Thursday, 15 June 2017

8 Cara Mengatasi Jerawat Karena Hormon Berlebih

Jerawat karena hormon yang tidak seimbang pada pria maupun wanita menyebabkan hilangnya rasa percaya diri. Ditambah dengan ketidak-tahuan cara menstabilkan hormon penyebab jerawat, menambah masalah semakin rumit.

Sehingga banyak orang yang ingin mengurangi hormon yang tak stabil dengan membeli obat pengendali hormon secara sembarangan tanpa tahu komposisi dan kandungan yang ada di dalamnya.

Hormon didalam tubuh bekerja untuk menjadi pembawa informasi antara satu organ ke organ lainnya. Seiring dengan pertambahan usia kondisi hormon semakin aktif sehingga baik laki-laki dan wanita perlahan sistem reproduksinya mulai berfungsi.
Disamping mengaktifkan sistem reproduksi hormon juga mengubah beberapa kinerja organ dalam tubuh seperti kelenjar minyak yang menjadi lebih aktif dan ini mengakibatkan kulit wajah menjadi sangat berminyak sekali. Dan ini terjadi biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Nah, pada kesempatan kali ini Adajerawat.com akan mengulas tentang 8 Cara Mengatasi Jerawat Karena Hormon Berlebih. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Hilangkan Jerawat dengan Salep Manjur di Bawah Ini

Berikut 8 Cara Mengatasi Jerawat Karena Hormon Berlebih

1. Bakteri

Nama bakteri penyebab jerawat adalah Propionibacterium acnes. Bakteri ini hidup pada kulit bagian atas dan senang dengan kulit yang tidak terjaga kebersihannya.
Jika bakteri ini sudah terlibat dengan jerawat pada kulit, jerawat dapat bernanah dan menyebar kebagian kulit lainnya lebih cepat.

2. Keturunan

Faktor genetik terjadi karena pertalian darah yang masih sama dari ayah dan ibu. Jadi saat ayah dan ibu pernah memiliki riwayat jerawat, maka ini juga akan diwarisi oleh anaknya dan lebih beresiko dibandingkan anak yang tidak memiliki riwayat genetik dari orang tuanya pada masalah jerawat.


3. Stress

Beberapa penyebab stres dapat terjadi karena masaah ekonomi dan beban pekerjaan yang banyak. Stres membuat kulit memproduksi kelenjar minyak lebih banyak dari biasanya.
Dan tentu ini dapat mengakibatkan pori pada wajah menjadi tersumbat sehingga ada baiknya untuk mencoba menghindari stres dan mengelola stres yang kamu alami.

4. Debu

Debu memang mudah ditemui dimana saja baik itu didalam ruangan dan diluar ruangan. Namun debu yang menempel pada wajah memiliki resiko untuk menutupi pori-pori pada wajah dan memunculkan jerawat.

5. Minyak di Wajah yang Berebihan

Faktor penyebab jerawat karena hormon adalah minyak yang diproduksi oleh kulit yang bertujuan untuk melembapkan kulit. Namun karena terlalu banyak kulit wajah dapat sangat berminyak sekali dan meningkatkan resiko tumbuhnya jerawat pada wajah.


Adapun cara penanganan yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi jerawat akibat hormon berlebih di wajah kamu, berikut ini caranya:

1. Kurangi Makanan Berlemak

Makanan yang wajib untuk dikurangi buka dihindari adalah makanan dengan kandunga lemak. Makanan tinggi lemak membuat kulit wajah memproduksi minyak secara berlebih. Namun di satu sisi menghindari makanan berlemak juga tidak baik karena lemak tetap diperlukan oleh tubuh.
Disini perlu diatur takarannya saja jangan terlalu berlebihan. Contoh makanan dengan kandungan lemak yang tinggi adalah makanan dengan kandungan santan, jeroan dan junk food.


2. Pilih Produk yang Cocok

Bersihkan wajah dengan menggunakan produk pembersih yang sesuai dengan tipe kulit kamu. Sebelum membeli produk ada baiknya melihat kandungan yang terdapat didalam produk dan perhatikan juga masa habis dari suatu produk.
Produk yang tepat merupakan cara kedua untuk mengatasi jerawat karena hormon. Produk pembersih untuk wajah berjerawat pilihlah yang tidak membuat wajah menjadi kering setelah mencuci wajah.Tapi produk yang membuat kulit tetap terasa berminyak namun bersih.

3. Konsumsi Air Putih

Penelitian menyatakan bahwa minum air putih juga efektif untuk membantu mengatasi jerawat karena hormon pada wajah kamu. Minum air putih dianjurkan sebanyak delapam gelas setiap harinya.
Air putih membantu untuk melembapkan kulit dan mengeluarkan toksin dari dalam tubuh secara bertahap melalui urine. Air putih dikenal juga dengan air dokter karena manfaat dari air ini yang sangat baik bagi kesehatan karena tidak megandung zat kimia apapun.

Jadi jangan ragu untuk minum air putih secukupnya untuk mendapatkan kulit yang bebas dari jerawat.

Nah, itulah ulasan tentang 8 Cara Mengatasi Jerawat Karena Hormon Berlebih. Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat...

BACA JUGA:
KOMENTAR

0 comments