Monday, 19 June 2017

7 Cara Alami Menghilangkan Jerawat di Leher! Wajib Coba

Jerawat di leher umumnya disebabkan karena keringat berlebih yang menyumbat pori-pori akhirnya timbulah jerawat. Terkadang dengan menghindari faktor-faktor penyebab jerawat, jerawat dileher dapat disembuhkan dengan mudah.

Munculnya jerawat biasanya terjadi saat pori-pori tersumbat. Namun, pada jerawat di leher dapat disebabkan karena berbagai macam faktor. Seperti kebiasaan tidak membersihkan leher secara teratur terutama saat berkeringat dapat memicu munculnya jerawat di leher.
Kemudian, jerawat di leher juga dapat dipicu penggunaan produk rambut, pelembap, tabir surya dan make up mampu menyumbat produksi minyak pada tubuh.

Karena itu, dalam memilih produk make up disarankan untuk menghindari make up berbahan dasar minyak untuk menghindari penyumbatan pori-pori yang menyebabkan munculnya jerawat.

Selain itu, jerawat di leher juga dapat dipengaruhi oleh rambut panjang yang bersentuhan dengan leher atau perubahan hormon, stress, diet, obat-obatan dan faktor keturunan.

BACA JUGA: 6 Bahaya Mengkonsumsi Gorengan Bagi Kesehatan

Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang 7 Cara Alami Menghilangkan Jerawat di Leher! Wajib Coba. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Berikut 7 Cara Alami Menghilangkan Jerawat di Leher!

1. Anggur

Anggur dapat dijadikan sebagai pembersih wajah alami. Cukup siapkan beberapa buah anggur segar dan potong menjadi dua bagian. Setelahnya, gosok  pada wajah secara perlahan.
Lalu bilas dengan air dingin untuk membersihkannya. Khasiat anggur ini dapat dicoba, meski belum terdapat bukti klinis yang cukup untuk membuktikan kemampuannya dalam menangani jerawat dileher secara efektif.


2. Madu

Selain menggunakan anggur, kamu juga bisa menggunakan madu. Cukup dengan mengoleskan madu pada kulit yang berjerawat dan diamkan selama 30 menit. Setelahnya, bilas dengan air hangat terlebih dahulu dan bilas kembali dengan air dingin agar pori-pori kembali tertutup.
Nah, sebelum mengaplikasikannya ke wajah, disarankan untuk mencuci muka terlebih dahulu menggunakan air hangat agar pori-pori terbuka. Pastikan jenis madu yang digunakan alami, dan tidak mengandung bahan tambahan.

3. Bawang Putih

Kamu dapat menghaluskan bawang putih dengan air hingga menjadi pasta. Setelahnya, aplikasikan pada bagian kulit yang memiliki noda jerawat, dan cuci setelah lima menit. Bawang putih diketahui mengandung antibiotik alami yang diharapkan dapat membantu mengatasi jerawat.
Meski demikian, kegunaan bawang putih belum memiliki bukti klinis kuat dalam mengatasi jerawat, dan bila kulit terasa panas atau kemerahan maka segera hentikan penggunaannya, hal tersebut mungkin menandakan terjadinya iritasi pada kulit.


4. Cuka Apel

Banyak yang meyakini bahwa cuka sari apel mengandung asam alfa hidroksi yang sering digunakan pada obat jerawat yang dijual di pasaran. Untuk mengatasi jerawat menggunakan cuka sari apel, kamu dapat mencampurkan sari apel dengan air, dengan perbandingan pengenceran 1:4.
Aplikasikan ke seluruh wajah dan leher menggunakan kapas. Manfaat cuka sari apel terhadap jerawat secara spesifik, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Hati-hati dalam penggunaannya, apalagi bila kulit Anda tergolong sensitif.

5. Lemon

Lemon mengandung asam sitrat dan asam askorbat yang berfungsi sebagai antioksidan dan astringent alami, sehingga diyakini dapat mengatasi jerawat. Meski demikian, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya.
Untuk mencoba mengatasi jerawat, usapkan perasan lemon pada wajah dengan menggunakan kapas dan diamkan selama semalam. Kemudian, cuci bersih wajah keesokan paginya. Hati-hati jika kamu memiliki kulit yang peka, karena mungkin saja dapat terjadi iritasi pada kulit.


6. Timun

Kamu juga dapat menggunakan timun untuk mengatasi jerawat pada leher kamu. Dengan cara mencampurkan satu mentimun kecil dan 1 cangkir oatmeal hingga membentuk pasta. Setelahnya campurkan kembali dengan 1 sendok teh yoghurt dan aplikasikan ke wajah.
Biarkan selama 30 menit dan bilas. Untuk cara yang lebih sederhana, kamu dapat menghancurkan satu mentimun utuh dan ambil airnya. Setelah itu tambahkan satu sendok makan gula dan aduk rata.

Oleskan pada wajah dan biarkan selama 10 menit dan bilas dengan air dingin. Bahan-bahan ini masih memerlukan penelitian klinis untuk dapat dibuktikan kegunaannya dalam mengatasi jerawat.

7. Es Batu

Cara yang terakhir kamu dapat menggunakan es batu. Kamu cukup mengompres jerawat yang sedang meradang menggunakan es batu. Namun, hindari menempelkan es langsung pada wajah. Bungkus es dengan kain sebelum mengompres.
Es batu memberikan suhu dingin secara langsung pada area jerawat, yang sangat membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan dari jerawat. Pastikan permukaan kulit, kain dan es batu yang digunakan dalam keadaan bersih.

Nah, itulah ulasan tentang 7 Cara Alami Menghilangkan Jerawat di Leher! Wajib Coba. Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA:
KOMENTAR

0 comments