Thursday, 15 June 2017

10 Bahaya Makan Terlalu Cepat Bagi Kesehatan

10 bahaya makan terlalu cepat bagi kesehatan- Resiko makan terlalu cepat sering dialami oleh orang yang memiliki aktivitas harian yang super padat. Baca juga: 22 cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi dan cara mencegahnya.

Sarapan dan makan malam seharusnya menjadi momen  yang mengasyikan bagi kita, apalagi kegiatan ini dilakukan bersama keluarga atau teman dekat. Namun, situasi sangat beda jika anda tidak memiliki waktu luang.

Sehingga anda mengunyah makanan dengan cepat. sebelum masuk kedalam sistem pencernaan di perut, makanan harus dikunyah dalam mulut dengan lembut. Tujuannya untuk meringankan kinerja pencernaan bagian dalam.
Makan terlalu cepat dan terburu-buru dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Jadi semakin lembut makanan dikunyah, maka usus lebih mudah untuk menyeap nutrisi di dalamnya.

 Nutrisi dalam makanan akan diubah menjadi energi dan kebutuhan tubuh yang lain. Jadi masalahnya disini, bukanlah seberapa banyak makanan yang mampu anda telan tapi bagaimana mulut mengunyah makanan tersebut.

Sedikit makanan yang dikunyah dengan lembut, lebih baik daripada makan terlalu banyak yang dilakukan dengan tergesa-gesa.

Kebiasaan makan sangat cepat mungkin dialami oleh sebagian orang, bisa karena ia terlalu lapar sehingga tidak bisa mengendalikan nafsu makannya ataui bisa juga karena malas mengunyah atau memang karena mereka tipe orang yang tidak bisa makan terlalu lama.

Akan tetapi, kebiasaan makan cepat dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan kita. Yang seharusnya makan membuat tubuh kembali bugar dan bertambah sehat, justru malah akan membuat tubuh menjadi tidak sehat.

Jadi anda tipe orang yang mana? makan cepat atau justru makan pelan? jika anda termasuk orang yang makannya lambat, anda justru patut bersyukur. Meskipun kadang anda menjadi orang yang terakhir selesai makan.

Penelitian menunjukan bahwa makan terbaik adalah menikmati pelan-pelan makanan anda, bukan melahapnya cepat-cepat. Kecepatan makan anda tanpa disadari dapat mempengaruhi kesehatan tubuh.

Jika anda makan terlalu cepat, anda beresiko mengalami beberapa gangguan, baik pada pencernaan atau metabolisme. Untuk mengetahui lebioh lanjut Adajerawat.com akan mengulas 10 bahaya makan terlalu cepat bagi kesehetan. Berikut ulasannya.

10 Bahaya Makan Terlalu Cepat Bagi Kesehatan

Untuk menghabiskan satu posrsi makanan berat, misalnya makan siang atau makan malam, anda membutuhkan waktu kira-kira 20 menit. 
Biasannya anda bisa menghabiskan sepiring makanan dalam waktu 10 menit atau bahkan kurang dari itu. Itu berarti anda makan terlalu cepat. Inilah bahaya makan terlalu cepat bagi kesehatan.

1. Resiko Tergigit

Biasanya ketika makan terlalu cepat dibenak kita hanya terlintas makanan yang harus segera kita habiskan. Hal tersebut memungkinkan resiko lidah kita tergigit, karena kita lupa akan hati-hati dalam mengunyah makanan. 

Dampaknya jika kita terlalu cepat makan dan lidah kita tergigit maka resikonya adalah akan menimbulkan sariawan hingga infeksi pada mulut. 

2. Tersendak

Saat anda makan terlalu cepat, anda berisiko ternsendak karena makanan belum dikunyah secara sempurna. Meskipun tersendak merupakan kejadian yang cukup umum, sebaiknnya jangan menyepelekan kasus ini. 

Apabila makanan tersangkut di kerongkongan, saluran napas anda akan terhambat dan anda jadi tidak bisa bernapas. Jika tidak ditangani dengan baik, hal ini dapat menyebabkan kematian.

Bahkan mungkin sejak kecil orang tua anda sudah pernah mengingatkan bahayanya makan cepat, jadi sebaiknya anda mengindahkan nasihat klasik orang tua yang satu ini.

3. Gangguan Pencernaan

Dampak lain dari makan terlalu cepat adalah gangguan pencernaan. Hal tersebut ditandai dengan naiknya asam lambung dan juga gangguan dalam proses pencernaan makanan.

Jika hal tersebut terjadi terus menerus maka sindrom iritasi usus dan komplikasi gastrointestinal lainnya akan menyerang tubuh bagi siapa saja yang punya kebiasaan makan cepat.

4.  Pencernaan Bekerja Terlalu Keras

Hampir dengan kasus tersendak, jika anda makan terlalu cepat biasanya makanan belum dilumatkan sampai halus di mulut anda. Andapun akan menelan makanan yang masih keras. 

