Thursday, 29 June 2017

8 Cara Memandikan Bayi Baru Lahir yang Baik dan Benar

Rutinitas memandikan bayi memang sangat menyenangkan. Akan tetapi jika kamu seorang ibu baru yang baru saja memiliki seorang anak panduan memandikan bayi yang baik dan benar memang harus kamu ketahui.

Suhu air yang direkomendasikan adalah hangat-hangat kuku alias jangan terlalu panas dan jangan terlalu dingin. Biasanya, suhu yang dianggap aman adalah sekitar 37-38 derajat Celsius. Jika tidak ada termometer, lebih baik gunakan saja siku daripada telapak tangan untuk mengukur.
Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam memandikan bayi adalah mencegah si kecil menelan air mandi. Jika itu terjadi, bayi kemungkinan akan mengalami gastroenteritis atau diare mengingat mereka rentan terhadap bakteri dan virus.

Untuk mencegah hal ini, celupkan si kecil ke dalam bak air secara perlahan-lahan. Lalu, idealnya berapa kali si kecil boleh mandi? Untuk si kecil baru lahir, memandikan 2-3 kali dalam seminggu sudah cukup.

Kamu juga bisa memandikan si kecil tiap hari, terutama jika Sang Buah Hati selalu menikmati saat-saat ini. Namun kamu juga harus memperhatikan kualitas air yang digunakan.

Jika kualitas air tidak terlalu bagus, maka memandikan si kecil terlalu sering justru tidak memberi kebaikan kepada kulit mereka.

BACA JUGA: 7 Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami

Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang 8 Cara Memandikan Bayi Baru Lahir yang Baik dan Benar. Yuk simak ulasannya berikut ini.

Berikut 8 Cara Memandikan Bayi Baru Lahir yang Baik dan Benar

1. Siapkan Ruangan

Siapkan ruangan harus yang hangat dan bersih, jika kamu menggunakan bak, letakkan bak di permukaan yang rata dan stabil, seperti meja, dimana  Bunda bisa merasa nyaman memandikan si bayi.

2. Siapkan Semua Peralatan Mandi

Siapkan handuk, waslap, sabun, krim bayi dan pakaian bersih, dan pastikan semua peralatan mandi mudah dijangkau saat memandikan si bayi.

3. Tuangkan Air di Bak Mandi Bayi

Air sebaiknya cukup sampai dan dapat menutupi bahu bayi saat dimandikan. Gunakan sabun khusus bayi yang lembut dengan pH seimbang, yang cocok untuk kulit bayi.

BACA JUGA: Apakah Ibu Hamil Aman Berpergian Jauh? Inilah Penjelasannya

4. Cek Temperature Air 

Untuk keamanan, sangatlah penting agar kamu mengecek suhu air sebelum memasukan si bayi ke dalam air. Air untuk mandi sebaiknya jangan terlalu hangat, dan juga jangan terlalu dingin, cara untuk mengujinya yaitu dengan lengan atau siku Bunda. Jangan menuangkan air lagi setelah bayi sudah berada didalam air.

5. Lepaskan Pakaian Bayi

Lakukan dengan hati-hati dan tahan leher dan kepalanya dengan lembut, serta masukan bayi di bak dan air mandi yang sudah disiapkan.

6. Basuhkan Air dengan Lembut

Basuh si bayi dengan air secara lembut dengan satu tangan dan perlahan mulai dari atas kepala, leher dan yang lainnya. Pastikan kamu membasuh di semua lipatan, termaksud di bawah dagunya. Basuh bagian bawah bayi pada saat terakhir. Jangan memandikan si bayi lebih dari 5 menit

7. Angkat Bayi dengan Lembut

Angkat si kecil dengan lembut dan hati-hati saat keluar dari bak mandi dan langsung selimuti bayi dengan menggunakan handuk lembut, kemudian keringkan tubuh bayi dengan perlahan dan lembut.

8. Oleskan Krim Lotion

Krim lotion berfungsi untuk melembabkan kulit bayi yang sangat kering seperti di area popok. Kamu bisa memilih krim yang khusus bayi, juga gunakan bedak untuk membantu menyerap keringat si bayi agar tidak terjadinya biang keringat.

Setelah itu, gunakan minyak telon plus untuk menjaga bayi, agar tubuh bayi tetap hangat sekaligus melindungi bayi dari gigitan nyamuk yang menganggu.

Nah, itulah ulasan tentang 8 Cara Memandikan Bayi Baru Lahir yang Baik dan Benar. Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA: 

KOMENTAR

0 comments