Friday, 16 June 2017

10 Cara Mengatasi Jerawat Akibat Alergi Makanan

Jerawat yang muncul di wajah dapat diakibatkan oleh banyak hal. Munculnya jerawat pada wajah bukan berarti wajah kamu memang berjerawat. Salah satu penyebab jerawat adalah alergi.
Bisa karena alergi terhadap makanan atau alergi terhadap kosmetik. Alergi pada kulit timbul akibat respon terhadap zat tertentu dalam tubuh yang tidak dapat diterima oleh tubuh. Bagaimana Cara Mengatasi Jerawat Akibat Alergi?

Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang 10 Cara Mengatasi Jerawat Akibat Alergi Makanan. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Inilah 7 Jenis Jerawat Paling Berbahaya! Wajib Diketahui

Berikut 10 Cara Mengatasi Jerawat Akibat Alergi Makanan

1. Minum Antibiotik

Dengan kamu mengkonsumsi antibiotik untuk menghilangkan jerawat karena alergi memang sangat membantu. Antibiotik selain mampu mengatasi jerawat juga akan mengatasi alergi dari dalam tubuh. 
Namun, penggunaan antibiotik harus berdasarkan saran dokter dikarenakan antibiotik mempunyai resiko dan bahaya yang ditimbulkan.

2. Menggunakan Bahan Alami

Jika kulit kamu tergolong sensitif, ada baiknya menggunakan cara alami untuk mengatasi jerawat alergi. Jika terjadi inflamasi dan wajah kamu mengalami kemerahan, sebaiknya oleskan gel lidah buaya ke wajah kamu.
Lakukan cara ini secara teratur untuk meredakan kemerahan di kulit. Kamu juga bisa menggunakan kentang untuk membersihkan jerawat alergi dari wajah kamu. Parut kentang secukupnya, kemudian aplikasikan sebagai masker ke wajah kamu.

Cara alami ini memang membutuhkan waktu lebih lama, namun hasilnya akan lebih awet dan tidak membahayakan kulit sensitif kamu.

3. Minum Obat Alergi

Obat alergi memiliki fungsi yang sedikit berbeda dengan antibiotik. Jika antibiotik sekedar membantu meredakan jerawat, maka obat alergi ini akan mengobati sisa-sisa alergi yang ada di tubuh kamu. 
Obat alergi pada setiap orang berbeda, tergantung pula pada jenis alergi yang diderita. Misalnya obat untuk alergi telur sudah pasti berbeda dengan obat untuk alergi makanan laut.


4. Gunakan Cream Anti Alergi

Banyak orang memilih menggunakan cream khusus untuk menghilangkan jerawat bekas alergi. Cream yang digunakan pun tidak boleh sembarangan. Sebisa mungkin usahakan cream yang kamu gunakan untuk menghilangkan jerawat diresepkan oleh dokter.
Dengan demikian penggunaan cream tidak akan memperparah kondisi jerawat kamu. Cream memang menjadi salah satu cara paling ampuh menghilangkan jerawat karena langsung bersentuhan dengan kulit yang berjerawat.

5. Minum Vitamin E

Vitamin E memiliki nutrisi yang sangat tepat untuk kulit. Vitamin E mampu membantu regenerasi sel kulit, sehingga mempercepat proses penyembuhan jerawat karena alergi.
Vitamin E dapat ditemukan dalam berbagai bentuk, mulai dari kapsul hingga minuman. Konsumsi Vitamin E secara teratur hingga kondisi kulit Anda membaik.

6. Hindari Menggunakan Kosmetik Berlebihan

Wajah yang berjerawat memang memerlukan perawatan khusus. Salah satunya adalah dengan tidak menggunakan kosmetik secara berlebihan. Wajah berjerawat jika ditumpuk dengan kosmetik berlebihan akan menjadi semakin parah.
Pori-pori kulit akan tertutup kosmetik dan menyebabkan jerawat sulit bernafas. Selain itu penyumbatan pori-pori juga bisa menimbulkan jerawat baru.


7. Kompres Wajah dengan Air Lemon

Lemon merupakan obat anti jerawat alami yang paling manjur. Vitamin C yang banyak terkandung dalam lemon memberikan nutrisi pada kulit dan bisa mempercepat proses penyembuhan jerawat. Ambil satu sendok makan perasan air lemon segar, kompreskan pada jerawat dengan menggunakan kapas.
Kamu mungkin akan merasa sedikit perih pada kulit, itu pertanda bahwa air lemon sedang bereaksi terhadap jerawat. Namun jika rasa perih tidak kunjung reda, hentikan kompresan dan segera basuh wajah dengan air dingin. Rasa perih berkepanjangan mungkin disebabkan kulit ksmu yang terlalu sensitif.

8. Kompres Wajah dengan Air Hangat

Mengkompres kulit wajah dengan air hangat juga bisa melunakkan jerawat pada wajah dan mempercepat proses penyembuhannya. Namun setelah mengkompres jangan lupa membasuh wajah dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori kulit.


9. Jaga Kebersihan Kulit

Sama seperti jerawat lainnya, jerawat alergi juga mengandung banyak bakteri yang menyumbat pori-pori kulit. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk menjaga kebersihan kulit.
Cara menajaga kebersihan kulit dapat dilakukan dengan membersihkan wajah secara teratur, terutama setelah keluar rumah dan sebelum tidur. Jangan lupa juga untuk mencuci muka dan menggunakan cream anti jerawat sebelum tidur.

10. Hentikan Mengkonsumsi Makanan Penyebab Alergi

Pencegahan dapat dilakukan dengan berhenti mengkonsumsi makanan yang bisa menyebabkan timbulnya alergi. Dengan menghentikan konsumsinya, kamu secara langsung menekan penyebab utama jerawat, sehingga jerawat tidak sering mampir ke wajah kamu.

Nah, itulah ulasan tentang 10 Cara Mengatasi Jerawat Akibat Alergi Makanan. Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA:
KOMENTAR

0 comments