Thursday, 8 June 2017

6 Bahaya Perut Buncit Dan Cara Mengatasinya

Apakah kamu memiliki masalah dengan perut buncit dan berlemak? Sebaiknya segera lakukan langkah-langkah yang tepat untuk mengecilkannya. Karena memiliki perut buncit ternyata berbahaya bagi kesehatan.

Perut buncit disebut juga obesitas perut atau obesitas sentral. Penyebab perut buncit disebabkan penumpukan lemak pada bagian perut. Lemak di bagian perut ini terdiri dari dua macam, yaitu lemak subkutan dan lemak viseral.
Lemak subkutan adalah lemak yang berada di bawah kulit. Lemak ini dapat dicubit dan terlihat. Sedangkan lemak viseral berada di sekitar organ dalam tubuh sehingga tidak terlihat.

Lemak viseral inilah yang sering dihubungkan dengan kondisi obesitas di perut. Selain sangat berbahaya karena dapat meningkatkan risiko penyakit lain, lemak viseral sangat sulit untuk dihilangkan.

Perut buncit timbul oleh karena asupan makanan yang melebihi energi yang diperlukan untuk aktifitas fisik. Apabila kamu makan terlalu banyak dan kurang berolahraga, kamu akan mengalami penumpukan lemak pada tubuh, termasuk lemak di perut.

Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang 6 Bahaya Perut Buncit Dan Cara Mengatasinya. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Berikut 6 Bahaya Perut Buncit Dan Cara Mengatasinya

1. Diabetes

Kadar glukosa dalam darah meningkat dapat meningkatkan resiko diabetes. Lemak perut juga telah dikaitkan dengan gangguan metabolisme yang merupakan alasan lain penyebab diabetes.
Kenaikan berat badan sebesar 5 – 10 kg dari berat badan yang sehat akan meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2 sebesar dua kali lipat daripada orang yang tidak mengalami kelebihan berat badan.

BACA JUGA: 14 Merk Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Wajah Kering + Harga

2. Stroke

Aterosklerosis atau penyempitan pembuluh darah yang dapat menyebabkan pembekuan darah adalah kondisi yang mengawali banyak kasus stroke. Aterosklerosis dipicu oleh tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, merokok, dan kurang olahraga.
Sehingga kegemukan dan perut buncit dianggap sebagai faktor risiko sekunder yang dapat mengakibatkan stroke.

3. Resiko Penyakit Jantung

Dengan banyaknya timbunan lemak pada area perut dan pinggang dapat memicu penyakit jantung karena lemak dan pembekuan yang masuk ke dalam aliran darah.

4. Kolesterol

Lemak perut secara langsung terkait dengan kolesterol tinggi total dan LDL (kolesterol jahat), penurunan HDL (kolesterol baik), dan resistensi insulin.

5. Dampak Social dan Psikologis

Dampak sosial merupakan dampak yang cukup menyakitkan, khususnya bagi wanita. Karena cara pandang masyarakat saat ini yang menekankan pada penampilan fisik. Bahwa memiliki perut langsing lebih menarik dari pada memiliki perut buncit. Sehingga mereka yang memiliki perut buncit merasa kurang menarik.

6. Gangguan Pernafasan

Terganggunya pernafasan saat tidur lebih umum terjadi pada orang gemuk. Obesitas dikaitkan dengan peningkatan risiko terjadinya asma dan bronkitis berat, serta obesitas sindrom hipoventilasi dan insufisiensi pernapasan.

Cara Mengatasi Perut Buncit

Meskipun mengecilkan perut buncit bukan perkara mudah, Kamu tetap perlu berusaha mengatasi perut buncit. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan.
  • Kurangi konsumsi minuman beralkohol. Selain tidak baik untuk kesehatan, minuman beralkohol juga dapat menyebabkan perut Anda menjadi buncit.
  • Hindari stres karena dapat memicu perut buncit. Apabila kamu memiliki masalah, cobalah bermeditasi, lakukan relaksasi, dan berbincanglah dengan orang terdekat kamu.
  • Tidur yang cukup juga dapat membantu mengecilkan lemak pada perut. Lemak jaringan pada tubuh dapat berkurang jika tidur setidaknya 6-7 jam.
Nah, itulah ulasan tentang 6 Bahaya Perut Buncit Dan Cara Mengatasinya. Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA: 
KOMENTAR

0 comments