Akibatnya, usus anda jadi harus bekerja jauh lebih keras lagi untuk melumatkan dan mencerna makanan anda. Jika pencernaan bekerja terlalu keras, usus pun kesulitan untuk membersihkan diri dan meregenerasi sel-sel yang membantu penyerapan nutrisi dalam tubuh. 

Karena itu, besar kemungkinan makanan tidak tercerna dan terserap tubuh dan maksimal sehingga meninggalkan sisa-sisa zat dan racun dalam tubuh anda.

5. Nafsu Makan Tidak Terkendali

Pada umumnya otak dan perut akan bekerja sama untuk mengendalikan nafsu makan, namun proses tersebut membutuhkan waktu kurang lebih selama 20 menit. Jadi jika kita makan terlalu cepat maka proses pengendalian nafsu makan kamu tidak terkendalikan.

6. Berat Badan Naik

Ketika makan terlalu cepat, otak dan perut tidak bekerja sama mengendalikan nafsu makan sehingga menyebabkan porsi makan kamu meningkat otomatis perutmu akan terisi terus dengan makanan.

Hal tersebit juga membuat kita tidak tahu kapan harus berhenti memasukan makanan ke dalam perut. Oleh sebab itu maka kemungkinan berat badan kita akan naik namun tidak dengan cara yang sehat.

7. Gangguan Sinyal Otak

Ketika makan terlalu cepat, kita akan sulit membedakan apakah kita benar-benar lapar secara fisik atau hanya lapar mata saja ketika melihat makanan-makanan yang lezat. 

Ketika proses pengiriman sinyal otak terganggu biasa nya kita akan terjebak di pola makan emotional eating yang akan berdampak tidak baik pada kesehatan tubuh.

8. Makan Terlalu Banyak

Tubuh anda sebenarnya memiliki sistem sendiri untuk mengingatkan bahwa anda sudah cukup makan. Sistem saraf dan hormon yang bekerja dalam saluran pencernaan anda akan mengirimkan sinyal pada otak bahwa anda sudah kenyang. 

Namun, jika anda makan terlalu cepat, otak belum sempat menerima peringatan dari saluran pencernaan bahwa anda sudah kenyang. 

Akibatnya, meskipun anda sudah cukup makan, anda belum merasa kenyang juga. Inilah menyebabkan anda jadi makan terlalu banyak. Kebanyakan makan akan membuat perut terasa begah atau sakit. Selain itu, berat badan pun lebih cepat naik.

9. Meningkatkan Kadar Kalori

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of the Amerivan Dietetic Association mengungkapkan bahwa mereka makan terlalu cepat cenderung mengkonsumsi lebih banyak kalori dibanding mereka makan pelan.

Maka, anda yang sedang ingin mengurangu kadar kalori atau mengurangi berat badan sebaiknya mulai makan lebih lambat dari biasanya.

10. Meningkatkan Stres

Beresiko meningkatkan stres mengunyah makanan hingga lebut, akan membuat kita menikmati kelezatan makanan tersebut. Sensasi tenang dan senang akan dirasakan oleh otak, sehingga meredakan stres. 

Berbeda jika anda makan dengan cepat, maka tidak ada waktu untuk anda menikmati makanan. Mungkin anda akan cenderung memikirkan sesuatu yang justru menambah beban bagi pikiran. 

Terakhir, makan dengan tergesa-gesa akan menimbulkan beberapa masalah yang menyangkut masalah yang menyangkut kesopanan dan kepribadian.

Tips Menghindari Makan Terlalu Cepat

Beberapa orang sudah terbiasa untuk makan terlalu cepat. Maka mengubah kebiasaan ini bukan hal mudah. Meskipun sulit, anda tetap harus memulai melatih diri untuk makan lebih lambat guna men ghindari berbagai bahaya makan terlalu cepat. Berikut tips menghindari makan terlalu cepat.
  • Bila anda biasannya memasukan sesendok besar makanan ke mulut, kurangi jumlah makan disendok hingga setengahnya.
  • Setelah anda menyendokan makanan ke mulut, letakan kembali sendok, garpu, dan pisau di meja. Pastikan bahwa selama anda mengunyah, anda tidak memegang sendok untuk menyiapkan suapan berikutnya.
  • Kunyah makanan anda sampai lumat sepenuhnya, biasanya anda harus mengunyah 5 hingga 10 untuk makanan lembut dan 20 sampai 30 kali makanan padat dan keras.
  • Jika anda sudah mengunyah sampai lumat, telan makanan sampai habis dan jangan menyuapkan makanan lagi sampai sisa makanan dimulut sudah tertelah bersih.
  • Setelah semua sisa makanan di mulut tertelan, barulah anda bisa menyiapkan suapan berikutnya di sendok atau garpu makan anda.
Nah itulah 10 bahaya makan terlalu cepat bagi kesehatan. Cara makan ternyata menunjukan pribadi seseorang dan mempengaruhi kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat.

BACA JUGA:


KOMENTAR

0 comments