Monday, 12 June 2017

Inilah 10 Bahaya Kelebihan Vitamin C Bagi Tubuh Kita

Vitamin C merupakan vitamin yang sangat penting bagi tubuh, terutama untuk kesehatan kulit termasuk melindungi dari efek sinar matahari, menangkal dampak polusi, menjaga kekebalan tubuh, mengurangi resiko kanker, memperpendek kondisi demam influenza, dan masih banyak lagi.

Vitamin yang juga disebut dengan nama Asam askorbat juga sangat bermanfaat bagi ibu yang sedang hamil, karena bisa mengurangi resiko komplikasi kehamilan atau pre-eklampsia yang bisa membahayakan.
Akan tetapi, kelebihan dosis vitamin C justru bisa menghasilkan efek samping yang berlawanan, misalnya vitamin C bisa membantu menurunkan resiko penyakit ginjal, akan tetapi jika berlebihan justru bisa meningkatkan resiko terkena batu ginjal.

Menurut webMD, dosis vitamin C yang aman dan disarankan adalah 120 mg. Sementara itu dosis yang sangat beresiko adalah 2000 mg perhari, dan bagi orang dengan batu ginjal, dosis1000 mg sudah bisa membahayakan.

BACA JUGA: Milia, Jerawat pada Bayi! Yuk Simak Ulasannya

Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang 10 Bahaya Kelebihan Vitamin C Bagi Tubuh Kita. Penasaran apa saja bahaya jika kelebihan vitamin C? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Berikut 10 Bahaya Kelebihan Vitamin C Bagi Tubuh Kita

1. Mual dan Mulas

Kelebihan mengkonsumsi vitamin C bisa menimbulkan gejala seperti mual, mulas, masalah perut seperti diare, pusing, sakit kepala, ruam kulit, kulit wajah memerah, dan muntah-muntah dengan disertai kram perut.

2. Diabetes

Akibat dari kelebihan vitamin C yang paling parah dan paling diwaspadai adalah penyakit diabetes. Bagi kamu yang sudah terjangkiti diabetes sebaiknya perlu memerhatikan asupan suplemen vitamin C anda.
Kamu harus selektif dalam memilih suplemen vitamin C dan ada baiknya juga berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Karena vitamin C memiliki efek terhadap kadar gula yang berada dalam darah.


3. Penyakit Jantung

Dampak lain dari kelebihan konsumsi vitamin C ialah resiko kematian yang meningkat akibat penyakit jantung. Hal ini lebih beresiko terjadi pada wanita. Apalagi para wanita yang telah melewati menopause dan sedang menderita diabetes.
Jika konsumsi melebihi dosis 300 mg per harinya, maka bisa menyebabkan sakit jantung dan meningkatkan resiko kematian.

4. Tubuh Mudah Lemas

Fungsi vitamin C adalah memang untuk meningkatkan daya tahan tubuh, namun ternyata dengan kelebihan vitamin C justru memiliki pengaruh terhadap lemahnya tubuh. Kelebihan vitamin C pada tubuh akan membuat kamu merasa lemas serta otot – otot kamu juga akan terasa lemas.
Hal ini berlawanan dengan kesadaran kamu. Ketika tubuh lemah akibat kelebihan vitamin C, kesadaran kamu justru terjaga. Dan juga bisa terjadi gangguan tidur atau sering disebut dengan insomnia. Karena konsumsi vitamin C yang berlebihan mengakibatkan tubuh bekerja lebih.

5. Kulit Menjadi Kemerahan

Dampak selanjutnya adalah terjadinya kemerahan pada kulit. Pemberian langsung vitamin C pada kulit juga dapat memicu timbulnya alergi, ruam dan iritasi pada kulit. Jadi dosis vitamin C yang tepat bisa membuat kamu lebih cantik namun jika kelebihan mengonsumsi vitamin C justru menimbulkan gangguan pada kulit.


6. Gangguan Pada Proses Penyembuhan Penyakit Kanker

Vitamin C diketahui sebagai salah satu pencegah tumbuhnya kanker. Namun ternyata jika vitamin C mengalami kelebihan dalam tubuh, justru memiliki efek yang buruk. Kelebihan vitamin C dapat menjadi penghambat dari proses penyembuhan penyakit kanker.

7. Penyakit Batu Ginjal

Akibat dari kelebihan vitamin C ialah bertambah beratnya kerja ginjal. Tidak hanya itu, resiko terbentuknya batu ginjal juga semakin meningkat. Mengonsumsi vitamin C secara berlebihan akan meningkatkan oksalat dalam uri.
Hal tersebut dapat menghasilkan batu ginjal kalsium oksalat. Jadi semakin tinggi kelebihan vitamin C yang anda konsumsi, semakin membuat ginjal keras bekerja dan dapat mengganggu kesehatan ginjal.


8. Alergi

Mengkonsumsi vitamin C yang melebihi dosis juga bisa berakibat pada reaksi alergi. Beberapa suplemen vitamin C juga mengandung jagung. Hal tersebut dapat memicu terbentuknya gejala alergi.

9. Darah Menjadi Encer

Dengan kelebihan vitamin C pada tubuh juga mengakibatkan darah menjadi lebih encer. Karena vitamin C memiliki sifat antikoagulan yang memiliki efek mengencerkan darah. Jadi kelebihan asupan vitamin C dapat mengakibatkan darah menjadi lebih encer.

10. Masalah Fisiologis

Seseorang yang mengalami kelebihan vitamin C pada tubuhnya juga akan mengalami masalah – masalah fisik pada tubuhnya.


Berikut Dosis Vitamin C yang Dibutuhkan Manusia Setiap Harinya:

  • Bayi 0 – 6 bulan membutuhkan 40 mg vitamin C per harinya.
  • Bayi 7 – 12 bulan membutuhkan 50 mg vitamin C per harinya.
  • Anak 1 – 3 tahun membutuhkan 15 mg vitamin C per harinya.
  • Anak 4 – 8 tahun membutuhkan 25 mg vitamin C per harinya.
  • Pria 9 – 13 tahun membutuhkan 45 mg vitamin C per harinya.
  • Pria 14 – 18 tahun membutuhkan 75 mg vitamin C per harinya.
  • Pria 19 – 70 tahun membutuhkan 90 mg vitamin C per harinya.
  • Wanita 9 – 13 tahun membutuhkan 45 mg vitamin C per harinya.
  • Wanita 14 – 18 tahun membutuhkan 65 mg vitamin C per harinya.
  • Wanita 19 – 70 tahun membutuhkan 75 mg vitamin C per harinya.
  • Wanita hamil umur kurang dari 18 tahun membutuhkan 80 mg vitamin C per harinya.
  • Wanita hamil umur 19 – 50 tahun membutuhkan 85 mg vitamin C per harinya.
  • Wanita menyusui kurang dari 18 tahun membutukan 115 mg vitamin C setiap harinya
  • Wanita menyusui 19 – 50 tahun membutuhkan 120 mg vitamin C per harinya.

Nah, itulah ulasan tentang 10 Bahaya Kelebihan Vitamin C Bagi Tubuh Kita. Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA:
KOMENTAR

0 comments