Tuesday, 20 June 2017

Begini Posisi Tidur Ibu Hamil Yang Baik dan Aman! Wajib Baca

Posisi tidur ibu hamil tidak boleh di anggap remeh. Karena janin yang terus membesar bisa membuat posisi tidur ibu menjadi serba salah. Terlebih lagi, jika ibu hamil mengalami keseulitan untuk bergerak mengubah posisi tidur.
Apabila posisi tidur yang salah pada ibu hamil bisa mengundang berbagai masalah kesehatan seperti, pembengkakan kaki, mendengkur, nyeri otot, penurunan tekanan darah, atau justru meningkatnya tekanan darah.

BACA JUGA: 10 Tanda-Tanda Bayi Susah BAB! Harus Diketahui

Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang Begini Posisi Tidur Ibu Hamil Yang Baik dan Aman! Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Begini Posisi Tidur Ibu Hamil Yang Baik dan Aman!

Tidur Menyamping ke Kiri

Sebagian ahli menganjurkan ibu hamil untuk tidur dalam posisi menyamping ke kiri. Hal ini bertujuan memperlancar sirkulasi darah, baik yang menuju jantung maupun yang menuju ke rahim, janin, dan ginjal. 
Selain itu, posisi menyamping ke kiri membuat bagian abdomen atau perut lebih nyaman dan tidak menekan organ hati yang terletak di sisi kanan. Posisi tidur menyamping ke kiri juga dapat mengurangi pembengkakan pada pergelangan kaki, kaki, dan tangan.

Hal itu karena posisi tersebut membantu ginjal bekerja lebih leluasa dalam membersihkan zat sisa dan cairan dari tubuh. Bila ginjal menahan cairan dan zat sisa, ibu hamil bisa mengalami edema.

Namun, sebagian ahli menyatakan tidak perlu memusingkan mengenai posisi tidur yang sehat, masing-masing ibu hamil disarankan untuk memilih posisi yang terasa nyaman.


Jangan Tidur Tidak Memakai Bantal

Karena bantal dapat membantu posisi tidur ibu hamil terasa lebih nyaman. Bila ibu hamil merasa sesak napas atau bernapas pendek, letakkan bantal di bawah sisi samping tubuh untuk menaikkan posisi dada.
Bila ibu hamil merasakan sakit pada ulu hati, letakkan beberapa bantal di bagian kepala agar posisi badan bagian atas menjadi lebih tinggi. Ibu hamil bisa tidur dalam posisi setengah duduk untuk membantu asam lambung tidak naik.

Sementara itu, untuk menyangga tubuh tetap dalam posisi menyamping ke kiri, Kamu dapat mengganjal dengan bantal di bagian perut dan punggung. Bantal khusus ibu hamil juga bisa digunakan untuk membuat tidur menjadi lebih nyaman.


Jangan Tidur Telentang

Setelah memasuki usia kehamilan trimester kedua, terutama setelah bulan kelima, ibu hamil dianjurkan untuk tidak tidur dalam posisi telentang. Tekanan pada pembuluh darah utama dan vena cava inferior bisa meningkat bila ibu hamil tidur dalam posisi telentang.
Tekanan ini bisa menghambat peredaran darah ke tubuh ibu, termasuk ke janin. Vena cava inferior yang tertekan juga bisa memicu pembengkakan pada bagian tubuh atau edema.

Vena cava inferior adalah pembuluh balik besar bawah yang terletak di belakang perut bagian bawah. Tugasnya adalah membawa darah kotor dari tubuh bagian bawah ke jantung.


Nah, itulah ulasan tentang Begini Posisi Tidur Ibu Hamil Yang Baik dan Aman! Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA:
KOMENTAR

0 comments