Tuesday, 13 June 2017

10 Bahaya Makanan Pedas Untuk Ibu Hamil dan Kesehatan

Makanan pedas banyak disukai oleh semua orang, sehingga tidak heran jika berbagai jenis masakan dibuat dengan rasa pedas. Mungkin disebabkan lidah kita telah terbiasa menikmati lezatnya rempah dan cabe pedas.
Dengan alasan untuk mengundang selera makan, berbagai makanan dibuat dengan citarasa pedas. Manfaat makanan pedas bagi kesehatan memang tidak dapat disangkal, jika dikonsumsi secara wajar.

Terutama cabe yang kaya akan vitamin C, baik untuk dimasukkan ke dalam menu harian kamu. Asalkan porsi tidak berlebihan, tidak terlalu pedas. Pertanyaan yang sering timbul, apakah makanan pedas aman dikonsumsi oleh ibu hamil? Adakah dampak buruk yang ditimbulkan olehnya?

Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan membahas tentang 10 Bahaya Makanan Pedas Untuk Ibu Hamil dan Kesehatan. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Apakah Ibu Hamil Aman Berpergian Jauh? Ini Penjelasannya

Berikut 10 Bahaya Makanan Pedas Untuk Ibu Hamil dan Kesehatan

1. Menyebabkan Diare

Pada ibu hamil, jika ia mengkonsumsi makanan pedas yang berlebihan mungkin akan menyebabkan diare. Jika diare ini terus menerus terjadi dan si ibu mengalami dehidrasi, disinal bahaya pada ibu dan janin akan mengintai.
Usahakan jika ibu hamil mengalami diare, selalu diberi minum untuk menghindari terjadinya dehidrasi.

2. Menyebabkan Mulas

Pengaruh makanan pedas pada ibu yang sedang hamil akan berbeda satu dengan ibu hamil lainnya. Beberapa orang ibu hamil bisa jadi tidak mengalami apa-apa saat ia mengkonsumsi makanan pedas, namun kejadiannya bisa lain pada beberapa ibu hamil yang lainnya.
Rasa mulas bisa timbul saat ia sedang maupun setelah mengkonsumsi makanan pedas tersebut.


3. Menyebabkan Kontraksi

Konsumsi makanan yang pedas dengan jumlah banyak bisa memicu terlepasnya hormone prostaglandin. Pelepasan prostaglandin dalam jumlah yang tinggi akan mendorong otot-otot halus sehingga terjadilah kontraksi. Sehingga hal ini mungkin akan sangat mengganggu dan anda pun akan mengira jika anda mungkin hendak melahirkan.
Secara umum, ibu hamil yang mengkonsumsi makanan pedas sebenarnya tidak masalah. Berbeda dengan mitos-mitos yang berkembang di masyarakat, dokter sendiri mengungkapkan jika tidak ada masalah seorang ibu hamil yang memakan makanan pedas.

Makanan pedas juga tidak memiliki pengaruh buruk pada janin yang sedang dikandung oleh si ibu. Janin yang dikandung di dalam rahim hanya akan mendapatkan makanan dari nutrisi yang terserap. Jadi untuk rasa pedasnya tidak akan terserap oleh si janin.


Bahaya Makanan Pedas untuk Kesehatan

1. Menyebabkan Maag

Seorang yang sering makan makanan yang pedas, dalam jangka waktu lama kemungkinan besar dapat menderita penyakit maag. Maag juga dapat mengarah ke maag dalam tingkatan yang akut. Gejala-gejala jika lambung anda terkena maag adalah mual, perut kembung, muntah hingga diare.

2. Kulit Kemerahan

Memegang cabe atau makanan pedas lainnya sebelum dikonsumsi dapat mengakibatkan tangan anda mengalami sindrom tangan Hunan. Sindrom tangan Hunan ini berupa sakit, kemerahan serta bengkak di area kulit yang terkenan makanan pedas tadi.


3. Menyebabkan Sakit pada Dinding Lambung

Pedas menjadi salah satu faktor yang dapat membuat asam lambung meningkat. Memakan makanan pedas dalam jumlah yang banyak akan membuat asam lambung meningkat dalam jumlah yang banyak pula. Jika asam lambung ini dalam jumlah banyak, maka akan mengiritasi dinding lambung.

4. Menyebabkan Lidah Mati Rasa

Jika kamu memakan makan pedas pada level yang sangat tinggi, akibat yang mungkin terjadi adalah mati rasa yang akan dialami lidah anda. Kondisi lidah mati rasa ini dapat mencapai hingga tiga hari bila kamu tidak terbiasa terhadap tingkatan pedas tersebut.

5. Menyebabkan Mulas

Pedas yang sangat juga bisa langsung menyebabkan seseorang merasa mulas. Jika kondisi ini terjadi, kamu bisa mengatasinya dengan memakan makan yang bersift menyerap seperti roti.


6. Susah Tidur

Makanan pedas dapat menyebabkan sulit tidur, sebaiknya kamu mengkonsumsi makanan pedas pada saat siang hari dan jangan pada malam hari.

7. Menyebabkan Mata Perih

Jika setelah memegang makanan pedas kamu lupa mencuci tangan, dan tidak sengaja menyentuh mata, maka mata pun pasti akan terasa perih. Bermula dari perih, efek dari terkena makanan pedas di mata dapat juga membuat area sekitar mata menjadi membengkak.
Gunakan handuk yang sudah dibahasi lalu usapkan beberapa pada mata dan area sekitar mata. Jika perih semakin parah kondisinya, segera hubungi dokter.

Nah, itulah ulasan tentang 10 Bahaya Makanan Pedas Untuk Ibu Hamil dan Kesehatan. Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA:
KOMENTAR

0 comments