Wednesday, 7 June 2017

6 Manfaat ASI Ekslusif Dibanding Susu Formula untuk Ibu dan Bayi

6 manfaat ASI ekslusif dibanding susu formula untuk ibu dan bayi- ASI atau Air Susu Ibu merupakan minuman wajib untuk bayi yang baru lahir. Pemberian ASI yang ekslusif pada bayi dapat memberikan manfaat yang sangat banyak baik untuk ibu maupun bayi.

Namun sayangnya, banyak orang tua yang belum menyadari akan pentingnya ASI untuk anaknya. Padahal manfaat ASI ekslusif sangat banyak sekali, baik dilihat dari segi ekonomi maupun kesehatan.

Sebelum membahas mengenai 6 manfaat ASI ekslusif dibanding susu formula untuk ibu dan bayi. Sebaiknya anda mengenali jenis ASI yang berguna untuk mendukung pemberian ASI ekslusif. Untuk lebih jelasnya berikut jenis ASI dan manfaatnya untuk bayi.

BACA JUGA: Inilah Cara Mengatasi Biduran pada Bayi dengan Bahan Alami.

1. Kolestrum

Kolestrum merupakan cairan yang berwarna kekuning-kuningan biasanya kolestrum akan diproduksi secara alami didalam tubuh pada hari ke-1 hingga hari ke-3.

Kolestrum sendiri kaya akan protein yang berfungsi untuk membentuk antibodi guna tubuh terhindar dari penyakit. Kolestrum juga seringkali disebut sebagai imunisasi alami untuk bayi yang baru lahir.

2. Susu Transisi 

Jenis ASI yang satu ini diproduksi setelah kolestrum, yaitu pada hari ke-4 hingga hari ke-10 setelah kelahiran bayi. Pada susu transisi terdapat immunoglobin dan laktosa dengan konsentrasi yang rendah daripada kolestrum.

Akan tetapi, susu transisi memiliki jumlah kalori dan kandungan lemak yang tinggi. Jika dibandingkan dengan susu kolestrum, susu transisi memiliki warna yang lebih putih seperti susu pada umumnya.

3. Susu Matur

Susu Matur merupakan jenis ASI yang keluar setelah hari ke-10 dan seterusnya setekah kelahiran. Susu matur memiliki warna putih dan kental. Komposisi utama susu matur adalah lemak dan karbonidrat.

6 Manfaat ASI Eksklusif Dibanding Susu Formula untuk Ibu dan Bayi

Pemberian ASI yang ekslusif pada bayi akan memberikan manfaat bagi ibu dan bayinya. Bayi yang diberikan ASI ekslusif terhindar dari kematian bayi. Untuk lebih jelasnnya Adajerawat.com akan memberikan ulasan mengenai seputar manfaat ASI ekslusif untuk ibu dan bayi.

1. Meningkatkan Kecerdasan

Manfaat pemberian ASI pada bayi yang paling utama yaitu dapat meningkatkan kecerdasan anak. Tidak hanya kecerdasan otak saja, tetapi ASI juga dapat meningkatkan kecerdasan mental anak. Di dalam ASI terdapat zat tidak dapat bisa ditemukan disusu manapun.

Zat khusus inilah yang dapat meningkatkan kecerdasan. Bisa dilihat anak yang diberi ASI ekslusif sangat berbeda dengan anak yang diberikan susu formula biasa. 

2. Menambah Kekebalan Tubuh Bayi

Manfaat pemberian ASI ekslusif yaitu dapat meningkatkan kekebalan tubuh pada bayi. Manfaat ASI ekslusif dibanding susu formula yaitu ASI dapat menambah sistem imun untuk menambah kekebalan tubuh pada bayi. 

Bayi yang diberikan susu formula kekebalan tubuhnya sangat kurang. Hal ini tentu dapat dibandingkan bayi yang diberikan susu formula akan lebih mudah terkena penyakit dibandingkan bayi yang diberi ASI ekslusif.

3. Lebih Terjamin Mutunya

ASI juga sudah terjamin mutunya, selain itu ASI juga keluar langsung dari tubuh ibu dan tidak terkomtaminasi oleh bahan-bahan kimia yang mungkin berbahaya untuk bayi. ASI juga lebih ekonomis karena gratis dan dijamin bagus.

4. Mencegah Infeksi Usus

Manfaat ASI ekslusif pada bayi selanjutnya yaitu dapat mencegah infeksi usus pada bayi. Sistem pencernaan bayi masih sangat rentan. Karna tidak semua susu formula cocok dikonsumsi bayi. 

Susu yang paling baik dikonsumsi bayi adalah ASI. ASI dapat mencegah terjadinya infeksi pada usus bayi. Karna ASI memiliki sistem imum alami untuk bayi.

5. Membuat Ibu Lebih Sehat

Tidak hanya bermanfaat untuk bayi saja, ibu juga dapat manfaat yang sangat luar biasa dari pemberian ASI pada anak. Manfaat pemberian ASI pada anak yaitu dapat membuat ibu lebih sehat. Tidak hanya itu, hubungan ibu dan anak dapat terjalin dengan baik melalui pemberian ASI. 

6. Mengurangi Resiko Kanker Ovarium

Hingga saat ini banyak sekali peneliti yang melakukan pengamatan hubungan antara infertilitas dan tidak menyusui. Hasilnyapun mengejutkan seorang ibu yang tidak menyusui lebih rentan mengalami resiko kanker dibandingkan ibu menyusui.

BACA JUGA: 7 Daftar Makan yang Membuatmu Terlihat Cepat Tua.

Banyak sekali bukan manfaat ASI ekslusif. Jangan ragu lagi untuk memberikan ASI pada Bayi. Jika anda tidak sempat atau terlalu sibuk untuk memberikan ASI kepada buah hati anda. Anda dapat menyiasatinya dengan memberikannya ASI lewat botol.

Andapun dapat simpan ASI anda dibotol dengan meletakannya didalam freezer. Dan anda dapat menghangatkannya ketika hendak diberikan kepada buah hati anda. Bagi para ibu yang sangat sayang pada buah hati anda, berikasn ASI ekslusif anda.

Itulah 6 Manfaat ASI ekslusif dibanding susu formula untuk ibu dan bayi. Semoga ulasan tersebut bermanfaat. Ingat luangkan waktu anda untuk memberikan ASI pada buah hati anda tercinta yah bunda. Terimakasih :)

BACA JUGA:

KOMENTAR

0 comments