Friday, 9 June 2017

6 Bahaya Mengkonsumsi Gorengan Bagi Kesehatan

Kamu hobi mengkonsumsi gorengan? Apalagi sekarang sedang memasuki bulan suci Ramadhan, tidak lengkap sepertinya kalau buka puasa tidak menyantap gorengan terlebih dahulu. Tapi apakah kamu tahu apabila terlalau sering mengkonsumsi gorengan sangat tidak baik untuk kesehatan.

Ada banyak jenis gorengan yang dijual, seperti tempe goreng, tahu goreng, pisang goreng, lumpia goreng, ubi goreng, cireng, dan masih banyak lagi. Sudah dipastikan semua masyarakat pasti pernah mencoba dan merasakan bahwa camilan ini memang sangat lezat sebagai pengganjal perut.
Atau hanya sebagai hidangan pembuka sebelum makan. Namun demikian, ternyata gorengan memiliki banyak dampak yang berbahaya bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara terus menerus.

Bahaya gorengan dapat kita kategorikan berdasarkan berbagai aspek:

  • Tempat berjualan yang kotor
  • Minyak goreng yang tidak di ganti
  • Kertas pembungkus gorengan
  • Penggunaan bumbu
Lalu apa saja bahaya yang akan ditimbulkan akibat terlalu sering mengkonsumsi gorengan? Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang 6 Bahaya Mengkonsumsi Gorengan Bagi Kesehatan. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA:

Berikut 6 Bahaya Mengkonsumsi Gorengan Bagi Kesehatan

Terkadang banyak penjual camilan gorengantidak pernah mengganti minyak goreng yang digunakan. Sehingga mereka menggunakan minyak goreng bekas yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Keadaan ini membuat minyak goreng akan mengendap dan membentuk lemak trans yang sangat berbahaya. Bahayanya antara lain: 

1. Dapat Memicu Penyakit Jantung

Serangan jantung dan penyakit jantung terjadi sebagai akibat dari tingkat kolestrol tinggi yang terdapat pada tubuh jika mengkonsumsi gorengan berlebihan secara terus-menerus.

2. Terjadinya Masalah Pencernaan

Gangguan ini mungkin sepertinya bukanlah masalah kesehatan yang sangat serius ,namun jika fungsi dari pencernaan anda terganggu juga berakibat pada terjadi berbagai jenis penyakit yang berbahaya.


3. Dapat Memicu Penyakit Tukak Lambung

Efek lain yang di timbulkan dari mengkonsumsi gorengan adalah terjadinya penyakit tukak lambung yang berakibat pada terjadinya nyeri pada bagian sistem pencernaan. Bakteri yang menyerang bernama bakteri Pylori.
Jika kamu sering mengkonsumsi makanan cepat saji atau junk food  juga akan menyebabkan terjadinya  keasaman serta ulkus pada bagian perut.

4. Kanker

Merupakan efek terparah yang diperoleh bila mengkonsumsi gorengan yang minyaknya jarang atau hampir tidak pernah diganti secara berlebihan. Resiko terkena kanker akan meningkat dibandingkan yang tidak mengkonsumsi gorengan.


5. Kadar Kolesterol yang Sangat Tinggi

Kolestrol yang terdapat pada minyak goreng bekas akan menjadi lebih tinggi sebagai akibat dari pengendapan yang terjadi pada minyak goreng. Minyak goreng bekas yang sudah dipakai berulang-ulang akan membentuk lemak trans yang dapat meningkatkan kolestrol.

6. Membuat Tenggorokan Gatal

Gatal – gatal pada tenggorokan ini disebabkan oleh senyawa akreolin yang terbentuk oleh pengendapan minyak goreng tersebut.

Nah, itulah ulasan tentang 6 Bahaya Mengkonsumsi Gorengan Bagi Kesehatan. Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA:
KOMENTAR

0 comments