manfaat kurma lainnya yaitu dapat mengobati gatal-gatal, masuk angin, keputihan, sakit perut, sakit kepala serta migrain. Buah kurma juga dapat membantu meningkatkan kesuburan pria wanita dan juga dapat menghangatkan badan.  
Begitu banyaknya manfaat kurma untuk kesehatan tubuh kita, maka dari itu konsumsilah buah kurma setiap hari agar kita dapat terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan.

Nah, itulah 20 Manfaat kurma untuk kesehatan. Perbanyaklah konsumsi kurma untuk kesehatan tubuh anda, selain untuk kesehatan kurma juga enak loh. Semoga ulasan tadi bermanfaat. Selamat mencoba..

KOMENTAR

0 comments